Bagaimana sih Cara Menerapkan Pola Makan Sehat untuk si Kecil?

Bagaimana sih Cara Menerapkan Pola Makan Sehat untuk si Kecil?

3 minggu yang lalu

Pola makan sehat adalah kebiasaan hidup sehari-hari yang lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang sehingga bermanfaat bagi tubuh. Pola makan sendiri dapat berarti perilaku seseorang dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Umumnya, ciri-ciri makanan sehat yang dikonsumsi dan dikategorikan sebagai makanan ‘sehat’ adalah makanan yang terdapat pada ungkapan ‘4 sehat, 5 sempurna’, seperti makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu.

Hal yang paling sering dan paling umum menjadi tantangan bagi para Ibu untuk menerapkan pola makan sehat untuk si Kecil adalah bagaimana caranya agar si Kecil mau mengonsumsi sayur-sayuran. Berbeda dengan lauk pauk, buah, ataupun susu, sayuran biasanya identik dengan rasa yang tidak enak dan kurang menarik bagi si Kecil. Padahal nutrisi dan kandungan yang terdapat pada makanan berjenis sayur-sayuran sangatlah penting untuk pertumbuhan si Kecil. Nah, lalu bagaimana cara menerapkan pola makan sehat untuk si Kecil?

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips-tips yang dapat Ibu coba untuk menerapkan pola makan sehat untuk si Kecil

Kenalkan si Kecil dengan Jenis Makanan Sehat

Pepatah mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu, mengenalkan si Kecil dengan berbagai jenis makanan yang sehat cukup penting. Pasalnya, pola makan sehat adalah salah satu kunci penting dalam masa pertumbuhan si Kecil agar ia tumbuh dan berkembang secara sempurna. Risiko yang dapat timbul jika tidak mengenalkan si Kecil dengan berbagai jenis makanan sehat adalah si Kecil menjadi terlalu pemilih dalam mengonsumsi makanan sehingga berisiko mengalami kekurangan nutrisi.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah ketika makan, kenalkan si Kecil dengan manfaat yang terkandung dari setiap makanan tersebut melalui cara yang memikat si Kecil. Misalnya, memberi tahu bahwa sayur mengandung antioksidan yang mampu mencegah dari penyakit berbahaya.

Baca Juga: Manfaat Omega 3 Untuk Anak dan Sumbernya

Beritahu si Kecil dengan cara-cara bercerita sehingga si Kecil mau mendengarkan. Cara lainnya adalah dengan memberi tahu benefit dari sayuran yang terkandung ketika si Kecil mengonsumsi makanan tersebut. Contohnya, beritahu si Kecil bahwa makanan sehat bisa membuat tubuhnya tinggi, kuat, dan tangkas sehingga ia bisa jadi pemain bola idamannya atau olahragawan idolanya.

Sajikan dengan Bentuk yang Menarik

Mempresentasikan makanan sehat untuk si Kecil dengan tata piring dan hidangannya yang menarik mampu menaikkan nafsu makan serta minatnya untuk mengonsumsi makanan tersebut. Setelah Anda mendapat perhatian dan minatnya untuk mengonsumsi makanan yang telah dihidangkan secara menarik untuk si Kecil, beritahu juga kepadanya kalau pola makan sehat adalah sangat penting untuk pertumbuhannya.

Berikan Sesuai dengan Kebutuhan Nutrisi si Kecil

Melihat si Kecil makan dengan sangat lahap dan memulai pola makan sehat adalah suatu kebahagiaan bagi Ibu tentunya. Namun, pastikan asupan makanan yang dikonsumsi tidak melebihi kebutuhan kalori hariannya untuk mencegah kelebihan berat badan. Jangan sampai penerapan pola makan sehat yang tadinya bertujuan untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil malah menjadi tantangan yang besar pula karena si Kecil kelebihan berat badan.

Perlu diketahui bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan 1600–2200 kalori per hari. Hidangkan sajian ke sang anak dengan pola makan yang sehat sesuai dengan kebutuhan yang telah diinformasikan di kalimat sebelumnya.

Baca Juga: 6 Faktor Penting Saat Memilih Susu Anak Terbaik

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi si Kecil dengan Dukungan Nutrisi Khusus Sesuai Anjuran Dokter

Jika si Kecil memiliki masalah dengan berat badan atau nutrisi yang kurang, mungkin dokter anak Anda akan meresepkan nutrisi tambahan. PT Abbott Products Indonesia saat ini memiliki produk untuk dukungan nutrisi medis khusus anak gizi kurang atau gizi buruk, yaitu PediaComplete (dahulu bernama Pediasure Complete). Untuk informasi lebih lanjut untuk produk ini dapat mengunjungi website kami. Tapi perlu diingat, penambahan nutrisi si Kecil dengan PediaComplete perlu dikonsultasikan dahulu dengan dokter anak.

 

Nah, kira-kira begitu cara untuk menerapkan pola makan sehat bagi si Kecil. Jangan lupa untuk menambahkan konsumsi produk Pediasure sebagai pelengkap nutrisi tambahan si Kecil dengan membaca label produk sebelum membeli, atau kunjungi website kami terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang benar dan akurat!

 

Sumber:

Cara Mendidik Anak Makan Sehat untuk Tumbuh Kembangnya (2021). Retrieved 17 October 2021 from https://www.alodokter.com/cara-mendidik-anak-kepada-kebiasaan-makan-sehat

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop