5 Fakta Tentang Susu Pertumbuhan yang Wajib Diketahui Orangtua

5 Fakta Tentang Susu Pertumbuhan yang Wajib Diketahui Orangtua

11 bulan yang lalu

“Penting dipahami sebelum membeli”

Setelah si Kecil lulus ASI, Ibu dapat memberikan susu formula. Susu formula biasanya identik dengan susu pertumbuhan dan ada banyak pilihan tentunya. Untuk memilih susu pertumbuhan yang sesuai, Ibu perlu mengumpulkan banyak informasi terlebih dahulu.

Simak lima fakta ini dulu sebelum memutuskan membeli susu pertumbuhan untuk si Kecil ya Bu. 

1. Susu pertumbuhan yang baik itu seperti apa?

Ada banyak susu pertumbuhan untuk anak, namun Ibu sudah tahu belum seperti apa sih susu pertumbuhan yang baik itu? Ternyata, sebelum membeli susu untuk si kecil, Ibu harus mencari tahu apa saja kandungan di dalamnya. Susu pertumbuhan yang baik bagi si Kecil juga seharusnya memiliki nutrisi yang mencukupi kebutuhan anak setiap harinya. 

Dengan memberikan susu pertumbuhan terbaik sebagai nutrisi tambahan bisa meningkatkan kecerdasan anak serta daya tahan tubuh anak. Pastikan anak mendapatkan nutrisi terbaik dan nutrisi seimbang ya, Bu. Dilansir dari medlineplus.gov, Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan jumlah konsumsi produk susu bagi anak dan remaja adalah sebagai berikut:

Anak usia 2-3 tahun: 480 ml

Anak usia 4-8 tahun: 600 ml

Anak usia 9-18 tahun: 720 ml

2. Pastikan susu pertumbuhan kaya akan protein 

Sebelum membeli susu pertumbuhan untuk anak, sebaiknya dicek dulu kandungannya ya Bu. Pastikan susu pertumbuhan tersebut mengandung cukup protein yang dibutuhkan oleh anak. Untuk mengetahui berapa banyak takaran yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil, Ibu bisa mengacu pada rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berikut ini:

9 gram bagi bayi usia 0-6 bulan

15 gr bagi bayi usia 7-11 bulan

20 gr untuk anak usia 1-3 tahun

25 gr untuk anak usia 4-6 tahun; dan

40 gr untuk anak usia 7-9 tahun

3. Jangan lupa, zat besi dan kalsium juga penting

Zat besi sangat dibutuhkan anak untuk tumbuh kembangnya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa anak usia 6-12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per hari dan anak usia 1-3 tahun butuh 7 mg zat besi per hari. Ingat Bu, kekurangan asupan zat besi bisa berdampak pada anemia dan kurang optimalnya perkembangan kecerdasan anak lho. Selain zat besi, pastikan juga susu pertumbuhan anak mengandung kalsium yang berperan penting dalam pembentukan dan menjaga kekuatan gigi serta tulang anak.

4. Susu yang mendukung kesehatan saluran cerna dan mengandung asam lemak esensial

Ada beberapa nutrisi dan mineral penting yang harus ada pada susu pertumbuhan si kecil. Pastikan susu pertumbuhan pilihan Ibu mengandung prebiotik oligosakarida seperti frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS) ya. Sebab, menurut Ikatan Dokter Indonesia, prebiotik oligosakarida merupakan komponen penting bagi terbentuknya saluran cerna yang sehat. 

Lebih lanjut, dilansir dari idionline.org, konsultan gastroenterologi anak, dr Badriul Hegar SpA(K), menyatakan bahwa sekitar 20-40 persen jaringan pada saluran cerna adalah jaringan limfoid yaitu jaringan yang berperan pada sistem kekebalan tubuh. 

Tidak hanya itu, pastikan juga pada susu pertumbuhan pilihan Ibu juga mengandung Omega 3 dan Omega 6. Omega 3 sendiri baik untuk perkembangan kognitif dan perkembangan otak anak. Sedangkan Omega 6 berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak supaya anak tidak gampang sakit. 

5. Susu pertumbuhan bantu lengkapi kebutuhan gizi sekaligus sebagai nutrisi tambahan anak

Susu formula tidak hanya sebagai asupan ‘penyambung’ ASI saja kok, Bu. Susu pertumbuhan juga membantu melengkapi kebutuhan gizi si kecil sekaligus sebagai nutrisi tambahan anak. Apalagi jika mereka termasuk anak yang picky eater atau suka pilih-pilih makanan. Untuk lengkapi nutrisi si kecil selama masa tumbuh kembangnya, Ibu bisa mempercayakan pada Pediasure. 

Berikan anak makanan bergizi dan lengkapi dengan PediaSure 2x sehari. PediaSure mengandung 3 sumber bahan protein, 12 vitamin & 8 mineral, omega 3&6, serta tinggi kalsium untuk dukung pertumbuhan nyata anak. Kebaikan gizi susu PediaSure ini pun membuat 10 dari 10 Ibu Home Tester setuju PediaSure adalah produk nutrisi yang tepat dalam bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.*

Jadi, Ibu jangan ragu memilih susu pertumbuhan terbaik dengan mempertimbangkan lima poin di atas ya. Untuk informasi lebih detail, jangan lupa baca label sebelum membeli ya, Bu!

 

*Berdasarkan hasil survey Home Tester Club Indonesia kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama 3 bulan (Desember 2019-Februari 2020)

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop