Ibu, Ini 10 Cara Mengetahui Bakat Anak

Ibu, Ini 10 Cara Mengetahui Bakat Anak

1 tahun yang lalu
Dibaca 3,58 ribu
5 Menit membaca

Tidak sedikit orang tua akan berpikir bakat apa yang dimiliki sang anak saat mereka lahir. Banyak yang ingin mengetahui bakat anaknya sejak usia sangat dini, sehingga orang tua bisa mengarahkan dan mengembangkan bakat sang anak.

Pada sejumlah kasus, bakat anak bisa terlihat di usia dini. Sedangkan, ada juga fenomena bakat anak baru muncul ketika ia masuk SD. Ada juga fenomena bakat anak terlihat umur belasan atau ketika ia baru masuk SMP.

Karena tidak ada pola pasti kapan bakat anak terlihat, maka Ibu perlu memperhatikan dengan detail kemampuan si Kecil. Salah satu cara mengetahui bakat anak, diawali dari memperhatikan ananda sejak pertama kali ia mulai bermain.

Berikut akan dijabarkan bagaimana cara mengetahui bakat anak sekaligus cara mengembangkan bakat tersebut. Kabar baiknya, anak-anak mulai mengembangkan bakat sejak dini dan tidak ada 2 anak yang persis sama. Sehingga, Ibu bisa lebih mudah mengidentifikasi dan dan merespon bakat anak dengan lebih terukur.

Pentingnya Mengetahui Bakat Anak

Mengapa orang tua harus mengetahui bakat anak? Ibu, membantu si Kecil mengidentifikasi bakat mereka membawa keuntungan besar bagi perkembangan mereka di masa yang akan datang. Beberapa di antaranya adalah

       Identitas dan Rasa Memiliki

Anak yang menyadari kelebihan dirinya, identitas dan kepribadian dirinya berkembang. Hal itu membantunya mengenal diri sendiri dan mengetahui siapa dia.

       Motivasi

Bagi anak, bakat mereka adalah tempat paling alami untuk mengembangkan kedewasaan dan disiplin dengan kesadaran mereka sendiri, bukan dengan paksaan.

       Harga Diri dan Pengakuan Diri

Mengetahui apa kemampuan anak bermanfaat untuk membangun harga diri yang positif. Pengakuan dari luar terhadap kemampuan diri sendiri juga mendorong anak mencintai dirinya sendiri dengan sehat.

       Memiliki Tujuan di Masa Depan

Anak yang tumbuh dengan mengetahui apa yang ia senangi dan kuasai membuatnya memiliki preferensi yang jelas soal karier apa yang harus ia kejar di masa mendatang.

10 Cara Mengetahui Bakat Anak

Untuk mengetahui apa saja bakat anak, Ibu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Perhatikan Saat Anak Bermain

Ibu bisa mencari apa yang disukai ananda, misalnya apakah ananda lebih menyukai kegiatan kelompok atau bermain sendiri, apakah dia lebih suka duduk diam atau berlarian. Ibu juga mengamati apa yang dipilih lebih dulu oleh anak, misal menulis atau menggambar, aktivitas fisik, bermain elektronik, atau jenis lainnya.

2. Biarkan Anak Membuat Pilihan

Biarkan anak membuat pilihan apa yang akan mereka pakai, mainan apa yang mereka pilih, dan sebagainya. Anak yang diberi kebebasan memilih akan lebih percaya diri dan mandiri.

3. Biarkan Anak Mengeksplorasi Bakat Mereka dengan Memahami Minatnya

Ibu mungkin tidak memahami minat anak, tapi jangan melarang mereka melakukan yang anak suka. Anak yang suka bermain video games mungkin saja tertarik pada grafik, animasi, pemecahan masalah, atau bercerita.

Jenis bakat anak

4. Berikan “Tambahan” atau Pengayaan akan Minat Anak

Jika anak tampak menyukai jenis olahraga tertentu, ajak ia menyaksikan pertandingannya. Atau, kalau anak suka memainkan jazz, ajak si Kecil menonton konser.

5. Jangan Paksa Anak Melakukan Hal yang Tidak Mereka Suka

Anak seharusnya melakukan bakat dan hobi dengan gembira dan menanti-nantikan saat dia melakukannya. Meskipun anak terlihat mahir dalam melakukan sesuatu, mereka tidak perlu dipaksa jika mereka tidak menyukainya.

6. Berkomunikasi dengan Positif

Berkomunikasi dengan positif berarti bertanya, memuji anak, dan menunjukkan minat dengan apa yang dilakukan anak.

7. Pastikan Anak Memiliki Waktu Bersosialisasi

Saat mengeksplorasi bakatnya, anak perlu berdiskusi dengan teman sebaya apa yang mereka sukai dan apa yang sedang mereka pelajari.

8. Kompetisi Bisa Dipertimbangkan

Jika anak nyaman dengan kompetisi, Ibu bisa coba mengikutkannya dalam lomba, misalnya. Anak bisa belajar mana yang masih harus dia perbaiki.

9. Ajarkan Kerja Keras

Ibu tidak pernah tahu bakat anak jika Ibu tidak mengajarkannya kerja keras. Anak perlu berlatih dan terus memperbaiki diri, bahkan jika mereka berbakat.

10. Selalu Biarkan Anak Membuat Keputusan Akhir

Ibu bisa terlibat jika keputusan yang diambil dirasa akan membahayakan. Jika tidak, biarkan keputusan soal aktivitas mereka diputuskan sendiri oleh anak.

Tips Mengembangkan Minat dan Bakat

Setelah Ibu memahami cara mengetahui bakat anak tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memahami cara menyalurkannya. Bagaimana cara mengembangkan minat dan bakat anak? Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan, yakni:

1. Pikiran yang Terbuka

Soal minat, banyak cara untuk mengetahuinya. Bisa saja anak suka memandang langit di malam hari, coba kenalkan dengan astronomi, misalnya.

2. Biarkan Anak Bermimpi

Mimpi adalah salah satu cara mengetahui bakat dan minat anak. Gali mimpi anak, cari tahu pandangannya tentang hidup, cita-cita, dan sebagainya.

3. Gunakan Bantuan Video dan Internet

Jika ada subjek yang menarik untuk anak, cari videonya dan tunjukkan pada anak.

4. Beli Buku

Beli buku yang menunjang minat dan bakat anak.

5. Cari Kegiatan yang Mendukung Minat

Banyak kegiatan yang bisa menunjang minat anak.

6. Fleksibel

Ibu harus fleksibel, jangan memaksakan minat dan bakat Ibu kepada anak.

7. Beri Dukungan

Beri dukungan optimal, beri anak perhatian, sering-sering mengajaknya mengobrol salah satu bentuk dukungan dari orang tua adalah memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak tercukupi agar ia tetap sehat, bugar, cerdas, dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Salah satu sumber nutrisi bisa didapat dari PediaSure. Konsumsi PediaSure bisa jadi pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh anak karena nutrisi tambahan ini mengandung Omega 3 dan 6 serta AA dan dan DHA membantu kemampuan berpikir anak agar berkembang dengan baik.

PediaSure baik untuk anak usia 1-10 tahun. Dengan 14 vitamin, 9 mineral, dan campuran sinbiotik unik (Prebiotik FOS dan Probiotik L. acidophilus), Pediasure baik untuk tubuh anak. Untuk mendapat manfaat maksimalnya, Ibu cukup menyajikan PediaSure 2-3 kali sehari.

Tak hanya itu, PediaSure juga mengandung kombinasi 3 sumber protein bagi tubuh, yaitu kasein, soya, dan whey. Kombinasi tersebut disebut dengan triple protein. Ditambah lagi dengan Argine, Natural Vitamin K2, dan kalsium tinggi, PediaSure cocok untuk mendukung tumbuh kembang anak.

PediaSure hadir dengan sukrosa lebih rendah 42%, tapi rasanya tetap lezat di lidah si Kecil. Dengan kelebihan tersebut, PediaSure hadir dengan 3 pilihan rasa, yaitu vanilla, madu & coklat (200 gram, 400 gram, 850 gram).

Selain memahami cara mengetahui bakat anak, Ibu juga perlu memahami pemenuhan nutrisi harian anak. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian anak, si Kecil memiliki daya tangkap yang baik. Sehingga minat dan bakat yang dimilikinya bisa berkembang dengan baik. Yuk, selalu berikan berikan nutrisi harian untuk mendukung perkembangan bakat anak ya, Bu!

 

 

 

SUMBER: 

10 Habits That Reveal A Child's Natural Talent - Power of Positivity. Retrieved 19 November 2022, from https://www.powerofpositivity.com/talent-revealed-in-your-child/ 

The Importance of Stimulating Your Children's Talents - You are Mom. Retrieved 19 November 2022, from https://youaremom.com/children/what-should-you-know/tips-for-raising-your-child/childrens-talents/ 

What Motivates Your Child? - Bonnie Terry Learning. Retrieved 19 November 2022, from https://bonnieterrylearning.com/blog/what-motivates-your-child/ 

Self-Esteem in Childhood: Benefits and Strategies - Cadey. Retrieved 19 November 2022, from https://cadey.co/articles/self-esteem-in-childhood 

Top 10 skills your child needs for the future jobs - Infento. Retrieved 19 November 2022, from https://www.infento.com/blog/the-top-10-skills-your-child-needs-for-the-jobs-of-the-future/ 

10 Habits That Reveal A Child's Natural Talent - Power of Positivity. Retrieved 19 November 2022, from https://www.powerofpositivity.com/talent-revealed-in-your-child/ 

11 Ways to Naturally Nurture Your Child’s Talents and Abilities - Arla Food Inc. Retrieved 19 November 2022, from https://www.arla.ph/blog/11-ways-to-naturally-nurture-your-childs-talents-and-abilities/ 

The Importance of Socialization in Early Childhood - Martin-Pitt Partnership. Retrieved 19 November 2022, from https://mppfc.org/the-importance-of-socialization-in-early-childhood/ 

Pros and Cons of Competition Among Kids and Teens - Very Well Family. Retrieved 19 November 2022, from https://www.verywellfamily.com/competition-among-kids-pros-and-cons-4177958