Begini Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak 3-5 Tahun

Begini Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak 3-5 Tahun

6 bulan yang lalu
Dibaca 30,83 ribu
5 Menit membaca

Kita mungkin sering mendengar pentingnya pemenuhan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak atau hingga usia si Kecil menginjak 2 tahun. Tapi, hal ini bukan berarti selepas itu, tumbuh kembang si Kecil bisa diabaikan. Untuk itu, memantau berat dan tinggi badan anak 3 tahun dan seterusnya masih perlu dilakukan. Yuk, simak di sini berbagai hal mengenai tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun dan seterusnya.

Mengapa Memantau Berat dan Tinggi Badan Anak Penting?

Setiap anak memiliki tumbuh kembangnya masing-masing. Anak-anak tumbuh dengan kecepatan berbeda, sehingga normal jika berat dan tinggi badannya bervariasi. Meski begitu, orangtua wajib memantau pertumbuhan buah hatinya agar tetap berada dalam rentang normal sesuai kurva yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Itu karena dengan memantau berat dan tinggi badan si Kecil membuat kita tahu status gizinya. Status gizi sendiri penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu. Jika tumbuh kembang si Kecil terganggu, nantinya akan berdampak pada kualitas hidupnya saat dewasa.

Tinggi & Berat Badan Ideal Usia 1-5 Tahun Berdasarkan Rekomendasi WHO

Menurut kurva pertumbuhan WHO, jenis kelamin dan usia mempengaruhi tinggi dan berat badan ideal anak. Berikut tabel tinggi badan ideal anak usia 1-5 tahun menurut WHO.

Usia

Laki-laki

Perempuan

1 Tahun

75,7 cm

74 cm

2 Tahun

87,8 cm

86,4 cm

3 Tahun

96,1 cm

95,1 cm

4 Tahun

103,3 cm

102,7 cm

5 Tahun

110 cm

109,4 cm

Jika tadi kita telah mengetahui tinggi badan ideal anak berdasarkan usia, berikut tabel berat badan anak menurut usia 1-5 tahun dari WHO.

Usia

Laki-laki

Perempuan

1 Tahun

9,6 kg

8,9 kg

2 Tahun

12,2 kg

11,5 kg

3 Tahun

14,3 kg

13,9 kg

4 Tahun

16,3 kg

16,1 kg

5 Tahun

18,3 kg

18,2 kg

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Anak

Tinggi badan menjadi salah satu indikator penentu status gizi anak. Status gizi ini sangat penting untuk diketahui dan diperhatikan, agar bisa mencegah terjadinya stunting.

Stunting adalah kondisi ketika anak memiliki postur tubuh pendek akibat gagal tumbuh. Kondisi ini bisa dikarenakan anak kekurangan zat gizi kronis dalam jangka waktu yang lama. Artinya, asupan nutrisi merupakan faktor penting yang berpengaruh pada tinggi badan anak.

Susunan genetik atau DNA menjadi faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang, termasuk anak-anak. Namun, beberapa faktor lainnya pun bisa mempengaruhi tinggi badan anak selama masa perkembangannya seperti nutrisi, hormon, dan kondisi kesehatan yang menyertai.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Anak

Seperti tinggi badan, berat badan juga salah satu indikator status gizi si Kecil. Berat badan biasanya menjadi tanda untuk mengetahui apakah nutrisi anak sudah terserap dengan baik atau belum. Artinya, pemenuhan nutrisi sangat berpengaruh pada berat badan si Kecil.

Selain kecukupan gizi, berat badan anak juga bisa dipengaruhi kondisi medis. Penyakit bisa menghambat penambahan berat badan anak. Sering sakit ringan seperti batuk pilek bisa menjadi salah satu faktor kenapa berat badan anak 3 tahun susah naik. Saat anak sakit, kalori yang terserap tubuh tidak digunakan untuk pertumbuhan, melainkan akan dipakai untuk proses penyembuhan dari penyakit yang diderita terlebih dahulu.

Tips Agar Tinggi dan Berat Badan Anak Ideal

Setiap orangtua tentu ingin si Kecil memiliki tinggi dan berat badan ideal sesuai usia agar tumbuh kembangnya tidak terhambat. Ini bisa dilakukan dengan menstimulasi anak dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikut beberapa cara agar tinggi dan berat badan anak ideal.

1. Tidur cukup

Tidur yang cukup mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Saat anak mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tubuh melepaskan hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh.

2. Olahraga

Olahraga secara teratur penting untuk perkembangan fisik yang baik, karena mendukung kesehatan tulang dan jaringan otot.

Selain itu, aktivitas fisik membuat si Kecil memperoleh manfaat yang berdampak pada tinggi dan berat badan ideal anak 3-4 tahun, seperti memperkuat tulang dan membantu mengontrol berat badan.

3. Berikan asupan bergizi

Si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk dapat mencapai tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun ke atas. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi makro, Ibu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral esensial untuk membantunya mencapai potensi pertumbuhan maksimal.

Ibu bisa memberikan tambahan asupan lemak sehat jika si Kecil belum mencapai berat badan ideal anak 3 tahun menurut WHO. Lemak tambahan ini bisa diperoleh dari keju, saus krim, mentega, mayones, dan sayur-sayuran.

Meski untuk mencapai berat badan ideal anak memerlukan asupan kalori yang tinggi, tapi sebaiknya Ibu menghindari memberikan cemilan tinggi gula, garam, dan lemak untuk anak. Pasalnya, camilan tersebut tinggi kadar gula, garam, dan lemak serta miskin nutrisi. Hal ini tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya.

Untuk menggantikan camilan manis, Ibu dapat memberikan si Kecil buah-buahan seperti pepaya, anggur, dan buah lain yang sarat vitamin dan serat.

Nutrisi memegang peranan sangat penting dalam pertumbuhan anak, sehingga si Kecil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang. Buah dan sayuran akan memastikan anak-anak mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk berkembang.

Sementara itu, anak membutuhkan protein dan kalsium yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tulang. Protein bisa diperoleh dari daging, unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur bayam, asparagus, dan sawi hijau, sedangkan kalsium bisa diperoleh dari yogurt, susu, keju, kubis, kedelai, brokoli, jeruk, sarden, dan ikan salmon.

Asupan Nutrisi Tambahan untuk Bantu Capai Berat Badan Ideal Anak 3 Tahun

Untuk mendukung pertumbuhan tinggi dan berat anak tetap optimal, Ibu bisa memberikan asupan nutrisi tambahan untuk si Kecil. Salah satunya adalah PediaSure. PediaSure mendukung pertumbuhan nyata dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. PediaSure dilengkapi dengan arginine dan vitamin K2. Kombinasi ini bantu mendukung pertumbuhan tulang anak.

Asupan nutrisi ini tersedia dalam varian rasa yang beragam, yaitu vanila, cokelat, dan madu. Dengan formulasi baru yang mengandung sukrosa 42% lebih rendah dibanding formula sebelumnya.

PediaSure mengandung omega 3 & 6, DHA & AA, serta kombinasi whey, kasein, dan soya (tiga sumber protein kompleks). Zat gizi dibanding AA dan DHA ini terbukti secara klinis dapat mendukung perkembangan otak dan kemampuan berpikir anak.

PediaSure mengandung campuran prebiotik FOS, 14 vitamin, dan 9 mineral. Kandungan ini membantu menjaga fungsi cerna si Kecil. Untuk dukung si Kecil capai berat badan ideal anak 3 tahun, pastikan asupan nutrisinya baik, ya Bu!

 

 

 

 

SUMBER:

Average Weight and Growth Chart for Babies, Toddlers, and Beyond - Babycenter. Retrieved February 10, 2023 from https://www.babycenter.com/baby/baby-development/average-weight-and-growth-chart-for-babies-toddlers-and-beyo_10357633 

Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1) - IDAI. Retrieved February 10, 2023 from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1 

Kurva Pertumbuhan WHO - IDAI. Retrieved February 10, 2023 from https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who 

Length/height for Age - World Health Organization. Retrieved February 10, 2023 from https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/length-height-for-age 

Weight for Age - World Health Organization. Retrieved February 10, 2023 from https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-for-age

Mencegah Anak Berperawakan Pendek - IDAI. Retrieved February 10, 2023 from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mencegah-anak-berperawakan-pendek 

Predicting a Child's Height: How Tall Will They Be? - Mom Junction. Retrieved February 10, 2023 from https://www.momjunction.com/articles/predicting-child-height-how-tall-will-they-be_00797888/ 

Failure to Gain Weight in Children - Babycenter. Retrieved February 10, 2023 from https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/failure-to-gain-weight-in-children_11429 

How to Increase Height: Tips and Exercises - Healthline. Retrieved February 10, 2023 from https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#other-factors 

Child Overweight and Obesity - Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved February 10, 2023 from https://www.cdc.gov/healthyweight/children/index.html 

Understanding Your Child's Growth - Kids Health. Retrieved February 10, 2023 from https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html