Cara Mengatasi Anak Susah Makan Hanya Lewat Asupan Nutrisi!

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Hanya Lewat Asupan Nutrisi!

3 minggu yang lalu

Masalah umum yang menjadi tantangan bagi para orang tua adalah mengatasi masalah anak susah makan. Ketika anak mulai susah untuk makan, sebagai orang tua tentunya akan merasa khawatir secara berlebih. Alasannya karena si Kecil berada di fase yang cukup krusial baginya untuk menerima nutrisi yang seimbang tapi justru dia malah terhambat perkembangannya karena ia susah makan.

Banyak sekali siasat si Kecil untuk menolak makanan yang ditawarkan oleh orang tua kepada mereka, mulai dari beralasan hanya ingin memakan makanan tertentu (picky eater), menutup mulutnya, dan menolak dengan menangis. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak susah makan ketika hal-hal tersebut telah dilakukan si kecil?

Fase anak mulai susah makan terjadi ketika si Kecil menginjak usia genap satu tahun. Dengan susah makan, pertumbuhan anak akan menjadi lebih lambat dari sebelumnya sehingga nafsu makan si Kecil pun akan berkurang. Sebagai orang tua, ketika si Kecil mulai susah makan, harus diperhatikan secara serius untuk kembali memaksimalkan masa tumbuh kembangnya.

Artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi anak susah makan, namun lewat pemberian nutrisi tertentu (makanan dan minuman apa yang bisa membantu tingkatkan nafsu makannya). Kemudian, artikel juga akan membahas kondisi-kondisi kesehatan apa yang mungkin mempengaruhi nafsu makan si Kecil (jika kondisi tersebut terjadi pada si Kecil, orang tua dapat konsultasi dengan tenaga kesehatan).

Beri Makanan dan Minuman yang Mampu Menambah Nafsu Makan si Kecil

Cara mengatasi anak susah makan yang pertama adalah dengan mendorong nafsu makan si Kecil lewat makanan dan minuman yang mampu menambah nafsu makan mereka. Makanan minuman seperti Yoghurt, Alpukat, dan Smoothies selain menyehatkan juga mengandung kalori dan lemak tak jenuh yang mampu menumbuhkan nafsu makan si Kecil. Ketika nafsu makan si Kecil sudah kembali terangsang, bukan tidak mungkin si Kecil mulai makan secara lahap dan isu susahnya makan teratasi.

Cari Tahu Penyebab si Kecil Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan yang kedua adalah dengan mengetahui penyebab si Kecil susah makan. Menghadapi anak yang susah makan, sebagai orang tua memang perlu kesabaran yang sangat ekstra ketika si Kecil berada di dalam fase susah makan. Sebagai orang tua, perlu diperhatikan juga penyebab si Kecil susah makan.

Baca Juga: Solusi Anak Susah Makan? Hindari Hal - Hal Berikut!

Faktor psikologis biasanya sangat mempengaruhi nafsu makan si Kecil. Bila si Kecil merasa tertekan dan sedih, keinginan untuk melahap makanan yang telah dihidangkan menjadi kecil karena dia merasa tidak bernafsu makan. Ketika menghadapi keadaan seperti ini, alih-alih memaksa si Kecil untuk melahap makanannya, sebaiknya sebagai orang tua perlu mengerti dan mencoba menawarkan si Kecil makanan ketika kondisi keceriaan si Kecil mulai membaik.

Gunakan Makanan Favoritnya sebagai Stimulus Nafsu Makan si Kecil

Cara mengatasi anak susah makan yang ketiga adalah dengan menjadikan makanan favorit si Kecil sebagai stimulus untuk menambah nafsu makan anak dan mengonsumsi makanan lain yang nutrisinya penting untuk masa pertumbuhan. Biasanya, si Kecil memiliki fase menyukai satu jenis makanan saja.

Jadikan kesempatan ini sebagai momen bagi si Kecil untuk mencicipi makanan lain. Tambahkan menu lain yang penting untuk asupan nutrisi si kecil bersamaan dengan hidangan favoritnya.

Berikan Nutrisi Tambahan untuk Si Kecil 

Informasi untuk ketersediaan produk, saat ini PT Abbott Products Indonesia menginformasikan bahwa Pediasure Complete saat ini telah berganti nama menjadi produk PediaComplete. Untuk ketersediaan produk, dapat dibeli di apotek dan rumah sakit dengan rekomendasi dan di bawah pengawasan dokter anak. Konsultasikan kepada dokter anak sebelum menggunakan PediaComplete.

Memberikan asupan yang enak dan bernutrisi seimbang adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan. Pediacomplete bantu melengkapi nutrisi seimbang untuk anak dengan rasa enak serta kangdungan 14 vitamin & 9 mineral mampu mendukung pertumbuhan fisik dan imunitas si Kecil.

Menambahkan komposisi PediaComplete sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan bisa jadi cara yang tepat. Rasanya yang enak sehingga disukai anak serta kandungan 14 vitamin & 9 mineral mampu mendukung kejar tumbuh dan imunitas si Kecil. Jika si Kecil kekurangan nutrisi yang disebabkan oleh gangguan makan, PediaComplete bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyeimbangkan nutrisi untuk dukung kejar tumbuh si Kecil.

Sekali lagi, sebelum memberikan si Kecil PediaComplete pastikan Anda telah melakukan konsultasi dengan dokter anak, pemberian nutrisi tambahan ini perlu dilakukan di bawah pengawasan dokter.

 

 

Sumber:

·         Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya (2021). Retrieved 17 October 2021 From https://www.alodokter.com/anak-anda-susah-makan-coba-trik-ini

·         4 Masalah Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya (2021). Retrieved 17 Oktober 2021 from https://www.halodoc.com/artikel/4-masalah-anak-susah-makan-dan-cara-mengatasinya

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop