7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Dapat Dilakukan Orangtua

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Dapat Dilakukan Orangtua

5 hari yang lalu

Pada masa pertumbuhan, si Kecil bisa saja memiliki kendala saat makan. Sangat umum jika nafsu makannya cenderung naik turun dan bergantung pada variasi aktivitasnya. Tidak seperti saat bayi yang pertumbuhannya pesat, saat si Kecil memasuki usia satu tahun perkembangannya mungkin terasa lebih lambat. Pada balita misalnya, penyebab naik turunnya nafsu makan bisa diakibatkan oleh kondisi fisik, hingga terlalu tertarik dengan dunia baru di sekeliling sehingga tidak terlalu tertarik pada makanannya.

Namun, terlepas dari beragam alasan di atas, sebagai orang tua tentu kita perlu terus mengupayakan mencukupi pemenuhan nutrisi harian agar si Kecil tumbuh kembangnya tidak terhambat. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak susah makan dan membuat meal time lebih menarik buat si Kecil.

 

1. Atur Waktu yang Teratur dan Menyenangkan

Jadikan waktu makan sebagai acara keluarga yang menyenangkan dan teratur. Duduk bersama anak, bersosialisasi dengan anggota keluarga, dan sisipkan waktu mengobrol. Hal ini akan memicu si Kecil untuk melihat makan sebagai rutinitas yang menyenangkan dan tidak boleh dilewatkan.

 

2. Tunjukkan Nikmatnya Makan

Orang tua merupakan sosok panutan bagi si Kecil. Salah satu upaya yang bisa digunakan dalam cara mengatasi anak susah makan adalah dengan menunjukkan bagaimana Ibu sebagai orang tua menikmati setiap makanan yang disiapkan. Hal ini dapat mendorong rasa penasaran si Kecil akan apa yang dikonsumsi orang tua sehingga ia merasa perlu mencobanya juga.

 

3. Siapkan Makanan Bersama

Pada masa pertumbuhan, si Kecil tentu sangat tertarik dengan hal-hal baru di sekelilingnya. Dengan melibatkan anak dalam membantu menyiapkan makanan atau bahkan membuat makanan, bukan tidak mungkin bisa menambah excitement saat ia melahap makanannya. Dengan aktivitas ini, Ibu memberikan list hal baru untuk dicoba oleh si Kecil. Bukan hanya bermanfaat dalam meningkatkan curiosity,  hal ini pun bermanfaat untuk meningkatkan bonding antara Ibu dan si Kecil.

 

4. Buat Menu Bervariasi

Terus menawarkan si Kecil hal-hal baru merupakan cara mengatasi anak susah makan lainnya yang perlu dicoba. Fluktuasi nafsu makannya yang tidak menentu bisa jadi disebabkan oleh kebosanannya terhadap sajian makanan yang itu-itu saja. Seperti halnya mengetahui hobi anak tentu eksplorasi menjadi bagian penting, sama seperti menentukan sajian untuk si Kecil pun perlu trial and error, semakin bervariasi makanan yang disajikan semakin terlihat pula preferensi makanan si Kecil.

 

5. Jangan Gunakan Hukuman

Memberi pilihan atau menyediakan variasi makanan baru bisa menjadi sebuah opsi yang tidak selalu diterima dengan baik oleh anak. Namun, sebagai pencegahan, saat anak menolak untuk mencobanya, jangan terapkan metode menghukum, sebab hal ini bisa membentuk memori negatif pada bawah sadar si Kecil saat mencoba hal baru.

 

6. Hadapi dengan Sabar dan Sajikan Makanan Secukupnya

Menjaga komunikasi yang baik dengan si Kecil merupakan poin penting yang perlu Ibu jaga. Penolakan mungkin akan sering terjadi, namun jangan sampai Ibu lekas menyerah. Beri selang beberapa menit untuk menawarkan kembali. Lalu, jangan lupa berikan takaran yang sesuai dan tidak langsung banyak. Tambahkan secara wajar sesuai dengan perkembangan umurnya, jangan terlalu takut memberi sedikit, sebab hal itu bisa jadi memberikan kesempatan pada si Kecil agar ia terpicu untuk meminta lagi dengan porsi yang lebih banyak.

 

7. Kenalkan Ragam Cara Makan yang Menarik

Jika menawarkan menu yang bervariasi sudah dilakukan, mengenalkan ragam cara makan yang baru bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan, dengan membuatnya terlihat lebih menarik. Misalnya saat Ibu ingin memberikan ragam buah untuk dicoba, Ibu bisa sediakan juga dressing atau saus sebagai cocolan atau Ibu juga bisa memotong-motongnya dan membuat dalam bentuk tusuk sate.

Itu dia beberapa cara mengatasi anak susah makan dengan membuat meal-time lebih hidup dan tidak membosankan. Meskipun permasalahan nafsu makan kian umum dialami saat masa pertumbuhan, pemenuhan nutrisi si Kecil tidak boleh luput dari kontrol orang tua di dalamnya.

Selain hal-hal tersebut jika Ibu memiliki kekhawatiran akan pemenuhan gizi si Kecil akibat nafsu makannya yang sedikit, PediaSure Complete atau PediaComplete dapat menjadi opsi untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi harian si Kecil. Sebelum membeli PediaComplete, konsultasikan terlebih dahulu kondisi si Kecil dengan dokter anak. PediaComplete tersedia dalam rasa vanila dan 2 ukuran, yaitu 400gr dan 850gr, lebih lengkapnya mengenai kegunaan dan konten nutrisi, Ibu bisa melihat dengan klik disini: Tentang PediaComplete.

 

SUMBER

Proc Nutr Soc. (2018).Picky eating in children: causes and consequences. Retrieved 3 October 2021, from https://acceleratedurgentcare.com/2018/01/18/good-foods-feed-sick-toddler/

Raising Children Net. (n.d). Toddler not eating? Ideas and tips. Retrieved 3 October 2021, from https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/common-concerns/toddler-not-eating

Healthline. (2020). Help! My Toddler Won’t Eat. Retrieved 3 October 2021, from https://www.healthline.com/health/childrens-health/toddler-wont-eat-2

American Academy of Family Physicians. (n.d). When Your Toddler Doesn’t Want to Eat. Retrieved 3 October 2021, from https://www.healthline.com/health/childrens-health/toddler-wont-eat-2

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop