7 Trik Ampuh Mengoptimalkan Belajar Online saat Pandemi

7 Trik Ampuh Mengoptimalkan Belajar Online saat Pandemi

3 minggu yang lalu

 

Sekolah tutup saat pandemi dan hal ini membuat bingung kebanyakan ibu lantaran perubahan yang terjadi pada sistem pembelajaran si Kecil. Kini, Ibu dituntut untuk terlibat lebih dalam dalam pembelajaran dan memastikan segalanya berjalan dengan lancar.

Untuk mempermudah melakukannya, simak tips belajar online saat pandemi berikut, yuk, Bu!

Bantu si Kecil Buat Rutinitas

Satu aspek yang paling berubah saat pandemi ini adalah rutinitas si Kecil. Jika biasanya dia bangun lebih pagi untuk menyiapkan diri ke sekolah, kini dia punya waktu ekstra di tempat tidur. Meskipun terbilang sederhana, perubahan ini akan menjadi bola salju yang membesar; membuat perubahan lainnya pada rutinitas si Kecil.

Pastikan untuk membangun rutinitas yang mendukung semangat si Kecil. Tips belajar online saat pandemi ini bisa dilakukan secara bersama dan tidak dengan sikap yang menuntut. Perbolehkan buah hati untuk menentukan kapan dia bisa bermain, asalkan tidak mengganggu kegiatan belajar, istirahat, makan, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Nutrisi Otak Anak Secara Lebih Jauh

Siapkan Tempat Belajar

Bu, siapkan tempat senyaman mungkin bagi si Kecil untuk belajar. Beberapa contohnya adalah dengan membelikannya meja belajar dan kursi yang nyaman, mengeliminasi suara-suara berisik di rumah, atau membolehkannya belajar di bagian rumah yang mana saja.

Terapkan Sistem Reward atau Pemberian Hadiah

Dibandingkan menghukum, mengapa tidak memberikan si Kecil hadiah ketika menuntaskan suatu pekerjaan saja? Memang, sekolah merupakan kewajiban yang seharusnya dijalani oleh si Kecil. Namun, dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, Ibu bisa memberinya hadiah setelah mengerjakan tugas.

Hadiah yang diberikan pun tidak perlu mahal atau bahkan menghabiskan uang. Berikan saja perjanjian di mana si Kecil boleh bermain atau memilih menu kesukaan untuk malam hari bila memenuhi tugasnya malam ini. Tips belajar online saat pandemi ini dapat memotivasi si Kecil.

Jangan Hukum si Kecil

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pandemi bukan hanya berdampak pada kita sebagai orang tua, namun juga anak. Bangun rasa empati dan hargai usaha anak lantaran situasi belajar-mengajar sedang tidak ideal saat ini dan anak-anak telah berusaha lebih keras untuk mengikuti pelajaran. Cara ini diharapkan mampu membantu si Kecil merasa tidak terbebani untuk menjalankan belajar online.

Ajak Belajar Bersama

Manusia tidak akan pernah cukup belajar, termasuk Ibu. Pastikan Ibu memberikan contoh yang baik dengan menyediakan waktu untuk belajar di hadapannya, misalnya dengan membaca buku atau bahkan hanya menulis teka-teki silang. Cara ini bisa membantu membuat lingkungan yang nyaman di mana si Kecil merasa dia tidak dituntut untuk belajar, melainkan menganggap belajar adalah sebuah kebutuhan.

Lakukan Evaluasi

Apabila di sekolah Ibu memperoleh laporan tentang pembelajaran si Kecil, Ibu dapat mendiskusikan langkah terbaik seputar pembelajaran anak dengan guru mereka. Lantaran hal ini tidak mungkin dilakukan, buat saja sesi evaluasi di mana si Kecil boleh memberikan keluh kesah atau hal-hal yang dapat membantu mereka selama belajar online saat pandemi di rumah.

Perhatikan Kondisi Ibu

Lantaran kita tidak tahu kapan situasi akan kembali seperti semula, sebaiknya Ibu menjaga kondisi emosional, fisik, dan juga mental. Pastikan untuk memenuhi nutrisi bagi diri sendiri, olahraga, dan tidur yang cukup setiap hari. Nanti, Ibu akan dapat jadi sosok pengganti guru yang baik dan dalam keadaan optimal.

Demikian penjelasan seputar berbagai tips belajar online saat pandemi. Jadi, meskipun serangan COVID-19 berdampak pada bagaimana kita menjalani hidup, sudah kewajiban orang tua untuk mendukung pendidikan si Kecil dengan memastikan kegiatan belajar secara online dapat berjalan lancar. Dengan begitu, buah hati akan memperoleh pengetahuan secara maksimal serta dapat tumbuh dan berkembang jadi anak yang cerdas dan juga sehat.

Kemudian, tidak ada salahnya untuk mendukung tumbuh kembangnya serta kemampuan kognitifnya dengan memberikan asupan nutrisi tambahan. PediaSure merupakan produk untuk membantu pertumbuhan nyata (tinggi dan berat badan) si Kecil serta pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya.

PediaSure dapat diperoleh di toko terdekat dalam varian rasa Vanila, Madu, dan Cokelat yang hadir dalam berbagai ukuran. Namun, sebelum membeli, jangan lupa baca label pada kemasan dan mengunjungi website resmi kami untuk memperoleh informasi lebih lanjut, baik seputar produk PediaSure atau seputar tahapan tumbuh kembang si Kecil.

 

Sumber:

12 essential tips for families doing school at home. (2021, June 25). Literacy and Science Learning Resources for K-6 Teachers | Learning A-Z. https://www.learninga-z.com/site/breakroom/school-at-home-tips (Retrieved on October 18th, 2021)

Mother, & Beyond. (2020, March 31). 5 tips Belajar seru Dan Efektif saat school from home. motherandbeyond.id. https://motherandbeyond.id/read/15007/5-tips-belajar-seru-dan-efektif-saat-school-from-home (Retrieved on October 18th, 2021)

 

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop