Apa Itu Kecerdasan Majemuk? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Apa Itu Kecerdasan Majemuk? Yuk, Cari Tahu di Sini!

1 minggu yang lalu
Dibaca 68

Saat mendengar kata cerdas, banyak orang mungkin merujuk kepada nilai akademis atau hasil tes IQ. Namun ternyata tidak demikian. Kecerdasan logika bukan satu-satunya yang dimiliki manusia.

Pada 1983, seorang tokoh pendidikan dan psikolog berkebangsaan Amerika Howard Gardner menulis buku berjudul "Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences."

Di dalam buku itu, Gardner menungkapkan berbagai tipe kecerdasan anak. Istilahnya kecerdasan majemuk atau multiple intelligence.

Apa itu kecerdasan majemuk? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Definisi Kecerdasan Majemuk

Kecerdasan majemuk adalah berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki setiap orang. Seorang anak bisa memiliki kecerdasan yang berbeda dari anak lain.

Dalam teori multiple intelligence yang diusulkan Gardner, semua orang memiliki jenis kecerdasan yang berbeda. Gardner membaginya menjadi delapan jenis kecerdasan.

Gardner menggarisbawahi bahwa manusia tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi ada banyak jenis kecerdasan.

Kecerdasan yang dimiliki seorang anak pun tidak hanya satu jenis, bisa gabungan dari beberapa jenis kecerdasan. Contohnya, anak yang unggul dalam bermusik mungkin unggul juga dalam kecerdasan verbal-linguistik, tetapi mereka kurang di kecerdasan kinestetik.

Indikator Multiple Intelligence

Ibu, si Kecil tak harus unggul di setiap jenis kecerdasan. Namun, bakat atau kecerdasan tertentu yang dimiliki harus terus diasah.

Indikator kecerdasan tidak hanya berdasarkan skor atau penilaian saja.

Gardner mengatakan, kemampuan si Kecil menyelesaikan masalah, menghasilkan persoalan baru untuk diselesaikan, hingga menciptakan sesuatu dari kecerdasan yang dimiliki merupakan indikator multiple intelligence.

Kecerdasan yang dimiliki si Kecil dinilai berdasarkan apa yang dikerjakan, bukan apa yang tidak bisa dikerjakan. Dengan kata lain, semua anak memiliki kecerdasannya masing-masing.

Jenis Kecerdasan Anak

Gardner membagi jenis kecerdasan anak ke dalam delapan kategori. Berikut penjelasan tipe kecerdasan anak:

1. Kecerdasan visual-spasial

Anak dengan kecerdasan visual-spasial pandai memvisualisasikan sesuatu. Mereka dapat membaca petunjuk arah serta peta, bagan, video, dan gambar dengan mudah.

Karakteristik kecerdasan visual-spasial antara lain:

  • Hobi membaca dan menulis
  • Pandai menyusun teka-teki
  • Mampu menafsirkan gambar, grafik, dan bagan dengan baik
  • Menikmati menggambar, melukis, dan seni visual
  • Mampu mengenali pola dengan mudah

2. Kecerdasan lingustik-verbal

Anak yang memiliki kecerdasan linguitik-verbal mampu menggunakan kata-kata dengan baik, saat menulis dan berbicara. Biasanya, anak dengan kemampuan linguistik-verbal pandai menulis cerita, menghafal informasi, dan suka membaca.

Karakteristik anak dengan kecerdasan linguistik-verbal antara lain:

  • Mampu mengingat informasi tertulis dan lisan
  • Suka membaca dan menulis
  • Mampu berdebat atau memberikan pidato persuasive
  • Mampu menjelaskan sesuatu dengan baik
  • Kerap menyelipkan humor saat bercerita

Baca Juga: 5 Nutrisi & Manfaat Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak!

3. Kecerdasan Logika-Matematika

Anak yang unggul dalam kecerdasan logika-matematis biasanya pandai menalar, mengenali pola, dan menganalisis masalah secara logis. Mereka cenderung berpikir secara konseptual tentang angka, hubungan, dan pola.

Karakteristik anak dengan kecerdasan logis-matematis:

  • Memiliki keterampilan memecahkan masalah yang sangat baik
  • Menikmati berpikir tentang ide-ide abstrak
  • Gemar melakukan eksperimen ilmiah
  • Dapat menyelesaikan perhitungan yang rumit

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik pandai dalam berolahraga, menggerakkan tubuh, dan mengendalikan fisik.

Anak yang unggul di kecerdasan kinestetik-jasmani cenderung memiliki koordinasi tangan-mata dan ketangkasan yang sangat baik.

Karakteristik anak dengan kecerdasan kinestetik-jasmani yakni:

  • Terampil dalam menari dan olahraga
  • Memiliki koordinasi fisik yang sangat baik
  • Lebih bisa mengingat sesuatu lewat gerakan, bukan mendengar atau melihat

5. Kecerdasan musikal

Anak yang memiliki kecerdasan musikal sangat pandai berpikir dalam pola, ritme, dan suara. Mereka memiliki apresiasi yang kuat terhadap musik dan seringkali pandai dalam komposisi dan pertunjukan musik.

Karakter anak dengan kecerdasan musikal yakni:

  • Senang bernyanyi dan bermain alat music
  • Mengenali pola dan nada musik dengan mudah
  • Mudah mengingat lagu dan melodi
  • Memiliki pemahaman akan struktur musik, ritme, dan nada

6. Kecerdasan Interpersonal

Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal pandai memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka terampil menilai emosi, motivasi, keinginan, dan niat orang-orang di sekitar.

Karakteristik anak yang memiliki kecerdasan interpersonal:

  • Berkomunikasi dengan baik secara verbal
  • Terampil dalam komunikasi nonverbal
  • Melihat situasi dari perspektif yang berbeda
  • Menciptakan hubungan positif dengan orang lain

Baca Juga: Kecerdasan Anak Menurun dari Ibu? Cek Faktanya disini!

7. Kecerdasan Intrapersonal

Anak yang unggul dalam kecerdasan intrapersonal pandai menyadari keadaan emosi, perasaan, dan motivasi mereka sendiri. Mereka cenderung menikmati refleksi dan analisis diri, termasuk melamun, mengeksplorasi hubungan dengan orang lain, dan menilai kekuatan pribadi mereka.

Karakteristik anak dengan kecerdasan intrapersonal:

  • Mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan diri dengan baik
  • Memiliki kesadaran diri yang sangat baik
  • Memahami dasar motivasi dan perasaannya sendiri

8. Kecerdasan Naturalistik

Naturalistik adalah tambahan terbaru untuk teori Gardner dan telah mendapat banyak perlawanan disbanding tujuh kecerdasan aslinya.

Menurut Gardner, individu yang unggul dalam jenis kecerdasan ini lebih selaras dengan alam dan sering tertarik untuk memelihara, menjelajahi lingkungan, dan belajar tentang spesies lain.

Mereka yang memiliki kecerdasan naturalistik disebut mampu menyadari perubahan halus pada lingkungan mereka.1

Karakteristik anak dengan kecerdasan naturalistik:

  • Tertarik pada mata pelajaran seperti botani, biologi, dan zoology
  • Menikmati berkemah, berkebun, hiking, dan menjelajahi alam terbuka
  • Tidak suka mempelajari topik yang tidak ada hubungannya dengan alam

Stimulasi Kecerdasan Anak

Untuk menstimulasi kecerdasan anak, Ibu bisa melakukannya sejak dini. Berikut beberapa contoh stimulasi kecerdasan majemuk anak:

  • Untuk menstimulasi kecerdasan linguistik-verbal, luangkan waktu Ibu untuk membaca bersama si Kecil setiap hari. Membaca akan membantu anak menambah kosa kata, pengetahuan, dan fasih mengeja.
  • Bermain dengan balok akan membantu mengembangkan kecerdasan spasial si Kecil. Kecerdasan spasial adalah kemampuan membayangkan gambar di pikiran.
  • Untuk berpikir secara abstrak, menalar, mengidentifikasi pola, dan memecahkan masalah, Ibu bisa melatih si Kecil dengan matematika. Mulailah ajari anak membedakan mana persegi dan persegi panjang.
  • Percayalah bahwa setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing

PediaSure, Asupan Nutrisi Dukung Kecerdasan Anak

Ibu, Selain memberi stimulasi di rumah, berikan PediaSure yang diformulasikan khusus untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, sekaligus menunjang tumbuh kembang optimal buah hati.

Nutrisi tambahan ini dibekali 3 sumber protein, arginine, vitamin K2, dan kalsium untuk mendukung pertumbuhan anak.

Selain itu, kandungan kombinasi sinbiotik unik prebiotik FOS dan L.acidophilus, serta 14 vitamin, dan 9 mineral nutrisi tambahan ini bisa menjaga daya tahan tubuh agar si Kecil tak gampang sakit.

Untuk memaksimalkan kemampuan kognitif si Kecil, PediaSure juga sudah dilengkapi dengan omega 3, omega 6, AA, dan DHA. Zat gizi ini penting untuk daya pikir anak.

Jadi, jangan lupa berikan asupan nutrisi yang lengkap untuk mendukung kecerdasan majemuk anak ya, Bu!

 

 

 

SUMBER: 

Howard Gardner dan Teori Kecerdasan Majemuk - Revolusi Mental. Retrieved 1 August 2022, from https://revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=howard-gardner-dan-teori-kecerdasan-majemuk

Theory of Multiple Intelligences - Verywell Mind, Retrieved 1 August 2022, from https://www.verywellmind.com/gardners-theory-of-multiple-intelligences-2795161

Special MI Intelligence Indicators – How are kids smart? - The Second Principle. Retrieved 1 August 2022 from https://thesecondprinciple.com/optimal-learning/multiple-intelligence-indicators/

Early puzzle play: A predictor of preschoolers' spatial transformation skill - APA PsycNet. Retrieved 1 August 2022, from https://psycnet.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Fa0025913

Implementation of multiple intelligences theory in the English language course syllabus at the University of Nis Medical School - National Library of Medicine. Retrieved 1 August 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20422920/

A study on different forms of intelligence in Indian school-going children - Industrial Psychiatry Journal. Retrieved 1 August 2022, from https://bit.ly/3zKaWKi

Bodily-Kinesthetic Intelligence - Very Well Mind. Retrieved 1 August 2022, from https://www.verywellmind.com/gardners-theory-of-multiple-intelligences-2795161#citation-5

Intelligence - National Library of Medicine. Retrieved 1 August 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3341646/

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
5 Cara Mudah Memilih Susu untuk Anak 1 Tahun
5 Cara Mudah Memilih Susu untuk Anak 1 Tahun
Memilih susu anak 1 tahun bukan sekedar mencocokkan label usia di kemasan. Ada sejumlah pertimbangan lain yang lebih krusial dari sekedar label usia tersebut
3 bulan yang lalu
Kapan Anak Bisa Berhitung? Temukan Jawaban dan Cara Mengajarkannya di Sini!
Kapan Anak Bisa Berhitung? Temukan Jawaban dan Cara Mengajarkannya di Sini!
Menghitung ternyata bisa dikenalkan sejak dini kepada si Kecil. Hanya saja, butuh waktu hingga seorang anak bisa belajar berhitung dengan baik dan efektif.
1 minggu yang lalu
Syarat & Ketentuan Potongan Harga Pembelian PediaSure!
Syarat & Ketentuan Potongan Harga Pembelian PediaSure!
Ibu #ChampionsofGrowth bisa dapatkan potongan harga sebesar Rp 30,000 untuk setiap pembelian produk PediaSure apa saja di Alfamart.
1 tahun yang lalu