Apa, sih, Pentingnya Memberi Susu Formula Sebagai Nutrisi Tambahan Pada Anak?

Apa, sih, Pentingnya Memberi Susu Formula Sebagai Nutrisi Tambahan Pada Anak?

1 minggu yang lalu

Tahukah Ibu kalau menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), sebesar 60% tinggi badan saat si Kecil sudah dewasa diperoleh selama 5 tahun pertama di kehidupannya? Fakta ini mengartikan kalau pemberian nutrisi sangatlah penting pada usia dini, terutama pada tahun-tahun tersebut.

Akan tetapi, menurut United Nations Children’s Emergency Fund (UNICEF), terdapat jutaan anak-anak dan remaja di Negara Indonesia yang mengalami risiko malnutrisi, seperti kekurangan asupan nutrisi. Akibatnya, si Kecil berisiko untuk tumbuh pendek dan kurus.

Untuk menghadapi berbagai risiko tersebut, banyak dari para Ibu yang akhirnya memutuskan untuk memberikan anak nutrisi tambahan, termasuk PediaSure untuk anak. Harapannya, pemberian nutrisi seperti ini bisa menjadi pendamping dari makanan dan minuman yang dikonsumsi mereka setiap hari serta si Kecil dapat tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

Setelah mengetahui pentingnya pemberian nutrisi tambahan, simak dulu penjelasan seputar penggunaan dan pemilihan produk-produk tersebut, yuk, Bu!

Pentingkah Mengikuti Saran Penyajian?

Banyak orang tua yang mengabaikan saran penyajian dan hanya menggunakan beberapa scoop nutrisi tambahan, termasuk saat memberi PediaSure untuk anak. Sebaliknya, ada juga yang mengikuti rekomendasi banyaknya bubuk nutrisi tambahan, tetapi menggunakan air terlalu sedikit. Kedua hal ini tidak baik dan perlu dihindari, Bu.

Penyebabnya bukanlah hanya tentang rasa, tetapi juga yang berhubungan dengan pencernaan dan kesehatan buah hati. Berikut adalah beberapa penyebab di antaranya!

       Risiko dehidrasi. Risiko ini terjadi ketika Ibu menggunakan air lebih sedikit dari yang disarankan.

  Kalori dan nutrisi yang lebih sedikit. Asupan yang sesuai dengan informasi nilai gizi hanya dapat diperoleh jika Ibu menggunakan takaran yang tepat.

   Risiko diare dan mual. Apabila terlalu sedikit air (over-concentrated), nutrisi tambahan mampu sebabkan masalah pada pencernaan.

    Risiko kesehatan ginjal. Asupan protein terlalu banyak karena takaran yang lebih dari saran penyajian dapat membahayakan ginjal.

Cara Memilih Produk Nutrisi Tambahan

Memilih susu apa pun, begitu juga saat memilih PediaSure untuk anak, perlu dilakukan dengan mengutamakan kebutuhan dan kecocokan si Kecil. Pasalnya, tidak semua produk diciptakan sama dan satu anak mungkin akan lebih cocok dengan produk yang berbeda dari anak lain.

Penyebab dari hal ini pun ada beragam, mulai dari kandungan nutrisi utama yang ditawarkan, varian rasa, atau bahkan kondisi si Kecil yang mengharuskannya mengonsumsi nutrisi produk tertentu. Apabila alasannya adalah yang terakhir, tidak ada salahnya untuk meminta bimbingan dari dokter agar menemukan produk nutrisi tambahan yang sesuai.

PediaSure sebagai Nutrisi Tambahan untuk Anak

PediaSure dapat menjadi salah satu pilihan jika Ibu ingin memberikan nutrisi tambahan bagi si Kecil. Sebab, kandungannya dirancang untuk mendukung pertumbuhan nyata dan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian buah hati.

Kemudian, PediaSure pun hadir dalam tiga varian rasa yang dapat disukai oleh si Kecil. Adapun varian rasanya, yakni: vanila, madu, dan coklat, yang tersedia dalam berbagai kemasan. Simak informasi lebih lanjut seputar rasa, ukuran kemasan juga kandungan nutrisinya dengan mengunjungi website PediaSure.

Demikian tadi informasi terkait pentingnya pemberian nutrisi tambahan bagi si Kecil. Apabila Ibu memutuskan untuk memilih PediaSure untuk anak, pastikan untuk membaca kemasan sebelum membeli, mengikuti saran penyajian, dan pastikan bahwa tidak ada kondisi kesehatan tertentu yang menghalangi si Kecil untuk mencerna nutrisi yang terkandung di dalam PediaSure.

Bukan hanya itu saja, utamakan pemberian nutrisi lewat makanan dan minuman yang sehat. Seperti namanya, produk nutrisi tambahan hanya digunakan sebagai asupan pendamping atau asupan tambahan dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

 

Sumber:

        Why PediaSure - PediaSure. (2021). Retrieved August 6 2021, from https://pediasure.co.id/why-pediasure

        Clinical Growth Charts - National Center for Health Statistics, Centers of Disease Control and Prevention. (2017. Retrieved August 6 2021, from https://www.cdc.gov/growthcharts/clinical_charts.htm

        Hypernatremic Dehydration Due to Concentrated Infant Formula: Report of Two Cases - Pediatrics & Neonatology 50(2):70-3 (2009). Retrieved August 6 2021, from https://www.researchgate.net/publication/24437860_Hypernatremic_Dehydration_Due_to_Concentrated_Infant_Formula_Report_of_Two_Cases

        Breastfeeding vs. Formula Feeding - KidsHealth®, The Nemours Foundation. (2018). Retrieved August 6 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/breast-bottle-feeding.html

        Nutrisi - UNICEF Indonesia. (ND). Retrieved August 6 2021, from https://www.unicef.org/indonesia/id/nutrisi

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop