Cari Tahu Berat Badan Ideal Anak dengan Cara Ini!

Cari Tahu Berat Badan Ideal Anak dengan Cara Ini!

1 bulan yang lalu

Pada usia emas, seringkali si Kecil mengalami masalah makan sehingga menjadi tantangan tersendiri pada orang tua. Tantangan ini harus bisa dihadapi dengan baik agar masalahnya tidak berlanjut menjadi masalah pertumbuhan. Masalah makan pada si Kecil yang sering dihadapi oleh orang tua seperti memilih-milih makanan, makanan yang kurang atau makanan yang berlebihan, anak menolak untuk makan, menjatuhkan atau melemparkan makanan.

Masalah ini biasanya tidak terjadi secara jangka panjang. Sehingga hal-hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan si Kecil, terutama berat badannya. Berat badan pada si Kecil bisa saja berlebihan atau kurang. Maka dari itu, Ibu perlu mengukur berat dan tinggi badan si Kecil dengan teratur, minimal satu kali dalam satu bulan dan melakukan plot di kurva WHO sesuai dengan usianya.

 

Usia

Perempuan

Kurang Gizi

Gizi Baik

Gizi Lebih

2 tahun

8,1 kg

11,5 kg

17,0 kg

3 tahun

9,6 kg

13,9 kg

20,9 kg

4 tahun

10,9 kg

16,1 kg

25,2 kg

5 tahun

12,1 kg

18,2 kg

29,5 kg

6 tahun

13,5 kg

20,2 kg

33,4 kg

 

 

Usia

Laki-laki

Kurang Gizi

Gizi Baik

Gizi Lebih

2 tahun

8,6 kg

12,2 kg

17,1 kg

3 tahun

10,0 kg

14,3 kg

20,7 kg

4 tahun

11,2 kg

16,3 kg

24,2 kg

5 tahun

12,4 kg

18,3 kg

27,9 kg

6 tahun

14,1 kg

20,5 kg

31,5 kg

 

Jika si Kecil beradaberada di kurva yang normal, yaitu antara angka z-score -2SD sampai +2SD di kurva WHO, maka Ibu tidak perlu khawatir namun tetap berikan nutrisi terbaik agar kesehatan tubuh dan berat badannya tetap terjaga. Ibu juga harus mengukur pertumbuhan si Kecil secara berkala dan berikan asupan nutrisi yang baik agar membawa dampak pertumbuhan yang baik di usia dewasa nanti.

Jika si Kecil belum berada di angka yang normal, baik kurang berat badan atau berat badannya berlebih segera konsultasikan ke dokter agar dicari tahu penyebabnya dan diberikannya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dokter biasanya akan memberikan saran atas asupan nutrisi yang harus diberikan dan aktivitas yang harus dilakukan oleh si Kecil agar dapat mengembalikan berat badannya ke angka yang ideal.

Ibu dapat menerapkan beberapa kebiasaan di bawah ini untuk menjaga berat badan si Kecil agar tetap ideal.

 

1. Mengembangkan Kebiasaan Makan Sehat Pada Anak

Penuhi nutrisi si Kecil dengan memberikan protein hewani, produk susu, keju, dan yogurt untuk menambah berat badannya. Untuk anak yang memiliki berat badan berlebih juga pastikan Ibu memilih daging dan ikan yang tidak berlemak, produk susu rendah lemak, buah-buahan serta batasi konsumsi gula pada si Kecil.

 

2. Berikan Anak Aktivitas yang Membuat Tubuh Sehat

Berolahraga dan aktif bergerak akan membantu si Kecil yang memiliki berat badan berlebih. Namun ajaklah si Kecil beraktivitas yang menyenangkan sehingga mereka juga tidak merasa kelelahan. Jelaskan juga manfaat lain beraktivitas fisik selain untuk berat badan, seperti memperkuat tulang dan mengurangi rasa cemas.

 

3. Perhatikan Pola Tidur

Pastikanlah bahwa si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan obesitas jika si Kecil juga terlalu banyak mengonsumsi makanan. Kemudian bantulah si Kecil dalam membentuk kualitas tidur yang baik.

 

4. Pemberian Asupan Kalori

Kalori merupakan hal penting untuk menambah berat badan si Kecil agar ideal, namun pada anak yang memiliki berat badan berlebih asupan kalori harus dibatasi dengan kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula.

Konsultasikan seputar masalah pertumbuhan dengan dokter spesialis anak, dan ibu mungkin direkomendasikan nutrisi tinggi kalori, seperti Pediasure Complete, yang sekarang menjadi PediaComplete. Harga dan petunjuk penggunaan PediaComplete dapat dilihat melalui halaman ini.

Selalu konsultasikan penggunaan Pediacomplete dengan dokter spesialis anak.

Jika si Kecil dalam kurva pertumbuhan normal, berikan Pediasure dengan kandungan triple protein, Omega 3 & 6, serta 12 vitamin & 8 mineral. Pediasure memiliki rasa vanilla, coklat dan madu yang lezat dan disukai oleh anak Indonesia. Dukung pertumbuhan nyata dengan konsumsi makanan bergizi dan Pediasure 2x sehari.

 

SUMBER:

Eating Problems in Young Children - Children’s Health Issues - MSD Manual Consumer Version. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.msdmanuals.com/home/children-s-health-issues/behavioral-problems-in-children/eating-problems-in-young-children 

Inilah Mengapa Mengukur Pertumbuhan si Kecil Secara Rutin Sangat Penting! - PediaSure. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.pediasure.co.id/article/inilah-mengapa-mengukur-pertumbuhan-si-kecil-secara-rutin-sangat-penting

Tips to Help Children Maintain a Healthy Weight. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://www.cdc.gov/healthyweight/children/index.html

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop