12 Cara Mendidik Anak Jadi Pintar dan Cerdas di Sekolah

12 Cara Mendidik Anak Jadi Pintar dan Cerdas di Sekolah

11 bulan yang lalu
Dibaca 12,66 ribu
5 Menit membaca

Memiliki anak pintar dan cerdas tentu menjadi impian setiap orang tua. Namun untuk mewujudkan hal tersebut. orang tua tentu perlu memahami bagaimana cara mendidik anak. Ada dua faktor yang biasanya mempengaruhi kecerdasan anak yakni faktor genetik dan faktor lingkungan.

Apabila faktor genetik lebih pada apa yang “diturunkan” dari orang tua, faktor lingkungan adalah kondisi eksternal yang perlu dikelola agar buah hati kita menjadi anak pandai. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai ciri-ciri anak pintar dan bagaimana cara mendidik anak menjadi pintar dan cerdas di sekolah, yuk simak informasi berikut ini!

7 Ciri-Ciri Anak Pintar dan Cerdas

Apa itu anak pintar? Jawabannya bisa sangat relatif. Apalagi setiap anak lahir dengan bakat dan keistimewaan masing-masing. Tingkat kecerdasan seorang anak pun tidak bisa diukur hanya dengan prestasi akademik di sekolah. Menurut sejumlah riset, ciri anak pintar bahkan sudah dapat dilihat sebelum dia memasuki dunia sekolah. Berikut ini sejumlah ciri anak pintar sejak kecil yang dapat diketahui:

1. Kaya Kosa Kata

Perkembangan otak yang baik mempengaruhi kemampuan anak dalam berbicara. Salah satu ciri anak pintar adalah bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya lewat kata-kata. Ajaklah anak terus berkomunikasi untuk mengasah kemampuan bahasanya.

2. Mudah Paham

Anak pintar biasanya dapat berpikir cepat dan mudah memahami sesuatu. Dia hanya butuh waktu singkat untuk memahami penjelasan. Biasakan melatih anak dengan bertanya sehingga respons otak anak bakal terpacu dengan baik.

3. Punya Daya Ingat yang Baik

Mudah mengingat informasi maupun sebuah peristiwa adalah salah satu tanda anak cerdas dan pandai. Si Kecil bakal tetap bisa menjelaskan secara rinci meskipun peristiwa atau informasi tersebut sudah cukup lama. Hal ini karena mereka punya kapasitas otak yang baik untuk mengingat hal secara mendetail.

4. Suka Membaca

Anak cerdas rata-rata suka membaca sebelum usia empat tahun. Orangtua perlu merespons hal itu dengan memberikan buku yang cocok untuk si Kecil. Kegemaran membaca bakal memantik nalar dan kecerdasan Si Kecil.

5. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Riset Harvard Business Review menyebutkan bahwa anak pintar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang berbagai hal. Mereka tidak akan segan bertanya secara detail kepada orang dewasa. Jika anak sudah punya bakat ini sejak kecil, dia akan cenderung lebih suka bertanya pada orang dewasa ketimbang dengan teman sebaya.

6. Mudah Fokus

Anak cerdas biasanya dapat dengan mudah memusatkan perhatian pada apa yang dia lakukan. Dengan konsentrasi yang baik, dia bakal lebih gampang menyerap ilmu atau informasi yang diberikan.

7. Punya Kemampuan Musikal

Penelitian menunjukkan anak yang memiliki bakat musik biasanya adalah anak cerdas. Bermain musik akan membuat si Kecil menjadi kreatif. Orangtua perlu memberi dukungan dengan mendorong anak mengikuti les musik atau mengajari secara mandiri.

alat musik untuk anak jadi pintar

12 Cara Mendidik Anak jadi Pintar dan Cerdas

Memiliki anak yang cerdas dan pintar bukanlah hal yang instan. Harus adanya didikan yang baik dari orang tua sejak anak usia dini. Berikut sejumlah cara mendidik si Kecil menjadi pintar dan cerdas:

1. Kenali Gaya Belajar

Ada tiga gaya belajar pada anak yakni auditori, visual, dan kinestetik. Tipe auditori biasanya cepat memahami melalui pendengaran, tipe visual melalui penglihatan dan tipe kinestetik cenderung melakukan banyak gerakan saat belajar. Orangtua perlu menyesuaikan metode belajar si Kecil sehingga pembelajaran lebih mengena.

2. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Pembelajaran tak hanya dilakukan di sekolah, melainkan juga di rumah. Oleh karena itu, orangtua perlu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif untuk belajar.

3. Tanamkan Rasa Disiplin

Sangat penting menanamkan rasa disiplin pada anak sejak dini agar si Kecil menjadi bintang kelas di sekolah. Hal ini karena anak bakal mendapatkan PR atau tugas sekolah lain yang perlu diselesaikan.

4. Hargai Proses Belajar

Orangtua perlu mengapresiasi proses belajar si Kecil alih-alih menghakimi apalagi mencecarnya. Riset menunjukkan anak-anak yang merasa dihargai orang tua akan memiliki semangat belajar yang lebih tinggi.

