5 Kebiasaan Baik yang Wajib Orangtua Tanamkan untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak

2 bulan yang lalu

Penting bagi orangtua mengajarkan beragam kebaisaan baik untuk memastikan anak tidak mudah terserang penyakit. Menanamkan kebaisaan baik juga menjadi modal awal bagi anak saat tumbuh dewasa kelak.

Mengajarkan berbagai kebiasaan baik sudah sepatutnya orangtua terapkan kepada si kecil sejak usianya masih belia. Pasalnya, kebiasaan baik mendukung pertumbuhan si kecil dengan optimal.

Bukan itu saja, mengajarkan kebiasaan baik kepada si kecil juga bisa membuatnya tidak mudah terserang penyakit. Hal ini karena beberapa contoh kebiasaan baik memiliki kaitan erat dengan imunitas.

Mengutip dari Alodokter, sistem imunitas atau disebut juga kekebalan tubuh merupakan pertahanan tubuh menghadapi organisme dan kuman-kuman berbahaya. Sistem imunitas adalah hasil kerjasama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh.

 

Apabila sistem imunitas atau kekebalan tubuh rendah, bisa berdampak kepada terganggunya proses tumbuh kembang anak yang optimal. Oleh karena itu, Parents wajib memerhatikan imunitas anak agar kondisi kesehatannya tetap prima, dengan menerapkan kebiasaan baik.

Lantas, apa saja contoh kebiasaan baik yang mampu mendukung pertumbuhan anak secara optimal dan menjaga sistem kekebalan tubuhnya?

5 Kebiasaan Baik Mendukung Pertumbuhan si Kecil 

1. Ajak si Kecil Rutin Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga si kecil tidak mudah terserang penyakit. Dengan begitu, tentu saja dapat mendukung pertumbuhan anak secara optimal.

Jenis olahraga yang dipilih jangan terlalu berat, ya. Parents bisa mengajak si kecil melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, dan jalan kaki. Sebaiknya lakukan setiap hari, agar si kecil bisa menganggap jika olahraga adalah salah satu dari rutinitasnya.

2. Biasakan Mencuci Tangan

Dapat dikatakan bahwa tangan adalah sarangnya kuman, karena ada banyak benda yang sudah disentuh oleh tangan kita, khususnya si kecil yang memang sedang masa eksplorasi. Maka dari itu, Parents wajib mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan.

Terutama ketika sebelum dan sesudah makan, serta jika si kecil habis menyentuh benda-benda kotor. Segera arahkan dia untuk cuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir yang bersih, agar tubuhnya tidak mudah terpapar virus dan kuman.

 

3. Istirahat yang Cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup dapat mengembalikan energi si kecil yang telah terkuras saat beraktivitas. Istirahat yang cukup termasuk waktu tidur yang tepat. Untuk anak usia 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10 hingga 13 jam.

Perlu Parents ketahui, ketika tidur, sistem imun tubuh memproduksi protein bernama sitokin yang berguna untuk melawan infeksi dan peradangan. Tentu saja, hal itu membuat anak tidak mudah terserang penyakit, sehingga memungkinkan proses pertumbuhan yang lebih optimal.

4. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Sampah sangat merugikan, baik itu untuk lingkungan luas maupun untuk diri sendiri. Sampah juga menjadi salah satu sumber penyakit yang harus diwaspadai.

Oleh karena itu, ajarkan dan biasakan si kecil membuang sampah di tempatnya, tidak sembarangan. Namun, sebelum mengajarkan anak, sebaiknya Parents terlebih dahulu mengamalkan kebiasaan ini, sehingga nantinya si kecil juga bisa meniru.

5. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Satu lagi contoh kebiasaan baik yang mampu mendukung pertumbuhan anak yaitu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Makanan yang dapat dikatakan sehat dan bergizi seimbang yakni terdiri dari lima kelompok makanan utama, dan setiap kelompok memiliki beragam zat gizi penting, termasuk vitamin dan mineral.

Mengutip dari laman Klikdokter, adapun lima kelompok makanan tersebut di antaranya:

  1. Sayuran
  2. Buah
  3. Karbohidrat
  4. Protein
  5. Susu dan Produk Olahannya

Lengkapi Gizi Si Kecil dengan Susu PediaSure

Selama masa tumbuh kembang, Parents wajib memberikan makanan bergizi untuk si kecil. Tak hanya itu, sebaiknya lengkapi juga dengan memberikan PediaSure dua kali setiap hari.

PediaSure adalah susu pertumbuhan anak yang mengandung 3 sumber bahan protein, 12 vitamin dan 8 mineral, omega 3 dan 6, serta tinggi kalsium untuk dukung pertumbuhan nyata anak dan bantu penuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

PediaSure tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti rasa vanila, madu, dan cokelat yang disukai anak. Menariknya, PediaSure juga mengandung LA dan DHA untuk menjaga pertumbuhan buah hati tetap optimal, menjaga daya tahan tubuh, dan mendukung kemampuan berpikir anak maksimal.

Bahkan, 9 dari 10 ibu home tester setuju PediaSure dukung daya tahan si kecil lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil survey Home Tester Club kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama Desember 2019 - Maret 2020.

Untuk meyakinkan Parents bahwa PediaSure memang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil, jangan lupa membaca label terlebih dahulu sebelum membelinya, ya.

Nah, itulah berbagai kebiasaan baik mendukung pertumbuhan anak agar lebih optimal. Semoga bermanfaat.