Ibu, Begini 10 Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi!

Ibu, Begini 10 Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi!

1 tahun yang lalu
Dibaca 28,34 ribu
5 Menit membaca

Anak yang tiba-tiba mengalami demam tentu membuat panik ya, Bu?

Si Kecil biasanya akan merasa tidak nyaman ketika suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 37,5 derajat Celcius. Lalu, apa saja yang perlu Ibu perhatikan saat anak demam? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk tahu cara mengatasi demam pada anak!

Apa itu Demam pada Anak?

Demam adalah sebuah kondisi ketika suhu tubuh naik dalam jangka waktu tertentu. Sebenarnya, demam adalah salah satu respons alami sistem kekebalan tubuh. Biasanya demam terjadi kala sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi.

Selain infeksi, demam pada anak juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain, seperti kondisi medis tertentu atau pasca-imunisasi.

Perlu Ibu ketahui, suhu tubuh normal adalah 37 derajat celcius. Jika suhu tubuh anak naik di atas 37 derajat Celcius, itu tandanya Si Kecil demam.

Namun, sejatinya, anak berusia di bawah tiga bulan, baru dapat dikatakan menderita demam tinggi jika suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius. Sementara itu, anak berusia tiga bulan hingga tiga tahun, disebut mengalami demam tinggi saat suhu tubuhnya di atas 39 derajat Celcius. Dalam kondisi tersebut, Ibu perlu segera membawa anak ke dokter.

Demam tinggi pada anak balita dapat menjadi pertanda adanya infeksi serius yang tengah ia derita. Berikut ini gejala demam tinggi pada anak yang perlu Ibu ketahui:

-          Anak mengalami panas dingin

-          Anak banyak berkeringat

-          Muncul tanda-tanda dehidrasi

-          Sakit kepala

-          Rasa sakit dan nyeri otot

-          Anak merasa lemah

-          Kehilangan selera makan

Sementara itu, jika demam pada anak tidak mencapai 39 derajat Celcius serta ia juga masih aktif bermain, bersedia makan dan minum, atau warna kulitnya normal, kemungkinan Si Kecil tidak menderita penyakit serius. Ibu bisa memberi pertolongan pertama di rumah untuk meringankan demam Si Kecil.

10 Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi

Saat suhu tubuh anak naik, salah satu pertanyaan yang terlintas di benak Ibu mungkin bagaimana cara mengatasi anak demam tinggi. Yuk, mari simak beberapa tips berikut!

1. Pakaikan baju tipis untuk anak

Baju terlalu tebal dapat memerangkap panas tubuh dan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi. Untuk anak di bawah usia 1 tahun, Ibu bisa memberikan kantung tidur atau selimut tipis. Hindari meletakkan selimut longgar di atas tubuh anak saat demam. Sementara itu, untuk anak di atas usia 1 tahun, Ibu bisa menyelimuti mereka dengan kain tipis saat tidur.

2. Dorong anak untuk minum banyak cairan

Saat demam, sangat penting untuk memastikan Si Kecil tidak dehidrasi dan mendapatkan cukup cairan. Jika anak susah untuk minum air putih, Ibu bisa memberikan minuman apa saja yang dia sukai, seperti jus buah atau es loli. Sementara itu, untuk bayi di bawah usia 6 bulan, Ibu bisa memberikan lebih banyak ASI untuk bantu meringankan demam Si Kecil.

3. Berikan makanan lembek

Saat demam tinggi, anak biasanya akan kehilangan nafsu makan. Kendati begitu, Ibu perlu memastikan Si Kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi dari makanan. Ibu dapat memberikan makanan lembek, seperti bubur tim atau smoothies¸untuk Si Kecil. Namun, perlu diingat, berikan makanan dalam porsi kecil-kecil dan jangan terlalu memaksa Anak untuk menghabiskan makanannya.

4. Mandi air hangat

Saat anak sedang demam, kita mungkin berpikir bahwa lebih baik ia tidak dimandikan. Padahal, sebenarnya mandi air hangat dapat membantu meringankan demam Si Kecil loh, Bu. Namun, Anda perlu memastikan bahwa air mandi cukup hangat, tidak terlalu panas atau dingin.

5. Bantu anak tidur lelap

Salah satu cara mengatasi anak demam di malam hari adalah dengan membantu mereka tidur nyenyak. Istirahat yang cukup akan membantu Si Kecil mengatasi gejala demam tinggi yang dialaminya.

6. Berikan obat penurun panas

Memberikan obat penurun panas bisa menjadi pertolongan pertama demam anak. Ibu bisa memberikan paracetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam Si Kecil dan meringankan gejala seperti nyeri otot serta sakit kepala yang dialaminya. Tapi perlu diingat ya Bu, konsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga medis untuk aturan dan dosis pemberian obat penurun panas.