5. Biasakan Membaca Sejak Dini

Membaca adalah salah satu rahasia anak pintar. Dengan membaca, anak akan mengalami perkembangan otak secara maksimal. Membaca juga dapat meningkatkan kemampuan verbal dan imajinasi anak. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk membiasakan anak membaca sejak dini.

6. Penuhi Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi berpengaruh di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil. Saking pentingnya pemberian nutrisi untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif si Kecil, orangtua perlu benar-benar memilah makanan yang pas. Berikan anak makanan sehat seperti telur, ikan, daging, susu, sayuran dan buah-buahan.

7. Tumbuhkan Motivasi Belajar

Orangtua tak boleh lelah untuk terus memberikan motivasi belajar pada anak. Tanpa dukungan yang cukup, anak dengan IQ tinggi pun bakal sulit menggapai prestasi.

8. Asah Kreativitas Anak

Orangtua dapat merangsang imajinasi anak dengan mengajak menggambar atau bermain alat musik. Dengan demikian, mereka bakal bereksperimen dan mengasah kreativitasnya. Kreativitas yang tinggi tentu bakal menunjang kecerdasan anak.

9. Kenalkan Bahasa Asing

Anak dapat diajarkan bahasa asing untuk mengasah kecerdasan mereka. Sejumlah riset mengungkap bahwa anak dengan kemampuan bahasa bilingual atau multilingual cenderung punya tingkat kecerdasan lebih tinggi. Mengenalkan bahasa asing juga akan membantu mereka merajut masa depan.

10. Asah Kecerdasan Emosional

Kecerdasan idealnya diimbangi dengan kecerdasan emosional. Hal ini agar kepintaran anak dapat digunakan dengan semestinya. Bantu anak mengenali karakter serta mengendalikan emosi dengan baik.

11. Ajak Anak Cari Solusi

Sebagian orang tua biasanya langsung membantu anak ketika mendapatkan masalah. Padahal dengan membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri, anak akan terpacu untuk mencari solusi lewat pemikiran kreatif. Hal ini juga akan merangsang otak dan memberikan kepercayaan diri anak.

12. Temani Belajar Anak

Hal yang tak kalah penting dalam mendidik anak adalah kehadiran nyata orang tua di sampingnya. Berikan waktu yang cukup pada Si Kecil saat belajar atau menyelesaikan tugas di rumah.

Anak Pintar Juga Perlu Asupan Nutrisi yang Baik

Selain stimulasi dari luar, nutrisi yang seimbang juga diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan daya pikir Si Kecil. Jika Ibu mencari asupan nutrisi tambahan, PediaSure bisa jadi salah satu pilihan.

PediaSure telah diperkaya dengan kandungan AA dan DHA, serta Omega 3&6. Kandungan ini sejak lama telah terbukti mampu membantu perkembangan daya pikir si Kecil. PediaSure juga mengandung zat besi dan zinc, tinggi kalsium, fosfor, dan vitamin D. Kombinasi yang dapat mendukung setiap tahapan perkembangan anak secara optimal.

Nutrisi yang tak kalah penting adalah kandungan 14 vitamin dan 9 mineral serta campuran sinbiotik yang unik (Prebiotik FOS dan Probiotik L. acidophilus). Nutrisi ini dapat bantu jaga daya tahan tubuh dan fungsi sistem cerna si Kecil.

Jadi, untuk menjadikan anak pintar tidak hanya butuh stimulasi tapi juga pemenuhan nutrisi seimbang ya, Bu.

 

 

 

SUMBER:

Signs of a Gifted Child - Read and Spell. Retrieved February 10, 2023 from https://www.readandspell.com/signs-of-a-gifted-child 

Gifted Child - Britannica. Retrieved February 10, 2023 from https://www.britannica.com/science/gifted-child 

10 Characteristics of Gifted Children - Stepping Stone School. Retrieved February 10, 2023 from https://www.steppingstoneschool.org/10-characteristics-of-gifted-children-2/ 

Gifted Children, Part 1 & 2 - IDAI. Retrieved February 10, 2023 from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/gifted-children-bagian-1-2 

5 Tips for Raising Good Kids - First Things. Retrieved February 10, 2023 from https://firstthings.org/5-tips-for-raising-good-kids/ 

The Secret to a Smarter Baby - Healthy Children. Retrieved February 10, 2023 from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/The-Secret-to-a-Smarter-Baby.aspx 

Effective discipline for children - PMC. Retrieved February 10, 2023 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2719514/ 

Science Says Parents of the Most Successful Kids Do These 10 Things - Inc. Retrieved February 10, 2023 from https://www.inc.com/bill-murphy-jr/science-says-parents-of-the-most-successful-kids-do-these-10-things.html 

Reading skill and structural brain development - PMC. Retrieved February 10, 2023 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4128180/ 

IN TIME: IMPORTANCE OF OMEGA 3 IN CHILDREN’S NUTRITION - PMC. Retrieved February 10, 2023 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5417803/

How Parents Set Their Kids Up for Success - Business Insider. Retrieved February 10, 2023 from http://www.businessinsider.com/how-parents-set-their-kids-up-for-success-2015-11/?IR=T#1-they-make-their-kids-do-chores-1