4 Tempat Permainan Anak yang Bisa Dipilih untuk Play Date!

4 Tempat Permainan Anak yang Bisa Dipilih untuk Play Date!

10 bulan yang lalu
Dibaca 2,15 ribu

 

Sebagai makhluk sosial, layaknya orang dewasa anak-anak juga butuh bersosialisasi dengan cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar termasuk rekan-rekan sebayanya. Dengan cara demikian, banyak kemampuan dan skill yang dibangun untuk mendukung tumbuh kembangnya sekaligus dapat memenuhi kebutuhan sosialnya. Pemenuhan kebutuhan sosial itu sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara fisik, mental, dan juga emosional.

Play date adalah momen bermain bersama bagi si anak dengan teman atau anak-anak sebayanya yang bisa membantu si kecil bersosialisasi. Menurut kamus Cambridge, play date berarti pertemuan yang direncanakan untuk anak-anak menghabiskan waktu di tempat permainan anak dengan rekan-rekan sebayanya. Play date sendiri bertujuan untuk memberikan si kecil waktu untuk berinteraksi dengan bebas dalam lingkungan yang tidak kaku dan tidak terdapat aktivitas yang direncanakan.

Selain menyenangkan, bermain di tempat permainan anak juga memiliki sederet manfaat yang membantu anak-anak untuk menumbuhkan skill-skill penting seperti sosial, memecahkan masalah, berpikir kritis. Selain itu, si kecil juga mempelajari banyak hal baru, seperti belajar mandiri, melatih pertumbuhan emosional, kerjasama, rasa memercayai satu sama lain, serta berbagi.

 

Lokasi Tempat Permainan Anak yang Seru

Play date sendiri bisa dilakukan di mana saja. Untuk menentukannya terdapat berbagai pertimbangan seperti usia si kecil, aktivitas yang akan dilakukan, kebiasaan si kecil dan anak-anak yang diajak, siapa saja yang bergabung, berapa jumlah orang yang ikut play date, dan lain sebagainya. Untuk itu, ada empat lokasi yang cocok dan mudah untuk dijadikan play date, di antaranya:

1.   Rumah orang tua

Baik di rumah Anda maupun di rumah orang lain, play date  di rumah selalu mengasyikkan. Anak-anak bisa bermain sambil belajar memahami batasan-batasan yang menegaskan bahwa, jika play date di rumah sendiri, ada tamu yang berada di ruang personal si kecil. Dan jika play date dilakukan di rumah orang lain, dia sedang berada di lingkungan baru yang mungkin suasananya seperti di rumah sendiri tapi dengan kesadaran bahwa dia sedang di rumah orang lain dan di ruang personal orang lain. Ada do’s dan dont’s yang mesti si kecil terapkan. Di luar itu, play date di rumah memberikan suasana yang lebih aman dan nyaman sekaligus bebas secara waktu dan aktivitas yang akan dilakukan.

2.   Taman

Tidak perlu luas, konsep play date dengan piknik bisa dilakukan di taman. Orang tua membawa makanan sambil mendampingi anak-anak bermain dan beraktivitas sekaligus menikmati segarnya alam bebas. Taman sendiri lebih luas untuk digunakan beraktivitas dengan anak-anak. Mereka bisa berlari ke sana ke mari dengan rekan sebayanya. Namun yang perlu diingat, orang tua harus mengawasi si kecil sepenuhnya, apalagi di usia-usia ketika sedang lincah-lincahnya, si kecil harus diajari mengenai batasan-batasan wilayah yang boleh dia jangkau.

3.   Kebun Binatang

Kebun binatang menawarkan segudang aktivitas yang menyenangkan untuk play date anak-anak. Tempat permainan anak yang luas, terbuka, dan biasanya rindang membuat kebun binatang tempat play date yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Selain itu, anak-anak bisa mempelajari dan mengenali beragam hewan yang ada di kebun binatang tersebut sekaligus menumbuhkan minat dan kasih sayangnya terhadap sesama makhluk hidup meski berbeda bentuk dan wujud.

Baca Juga: Apa Bela Diri Cocok Jadi Jenis Olahraga Untuk Anak Usia Dini, Bu?

4.   Kolam Renang

Anak-anak sangat senang main air. Jika bermain air sendiri saja si kecil sudah senang, apalagi bersama teman-teman sebaya yang memiliki kegembiraan yang sama. Oleh sebab itu, kolam renang menjadi tempat yang menyenangkan untuk play date. Apalagi tempat permainan anak berbentuk water park yang dilengkapi dengan wahana bermain dan perosotan yang seru dan aman, dijamin si kecil akan play date dengan bahagia. Meski demikian, kolam renang memiliki risiko sendiri, sehingga pengawasan orang tua sangat penting di sini.

 

Play date menjadi aktivitas yang sayang dilewatkan untuk membiasakan anak-anak bersosialisasi dan menciptakan hubungan pertemanan baru dengan orang-orang di luar lingkungan terdekat seperti keluarga. Karenanya, tempat permainan anak berperan besar dalam mendukung pertumbuhan si kecil baik secara sosial, fisik, serta emosional.

Memenuhi kebutuhan sosial si kecil memang menantang. Apalagi mereka belum bebas untuk keluar dan bersosialisasi sendiri. Tantangan tersebut bisa dikatakan mirip dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi sehari-hari. Namun susu berformula khusus yang lezat dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Oleh sebab itu, PediaSure sebagai nutrisi tambahan yang mendukung pertumbuhan nyata si kecil serta ditunjang stimulasi untuk dukung perkembangan yang optimal. PediaSure tersedia dalam rasa vanila, madu, cokelat, dan classic milky dengan ukuran 200 hingga 1800 gram ini dapat Ibu temukan di minimarket, supermarket, atau toko susu di sekitar rumah.

 

 

Sumber:

Importance of Playdates for Children – Benefits and Tips | Playground Resource. Retrieved December 16 2021 from https://playgroundresource.com/importance-of-playdates-for-children-benefits-and-tips/ 

17 Playdate Ideas for Toddlers and Kids | Shutterfly (2020). Retrieved December 16 2021 from https://www.shutterfly.com/ideas/playdates/ 

How to Host a Perfect Play Date for Children - Liveabout.com (2019). Retrieved December 16 2021 from https://www.liveabout.com/host-perfect-play-date-for-children-3129400