7. Pastikan kamar nyaman dan sejuk

Ibu juga perlu memastikan kamar anak cukup nyaman dan sejuk serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Kondisi kamar yang nyaman akan membantu Si Kecil beristirahat dengan baik hingga demamnya turun.

8. Berikan kompres hangat

Kompres hangat dapat menjadi salah satu cara mengatasi demam anak yang tidak turun.

9. Hindari kontak dengan orang lain

Saat anak demam, biarkan mereka beristirahat di dalam rumah. Jangan ajak Si Kecil bepergian atau berkontak dengan orang lain saat suhu tubuh mereka masih tinggi untuk meminimalisir risiko penularan virus.

10. Berkonsultasi dengan dokter

Meski sejumlah cara mengatasi demam anak dapat dilakukan di rumah, Ibu juga perlu mengetahui kapan Si Kecil perlu dibawa ke dokter. Segera temui dokter jika Si Kecil memperlihatkan gejala-gejala seperti berikut ini:

-          tidak berhenti menangis

-          lesu dan sulit bangun

-          timbul ruam atau bintik ungu seperti memar pada kulitnya

-          bibir, lidah, atau kuku membiru

-          titik lunak di kepala tampak cekung atau menonjol

-          leher kaku

-          sakit kepala parah

-          anak kesulitan bergerak

-          kesulitan bernapas

-          sakit perut parah.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Ibu juga perlu menjaga daya tahan tubuh anak supaya Si Kecil tidak mudah terserang penyakit. Beberapa tips yang bisa Ibu terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh anak, yakni:

  1. Pastikan Si Kecil cukup istirahat sebab istirahat yang cukup akan membantu memelihara daya tahan tubuh anak.
  2. Pastikan nutrisinya terpenuhi. Dorong anak untuk gemar makan sayur dan buah, serta penuhi kebutuhan protein serta kalori hariannya.
  3. Ajak anak berolahraga demi membantu memelihara daya tahan tubuh Si Kecil.

PediaSure untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Ibu juga bisa memberikan PediaSure sebagai asupan nutrisi tambahan untuk bantu jaga sistem daya tahan tubuh Si Kecil. PediaSure baik dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari untuk anak usia 1 hingga 10 tahun.

PediaSure diperkaya dengan DHA dan AA serta Omega 3 & 6 yang baik untuk mendukung perkembangan kognitif anak, juga Arginine dan Vitamin K2 guna mendukung pertumbuhan tulang si Kecil.

Selain itu, PediaSure mengandung nutrisi untuk pertumbuhan. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari Triple Protein atau 3 sumber protein kompleks (whey, kasein, dan soya), 14 vitamin dan 9 mineral, campuran minyak nabati, kalsium, dan fosfor.

PediaSure juga mengandung prebiotik FOS dan probiotik L.acidophilus. Kandungan yang bantu untuk jaga fungsi saluran cerna. PediaSure tersedia dalam empat pilihan rasa, yaitu Vanila, Madu, Cokelat, dan Classic Milky.

Yuk, cegah demam pada anak dengan menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Pastikan asupan nutrisi hariannya seimbang dan lengkapi dengan mengonsumsi PediaSure 2-3 kali sehari untuk bantu jaga daya tahan tubuhnya.

 

 

 

SUMBER:

How to Break a Fever - Healthline. Retrieved 5 October 2022, from https://www.healthline.com/health/how-to-break-a-fever#What-you-can-do-now  

Treating Your Child’s Fever - HealthyChildren.org. Retrieved 5 October 2022, from https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/fever/Pages/Medications-Used-to-Treat-Fever.aspx  

Why Do You Feel Sicker at Night? - Intercoastal Medical Group. Retrieved 5 October 2022, from https://www.intercoastalmedical.com/2016/05/27/why-do-you-feel-sicker-at-night/  

When to Worry About a Child's Fever - Sutter Health. Retrieved 5 October 2022, from https://www.sutterhealth.org/health/childrens-health/when-to-worry-about-a-childs-fever 

Fevers (for Parents) - Nemours KidsHealth. Retrieved 5 October 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/fever.html  

Viral Fever: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Warning - Healthline. Retrieved 5 October 2022, from https://www.healthline.com/health/viral-fever#takeaway  

Fever - Nationide Children’s. Retrieved 5 October 2022, from https://www.nationwidechildrens.org/conditions/fever  

High temperature (fever) in children - NHS. Retrieved 5 October 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/fever-in-children/  

Fever in Children - Stanford Medicine Children’s Health. Retrieved 5 October 2022, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=fever-in-children-90-P02512  

7 Ways to Boost Your Child's Immunity - Parents. Retrieved 5 October 2022, from https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/  

Fever - Symptoms and causes - Mayo Clinic. Retrieved 5 October 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/symptoms-causes/syc-20352759