Bagaimana, sih, Cara Mencapai Tinggi Badan Ideal Sesuai Umur Anak-Anak?

Bagaimana, sih, Cara Mencapai Tinggi Badan Ideal Sesuai Umur Anak-Anak?

1 bulan yang lalu

Pertumbuhan anak dapat dipantau dari tinggi badannya, apakah sudah sesuai dengan usia si Kecil saat ini. Jika si Kecil belum mencapai tinggi badan ideal sesuai umurnya, maka hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: genetik, kurang gizi, atau adanya penyakit tertentu. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan bahwa si Kecil sudah tumbuh dengan baik, orang tua perlu mengetahui berapa tinggi badan anak yang ideal serta cara untuk membuat pertumbuhan si Kecil makin optimal.

 

Tinggi Badan Ideal Sesuai Umur Menurut WHO

Tinggi badan ideal sesuai umur anak adalah rentang ukuran panjang tubuh yang normal sesuai usia dan jenis kelamin.

Berdasarkan standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mengacu pada Badan Kesehatan Dunia (WHO), berikut patokan tinggi badan yang ideal untuk anak sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya:

 

Tabel Tinggi Anak Menurut Usia (Laki-laki):

 

Usia

Tinggi (cm)

1 tahun

75,7cm

2 tahun

87,8 cm

3 tahun

96,1 cm

4 tahun

103,3 cm

5 tahun

110,0 cm

 

 

Tabel Tinggi Anak Menurut Usia (Perempuan):

 

Usia

Tinggi (cm)

1 tahun

74,0 cm

2 tahun

86,4 cm

3 tahun

95,1 cm

4 tahun

102,7 cm

5 tahun

109,4 cm

 

Sehingga, bisa diambil kesimpulan:

        Pertambahan tinggi badan anak dari lahir hingga usia 1 tahun adalah sekitar 25 cm

        Usia 1 tahun menuju 2 tahun kurang lebih 13 cm

        Usia 2 tahun menuju usia 3 tahun kurang lebih 9 cm

        Usia 4 tahun hingga masa pubertas kurang lebih  5 cm per tahun-nya

 

Cara Tepat untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak

Laju pertumbuhan tinggi badan setiap anak memang berbeda-beda. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti asupan nutrisi, ada tidaknya stimulasi tumbuh kembang, serta kadar hormon pertumbuhan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, diantaranya:

 

Memberikan Makanan Bergizi Seimbang

Untuk bisa mencapai tinggi badan ideal sesuai umur anak, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan menerapkan pola makan yang sehat. Berikanlah si Kecil makanan bergizi seimbang, terutama makanan yang mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral  seperti kalsium dan zat besi.

Baca Juga: Manfaat Penting Susu Tinggi Kalsium bagi Anak

 

Pastikan Jam Tidur si Kecil Cukup dan Ajak Rutin Berolahraga

Menerapkan pola tidur yang baik pada si Kecil serta membiasakannya untuk berolahraga dengan rutin dapat membantunya untuk mencapai tinggi badan ideal sesuai umur. Hal ini dikarenakan pola tidur yang cukup dan olahraga yang rutin akan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Beberapa jenis olahraga yang dianggap efektif untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan antara lain adalah berenang, bermain basket, dan lompat tali.

 

Memberikan Tambahan Nutrisi

Selain makanan bergizi, Ibu bisa menambahkan tambahan nutrisi dalam menu harian si Kecil yang dapat memberikan nutrisi padat kalori.

Konsultasikan ke dokter anak perihal kebutuhan nutrisi harian dan pertumbuhan anak. Ibu mungkin direkomendasikan nutrisi padat kalori seperti PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete. Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, Ibu dapat mengunjungi halaman produk PediaComplete di sini. Namun, perlu diingat bahwa nutrisi padat kalori masuk ke dalam kategori pangan untuk kebutuhan medis khusus yang penggunaannya harus dengan rekomendasi dokter spesialis anak.

 

 

SUMBER:

Tinggi Badan Anak yang Ideal dan Cara Memaksimalkan Pertumbuhannya - Alodokter. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.alodokter.com/tinggi-badan-anak-yang-ideal-dan-cara-memaksimalkan-pertumbuhannya

Characteristics of Growth and Development ~ Medical Study. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.medicalstudyinfo.com/2018/01/growth-and-development-definition.html?m=1

3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/3-faktor-yang-memengaruhi-tinggi-badan

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop