Bolehkah si Kecil Minum Kopi? Simak Faktanya!

Bolehkah si Kecil Minum Kopi? Simak Faktanya!

3 bulan yang lalu

Istilah Life Begins After Coffee tentu tidak jadi soal bagi orang dewasa yang memang tidak ada masalah dengan konsumsi kopi, termasuk Ibu. Tapi, bagaimana jika minuman ini dikonsumsi oleh si Kecil? Bolehkah anak kecil minum kopi?

Di banyak tradisi di Indonesia, minum kopi, khususnya kopi hitam memang sering kali disebut-sebut sebagai aktivitas yang dianjurkan sebab minuman ini mampu membantu menjaga kesehatan si Kecil. Apakah benar demikian?

Yuk, simak faktanya di bawah ini!

Pedoman Dasar Jumlah Kafein untuk Si Kecil

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman seperti kopi, teh, cokelat, serta minuman berenergi mengandung zat bernama kafein.

Kafein adalah bahan kimia alami dengan efek stimulan. Zat ini bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat, jantung, dan otot yang mengontrol tekanan darah, sehingga tekanan darah bisa saja tiba-tiba melonjak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum membahas mengenai bolehkah anak kecil minum kopi, tetapi American Academy of Pediatrics (AAP) melarang konsumsi kafein untuk anak-anak.

Sebaliknya, Kanada sudah memiliki beberapa pedoman dasar jumlah kafein untuk si Kecil. Adapun rekomendasi batas harian kafein berikut di Kanada, yaitu:

        Usia 4 – 6: 45 mg (sekitar setengah cangkir kopi)

        Usia 7 – 9: 62,5 mg

        Usia 10 – 12: 85 mg

        Remaja: 85 – 100 mg

Kafein pada dasarnya memiliki dose-response effect atau memiliki efek dosis-respons. Istilah ini diartikan bahwa seberapa besar dosis yang diterima, sebesar itu pula dampak yang bakal dirasakan.

Si Kecil yang dalam ukuran tubuh lebih kecil hanya memerlukan jumlah yang sedikit untuk menghasilkan respons. Terlalu banyak minum kopi bisa jadi menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Makanya, jika memang bisa dihindari, ada baiknya untuk tidak membiarkan si Kecil minum kopi. Apalagi kebanyakan menu kopi yang ada saat ini tidak hanya mengandung kafein, tapi juga gula, creamer, dan whipped cream dalam jumlah tinggi.

Efek Samping Kafein Bagi Si Kecil

Ibu tentu paham bahwa minum kopi punya banyak efek samping bagi tubuh, sekalipun orang dewasa. Hal ini juga berlaku bagi si Kecil. Beberapa efek samping kafein bagi si Kecil, antara lain sebagai berikut:

1.   Tidak Bisa Tidur

Insomnia atau tidak bisa tidur bisa terjadi pada si Kecil setelah ia minum kopi sebab kafein masih tersimpan di dalam tubuh hingga 8 jam. Kurang tidur kemudian akan berdampak pada tumbuh kembangnya.

2.   Gelisah dan Hiperaktif

Kedua efek samping ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa yang minum kopi. Nyatanya, saat si Kecil minum kopi, ia juga akan menunjukkan perilaku gelisah dan hiperaktif, sehingga kurang berhati-hati saat sedang beraktivitas.

3.   Kurang Nafsu Makan

Terakhir, Ibu tentu ingin jika si Kecil rajin dan lahap makan demi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi hariannya. Sayangnya, jika tubuh si Kecil mendapatkan kafein, maka hal ini akan menyebabkannya kurang nafsu makan.

Tidak jarang pula kopi bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada si Kecil, misalnya sakit perut atau mual.

 Baca Juga: Tahapan Psikologi Perkembangan Anak

Demikianlah informasi mengenai minum kopi untuk si Kecil. Pada dasarnya, minuman yang sebaiknya dikonsumsi si Kecil di masa tumbuh kembangnya adalah dengan memberinya gizi dan nutrisi yang seimbang melalui asupan makanan, minuman, atau suplemen.

PediaSure hadir dengan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan nyata dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Dengan rasa yang lezat, PediaSure kini dengan formula baru dilengkapi Arginine dan Vitamin K2, sukrosa lebih rendah 42%, mendukung pertumbuhan nyata dan kebutuhan harian si Kecil.

Setiap gelas PediaSure mengandung formulasi yang mendukung pertumbuhan si Kecil serta protein, vitamin, serta mineral yang dapat menopang kebutuhan gizi harian si Kecil.

PediaSure tersedia dalam rasa vanila, madu, cokelat, dan classic milky berukuran 200 hingga 1800 gram tergantung rasa.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba ya, Bu!

 

 

Sumber:

  1. Caffeine and children-AACAP. Retrieved 12 Dec 2022, from https://www.aacap.org/AACAP/Families_and_Youth/Facts_for_Families/FFF-Guide/Caffeine_and_Children-131.aspx
  2. Caffeine-Nemours KidsHealth. Retrieved 12 Dec 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/child-caffeine.html
  3. Caffeine: Overview, uses, side effects, precautions, interactions, dosing and reviews-WebMD. Retrieved 12 Dec 2022, from https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-979/caffeine
  4. Is coffee bad for kids?-Johns Hopkins All Children's Hospital. Retrieved 12 Dec 2022, from https://www.hopkinsallchildrens.org/ACH-News/General-News/Is-Coffee-Bad-for-Kids
Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Jenis Imunisasi pada Anak & Manfaatnya di Masa Depan
Jenis Imunisasi pada Anak & Manfaatnya di Masa Depan
Agar masa depan anak bebas dari gejala penyakit berbahaya, simak penjelasan seputar beragam jenis imunisasi pada anak berikut ini!
7 bulan yang lalu
Promo Pediasure Harga Spesial
Promo Pediasure Harga Spesial
PediaSure mendukung pertumbuhan nyata dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil
9 bulan yang lalu
Si Kecil Alami Gangguan Pertumbuhan? Perhatikan Asupan Gizinya!
Si Kecil Alami Gangguan Pertumbuhan? Perhatikan Asupan Gizinya!
Anak kurang gizi berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Untuk mengetahui hal tersebut, berikut informasi soal tanda, penyebab, dan cara mengatasinya.
10 bulan yang lalu