6 Faktor Penting Saat Memilih Susu Anak Terbaik

6 Faktor Penting Saat Memilih Susu Anak Terbaik

1 bulan yang lalu

Susu memiliki peranan penting untuk pertumbuhan anak. Kandungan susu seperti protein, kalsium, dan vitamin D menjadi asupan penting untuk sang buah hati. Dengan susu, perkembangan tulang dan gigi, berat badan, kognitif, kesehatan jantung, dan energi pada anak terjaga. Pentingnya peran susu pada si kecil untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan membuat Ibu harus pandai memilih susu anak terbaik.

Memilih susu di pasaran memang susah. Maka itu banyak produsen berlomba-lomba untuk menjadikan produknya sebagai “susu anak terbaik”. Berikut penjelasan seputar faktor/kandungan apa yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih susu untuk anak:

 

1. Pilihan Jenis Susu

Dalam memilih susu anak terbaik, perlu diperhatikan jenis susu terkandung dalam formulanya. Jenis-jenis susu yang berbeda tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda dengan kebutuhan si Kecil. Lalu apa saja jenisnya?

  1. Susu dengan formula susu sapi

Susu dengan formula susu  sapi memiliki kandungan berupa protein susu sapi, karbohidrat dan lemak. Jenis susu ini adalah yang paling umum karena mudah dicerna oleh tubuh si Kecil.

  1. Susu dengan formula susu kedelai

Susu ini dibuat untuk si Kecil yang tidak bisa mencerna protein susu sapi dan memiliki gangguan galaktosemia serta kekurangan enzim laktase bawaan.

  1. Susu tanpa atau rendah laktosa

Formula susu yang menggantikan gula susu atau laktosa dengan sirup jagung. Susu ini adalah solusi bila si Kecil kesulitan mencerna laktosa dalam kandungan susu sapi.

  1. Susu Hipoalergenik

Kandungan protein pada susu hipoalergenik sudah dipotong-potong sehingga sangat mudah dicerna sehingga pada bayi yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi direkomendasikan untuk meminum susu jenis ini.

 

2. Usia Anak

Memilih susu anak terbaik perlu disesuaikan dengan usia sang anak. Hal ini diperlukan karena kandungan seperti protein pada susu memiliki tingkat pencernaan yang berbeda-beda.

 

3. Kondisi si Anak

Jika kondisi bayi memiliki alergi terhadap susu sapi atau terdapat gangguan pencernaan terhadap laktase atau protein, sebaiknya disesuaikan dengan jenis susu yang cocok pada si Kecil. Mengetahui jenis pada susu perlu diseimbangi dengan mengetahui kondisi kesehatan si Kecil untuk memilih susu anak terbaik yang tepat.

 

4. Nutrisi yang Terkandung dalam Susu

Untuk anak yang sedang mengalami masa tumbuh, diperlukan nutrisi tambahan untuk menggendong jalannya pertumbuhan si Kecil. Nutrisi-nutrisi yang perlu diperhatikan pada kandungan susu anak terbaik dalam membantu pertumbuhan si Kecil adalah

        Kalsium

        Zat Besi

        Protein

        Omega 3

        Omega 6

        DHA

Untuk menjaga nutrisi si Kecil, Ibu bisa mencoba menggunakan produk PediaSure karena memiliki 3 sumber bahan protein yang merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Tingginya kalsium, fosfor dan vitamin D membuat PediaSure menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memilih Susu Formula Terbaik untuk si Kecil

 

5. Kebutuhan Si Kecil

Ketika memilih susu anak terbaik, sesuaikan dengan kebutuhan gizi si Kecil supaya tidak terjadi ketimpangan gizi di dalam tubuhnya.

 

6. Rasa Susu

Umumnya, anak kecil sangat pemilih dengan makanan atau minuman yang dikonsumsinya sehingga sebagai orang tua, Ibu tidak bisa memilih dengan sembarangan rasa susu anak terbaik yang diberikan. Dalam hal ini, Ibu bisa memilih produk dengan pilihan rasa yang disukai anak-anak. Salah satu contohnya adalah produk PediaSure. Pediasure sebagai salah satu nutrisi yang bisa bantu mendukung pertumbuhan si kecil, hadir dengan rasa enak dan pilihan rasa, seperti Coklat, Madu, dan Vanilla.

Setelah membaca faktor-faktor yang perlu diingat sebelum memilih susu anak terbaik, PediaSure sebagai teman pertumbuhan si Kecil bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu pertumbuhan anak. Pediasure dengan 3 sumber bahan protein tinggi kalsium, dengan 12 vitamin& 8 mineral, serta Omega 3 & 6 bantu dukung pertumbuhan nyata si kecil. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses semua informasi tersebut melalui website PediaSure. 

Selain itu jika anak dalam kondisi kejar tumbuh, konsultasikan masalah pertumbuhan dengan dokter spesialis anak. Anda mungkin akan direkomendasikan untuk menggunakan Pediasure Complete, yang kini telah berganti menjadi PediaComplete. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan kunjungi halaman ini..

 

SUMBER:

Ini Manfaatnya Jika Anak Minum Susu Secara Rutin - Halodoc (2017) - Retrieved 5 June 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaatnya-jika-anak-minum-susu-secara-rutin

12 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Anak Harus Minum Susu Formula - BukaReview (2020) - Retrieved 5 June 2021, from https://review.bukalapak.com/mom/hal-yang-harus-diperhatikan-saat-membeli-susu-formula-31666

Tips Memilih Susu Formula Bijaksana -  Spesialis Klik Dokter (2015) - Retrieved 5 June 2021, from https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2699183/tips-memilih-susu-formula-yang-bijaksana

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop