Asupan Makanan Tepat dan Sehat Penambah Berat Anak

Asupan Makanan Tepat dan Sehat Penambah Berat Anak

1 bulan yang lalu

Makanan yang bergizi tidak selalu berkisar pada kalori saja. Meskipun asupan kalori dengan jumlah yang wajar juga penting untuk meningkatkan lemak tubuh. Kalori sering  kali dianggap sebagai sumber energi, namun tubuh yang sehat dibentuk dari nutrisi yang saling terikat satu sama lain agar tubuh menjadi sehat dan dapat bekerja dengan optimal. Nutrisi lain juga dibutuhkan seperti vitamin dan mineral.

Nutrisi terbaik selain kalori juga dapat membantu si Kecil untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Pertumbuhan yang optimal dapat dilihat dari angka berat badan si Kecil dan usianya, apakah sesuai atau tidak. Untuk menyesuaikan antara angka berat badan dan usianya, maka diperlukannya pemenuhan nutrisi melalui makanan penambah berat anak.

Pada usia pertumbuhan yang sedang berjalan ini, si Kecil disarankan untuk menambah dan menjaga berat badannya agar tidak mengalami underweight. Selain itu di usianya, si Kecil juga rentan terhadap alergi makanan, penyakit bawaan, masalah pada oral, dan masalah perkembangan perilakunya. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya berat badan pada si Kecil.

Maka, penuhilah nutrisi si Kecil dengan nutrisi terbaik agar berat badannya berada di angka yang sesuai melalui makanan penambah berat anak di bawah ini.

 

1. Protein

Protein memiliki kegunaan untuk membangun dan memperbaiki jaringan pada tubuh, seperti menyembuhkan infeksi. Makanan penambah berat anak yang mengandung protein didapatkan melalui daging merah, ikan yang berlemak, telur, makanan yang bersumber dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, dan susu.

 

2. Dairy Products

Makanan yang berasal dari susu atau mengandung susu disebut dengan dairy products. Asupan ini bisa didapatkan melalui yogurt, keju, susu, mentega susu, dan krim. Produk susu dapat membantu si Kecil untuk menambah berat badan.

Baca Juga: Penting! Tetap Jaga Nutrisi si Kecil yang Susah Makan

3. Lemak dan Minyak

Lemak dapat memberikan si Kecil energi dan membantu tubuh dalam menyerap vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Lemak didapatkan dari makanan yang dikonsumsi seperti produk susu, daging, seafood, telur, dan lainnya. Selain itu, makanan yang mengandung minyak juga dapat menjadi makanan penambah berat anak. Minyak tersebut  didapatkan melalui minyak zaitun, minyak alpukat, mentega.

 

4. Karbohidrat

Sumber energi utama pada tubuh didapatkan melalui karbohidrat. Karbohidrat pun juga mengandung serat yang dapat membantu dalam mencegah masalah pencernaan pada si Kecil sehingga berat badannya akan bertumbuh dengan optimal. Makanan penambah berat anak yang mengandung karbohidrat yang dapat menambah berat badan si Kecil adalah nasi, kentang, jagung, pasta, dan granola.

 

5. Buah dan Sayur-Sayuran

Sayur dan buah juga menjadi makanan yang membantu anak dalam menambah berat badannya. Buah dan sayur yang diberikan seperti kelapa, alpukat, pisang, kismis atau dried fruits, dan sayuran yang berakar seperti labu.

 

6. Minuman

Minuman sebagai pelengkap dan penutup dari makanan itu sendiri dibutuhkan yang mengandung nutrisi terbaik agar berat badan si Kecil bertambah. Minuman yang diberikan seperti smoothie yang berasal dari yogurt sehingga mengandung lemak, kemudian jus seperti jus alpukat, susu coklat yang dibuat dengan bahan alami, dan coklat panas yang dibuat dengan susu murni.

Selain makanan dan minuman yang telah disebutkan, si Kecil juga membutuhkan nutrisi untuk membantu memenuhi kebutuhan hariannya. Jika si Kecil tidak memiliki masalah dalam pertumbuhannya, ia dapat mengonsumsi PediaSure sebanyak 2 kali sehari. Pediasure dengan kandungan tiga sumber protein, tinggi kalsium, 12 vitamin & 8 mineral serta Omega3 &6 bantu si kecil dukung pertumbuhan nyata.

Namun, jika si Kecil memiliki masalah dalam pertumbuhan, salah satunya kurangnya berat badan, Ibu dapat konsultasikan ke Dokter Spesialis Anak dan mungkin direkomendasikan PediaSure Complete yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete, sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PediaComplete sendiri dapat diakses melalui website PediaSure dan temukan juga beragam informasi seputar tumbuh kembang anak.

 

SUMBER:

Food is fuel? Or is there a better food analogy? (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.precisionnutrition.com/food-is-not-fuel

Important Nutrients to Know: Proteins, Carbohydrates, and Fats | National Institute on Aging. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.nia.nih.gov/health/important-nutrients-know-proteins-carbohydrates-and-fats

Weight Gain Foods for Kids: Best Options and Tips. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.healthline.com/health/childrens-health/weight-gain-foods-for-kids#reasons-for-weight-gain

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop