Daftar Kandungan Penting Susu Formula Anak dan Tips Memilihnya

Daftar Kandungan Penting Susu Formula Anak dan Tips Memilihnya

1 minggu yang lalu
Dibaca 95

Susu formula adalah nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak mulai usia 1 tahun. Namun, Ibu barangkali kerap bingung dalam menentukan susu formula terbaik untuk bayi di atas usia 1 tahun.

Ada banyak sekali merek dan varian susu formula yang ditawarkan untuk anak. Sebagai orang tua, Ibu tentu harus cermat memilih susu formula terbaik untuk anak 1 tahun. Ibu perlu memperhatikan kandungan penting susu formula, jenis-jenis, dan manfaatnya untuk anak.

Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara memilih susu formula terbaik!

Apa Manfaat Susu Formula untuk Anak?

Susu formula adalah nutrisi tambahan yang memiliki banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Berikut ini manfaat susu formula yang perlu Ibu ketahui:

1. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Anak

Susu formula mengandung kalsium dan protein yang baik untum mendukung pertumbuhan dan memperkuat tulang serta gigi anak.

 

2. Mendukung Kecerdasan Anak

Susu formula mengandung DHA dan ARA yang baik untuk mendukung perkembangan otak dan daya pikir anak.

 

3. Memenuhi Kebutuhan Energi si Kecil

Selain kaya protein dan kalsium, susu formula juga mengandung lemak, vitamin, serta nutrisi lain yang dapat memberikan asupan energi agar si Kecil lebih aktif sepanjang hari.

 

4. Membantu Anak Mencapai Berat Badan Ideal

Susu formula juga merupakan nutrisi padat kalori sehingga baik dikonsumsi untuk anak pada masa pertumbuhan agar mencapai berat badan ideal.

 

Baca Juga: Panduan Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

 

Kandungan Penting Susu Formula

Tahukah Ibu? Pada dasarnya, susu formula terbuat dari enam komponen utama, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan nutrisi lain (seperti prebiotik dan probiotik). Adapun yang membedakan satu merek susu formula dengan merek lainnya adalah kombinasi spesifik dari karbohidrat, lemak, protein, serta bahan tambahan yang digunakan.

Berikut ini kandungan penting dalam 100 kkal porsi susu formula:

  • 9 gram karbohidrat (bisa berasal dari laktosa atau gula alami yang terkandung dalam susu).
  • 4,4 gram lemak (dengan mengandung 300 gram linoleic acid atau asam lemak Omega-6 tak jenuh ganda yang penting untuk perkembangan otak).
  • 1,8 gram protein.
  • 0,45 miligram zat besi.
  • Vitamin dan mineral (termasuk Vitamin A dan D, kalsium, magnesium, serta selenium).

Jenis-Jenis Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Setelah mengetahui manfaat dan kandungan penting susu formula, kini Ibu bisa mempertimbangkan jenis-jenis susu formula untuk si Kecil.

Berikut ini jenis- jenis susu formula:

  • Susu sapi: berasal dari susu sapi yang ditambah dengan minyak sayuran, zat besi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan anak.
  • Susu kedelai: susu yang terbuat dari kedelai dan telah ditambahkan minyak sayuran serta nutrisi penting untuk si Kecil.
  • Susu formula khusus: susu sapi yang telah diproses dan proteinnya dihilangkan atau dikurangi. Ada juga berbagai susu formula hipoalergenik yang tersedia. Susu formula khusus ini dibuat untuk bayi yang memiliki intoleransi susu atau alergi terhadap susu sapi. Susu jenis ini juga baik untuk bayi yang memiliki alergi protein makanan.
  • Hungry milk: jenis susu formula yang mengandung lebih banyak kasein daripada whey.
  • Susu formula anti-refluks: Susu jenis ini dikentalkan dengan tujuan menghindari refluks, yakni kondisi bayi muntah saat atau setelah meminum susu.
  • Susu bebas laktosa: jenis susu formula ini dibuat khusus untuk bayi yang memiliki alergi laktosa.

Tips Memilih Susu Formula untuk Anak 1-5 Tahun

Ibu, kini tidak perlu bingung dalam memilih susu formula terbaik untuk anak. Berikut ini tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun yang bisa Ibu ikuti:

- Pilih Susu Formula Sesuai Usia Anak

Cara memilih susu formula terbaik adalah memperhatikan usia anak. Pilihlah susu formula sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Ibu bisa membaca label pada kemasan susu formula untuk memastikan apakah susu tersebut sesuai dengan usia si Kecil.

 

- Cermati Label Komposisi dan Kandungan Susu Formula

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu formula, Ibu sebaiknya teliti membaca label komposisi dan kandungan pada kemasannya.

 

- Perhatikan Alergi Si Kecil

Penting bagi Ibu untuk memperhatikan riwayat alergi si Kecil sebelum membeli susu formula. Perhatikan apakah si Kecil memiliki alergi laktosa atau protein susu sapi agar Ibu bisa memberikan susu formula terbaik untuk anak 1 tahun.

 

- Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Pastikan susu formula yang Ibu beli belum melewati tanggal kedaluwarsa agar aman diberikan kepada si Kecil.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Susu Anak 1 Tahun

Asupan Nutrisi Tambahan dengan Beragam Manfaat untuk Si Kecil

PediaSure bantu lengkapi kebutuhan nutrisi harian anak dengan kurva pertumbuhan normal. Sementara itu, untuk anak dengan gangguan pertumbuhan, Ibu bisa berkonsultasi ke dokter atau tenaga Kesehatan untuk mengonsumsi PediaComplete.

PediaSure Complete kini menjadi PediaComplete dengan formula lebih disempurnakan sehingga cocok dijadikan nutrisi tambahan bagi anak yang sedang kejar tumbuh. PediaComplete merupakan produk olahan untuk keperluan medis khusus sebagai dukungan nutrisi kepada anak berisiko gizi kurang. Produk PediaComplete dapat dibeli dengan resep dokter.

PediaComplete diformulasikan dengan nutrisi lengkap dan seimbang oleh ahli nutrisi agar mampu mendukung pertumbuhan anak yang berisiko faltering growth atau gagal tumbuh secara optimal.

PediaComplete mengandung nutrisi padat kalori (1kkal/ml) dan dilengkapi dengan protein berkualitas serta tidak mengandung sukrosa.

PediaComplete juga mengandung 14 vitamin & 9 mineral, campuran lemak nabati dengan MCT 15% yang mudah diserap sebagai sumber energi, tinggi kalsium, fosfor, serta vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan fisik maupun imunitas anak.

PediaComplete juga mengandung AA, DHA, LA dan ALA untuk mendukung perkembangan daya pikir si Kecil.

Serat pangan Prebiotik FOS dan laktosa yang rendah, selenium, dan zinc yang terkandung dalam PediaComplete juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna serta meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Ibu bisa mendapatkan PediaComplete di pasaran dengan rasa vanila sdalam ukuran 49g, 400g, dan 850g.

Sementara itu, untuk Anak yang memiliki tumbuh kembang normal, Ibu bisa memberikan PediaSure yang diformulasikan untuk mendukung pertumbuhan nyata tinggi dan berat badan si Kecil secara optimal.

PediaSure mengandung triple protein, dilengkapi juga dengan 14 vitamin, 9 mineral, serta arginine dan vitamin K2 untuk bantu optimalkan penyerapan kalsium.

Si Kecil juga bisa merasakan manfaat daya tahan tubuh yang lebih baik karena PediaSure memiliki kandungan prebiotik FOS dan probiotik, zat besi, zinc, dan Selenium.

Bukan hanya itu, PediaSure juga membantu mendukung kemampuan kognitif karena di dalamnya diperkaya Omega 3 dan 6. PediaSure hadir dalam beberapa varian rasa, yaitu PediaSure Coklat (400g), PediaSure Vanila (200g, 400g, 850g, 1800g), dan PediaSure Madu (200g, 400g, 850g).

Jangan lupa berikan susu formula terbaik untuk anak sebagai nutrisi tambahan yang lezat dan sehat bagi si Kecil ya Bu!

   

 

 

SUMBER:

5 Proven Health Benefits of Milk - Nutrition - Healthline . Retrieved 28 July 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_4 

What is infant formula, and how can scientists make it more like human milk? - C&EN . Retrieved 28 July 2022, from https://cen.acs.org/food/food-ingredients/infant-formula-scientists-make-like/99/i1 

Feeding Guide for the First Year - Stanford Children . Retrieved 28 July 2022, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=feeding-guide-for-the-first-year-90-P02209 

Formula Ingredients and Components - Medical Home Portal . Retrieved 28 July 2022, from https://www.medicalhomeportal.org/issue/formula-ingredients-and-components  

Formula Feeding FAQs: Getting Started (for Parents) - Nemours KidsHealth . Retrieved 28 July 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/formulafeed-starting.html# 

Types of formula milk - NHS . Retrieved 28 July 2022, from  https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/bottle-feeding/types-of-formula/ 

Infant formula: Your questions answered - Mayo Clinic . Retrieved 28 July 2022, from  https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-formula/art-20045782

 

 

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Anda Sesuai Umurnya
Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Anda Sesuai Umurnya
Tidak hanya pertumbuhan fisik, ibu juga perlu memperhatikan perkembangan anak. Tahap perkembangan anak biasanya ditandai dengan bertambahnya kemampuan dan keterampilannya.
10 bulan yang lalu
5 Aktivitas Anak untuk Dukung Pertumbuhan si Kecil. Ibu Perlu Tahu!
5 Aktivitas Anak untuk Dukung Pertumbuhan si Kecil. Ibu Perlu Tahu!
Pandemi mengubah cara kita menjalani hidup. Namun, pastikan agar kondisi ini tidak hentikan perkembangan si Kecil. Lakukan aktivitas anak yang aman berikut, Bu!
10 bulan yang lalu
Inilah Mengapa Mengukur Pertumbuhan si Kecil Secara Rutin Sangat Penting!
Inilah Mengapa Mengukur Pertumbuhan si Kecil Secara Rutin Sangat Penting!
Kapan terkahir kali ibu mengukur tinggi dan berat badan si kecil? Seminggu yang lalu?
2 tahun yang lalu