Diet untuk Anak: Seperti Apa yang Bermanfaat, ya?

Diet untuk Anak: Seperti Apa yang Bermanfaat, ya?

10 bulan yang lalu
Dibaca 1,67 ribu

Pola makan yang tepat bagi anak sama pentingnya dengan pola makan bagi orang dewasa. Terkait dengan pertumbuhan, bahkan bisa disebut sangat penting untuk mencapai nutrisi yang cukup dan asupan gizi seimbang.

Memberi makan pada anak mendatangkan tantangan tersendiri. Apalagi untuk anak-anak yang cenderung picky eater alias memilih-milih makanan. Oleh sebab itu, mengetahui jenis makanan apa yang dikonsumsi sebagai diet untuk anak menjadi hal yang krusial untuk Ibu perhatikan. Dari jenis makanan yang disukai si Kecil, Ibu dapat mengetahui apakah nutrisi yang dibutuhkan terkandung di dalamnya atau tidak, dan bagaimana menyesuaikan agar nutrisi yang dibutuhkan selalu ada dalam setiap makanan si Kecil.

Untuk menjaga agar makanan terlihat menarik, usahakan agar terdapat beragam makanan di dalam satu piring. Selain menarik, setiap makanan memiliki nutrisi yang secara unik saling melengkapi baik nutrisi makro maupun nutrisi mikro. Sayur dan buah yang warna warni dapat menarik perhatian si Kecil untuk mulai menyukai sayur dan buah yang beragam.

 

Jumlah Nutrisi yang Dibutuhkan

Memahami nutrisi apa saja dan berapa jumlah yang dibutuhkan diet untuk anak memang tidak mudah. Namun secara ringkas dijelaskan bahwa nutrisi untuk anak-anak pada prinsipnya sama dengan kebutuhan untuk orang tua. Vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Yang membedakan adalah jumlahnya.

 

Tabel Kebutuhan Nutrisi Harian Anak-anak

 

Kalori

Protein

Buah-buahan

Sayur-sayuran

Biji-bijian

Olahan Susu

Usia 2-4

Laki-laki

1000-1600

2-5 ons

1-1,5 cup

1-2 cup

3-5 ons

2-2,5 cup

Perempuan

1000-1400

2-4 ons

1-1,5 cup

1-1,5 cup

3-5 ons

2-2,5 ons

Usia 5-8

Laki-laki

1200-2000

3-5,5 ons

1-2 cup

1,5-2,5 cup

4-6 ons

2,5 cup

Perempuan

1200-1800

3-5 ons

1-1,5 cup

1,5-2,5 cup

4-6 ons

2,5 cup

 

Selain nutrisi di atas, perlu diingat bahwa lemak juga penting untuk dilibatkan di dalam pola makan anak. Yang terpenting adalah jenis lemak yang dikonsumsi. Disarankan agar sumber lemak bagi si Kecil bersumber dari minyak alami dari ikan, minyak kacang, minyak biji-bijian, dan minyak yang menyehatkan dari tanaman. Hindari mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans.

Minyak yang dapat dipilih adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kacang baik untuk memasak maupun sebagai dressing salad dan sayuran. Batasi penggunaan mentega atau margarin.

 

Makanan Bernutrisi Bagi Anak

Untuk membantu Ibu memilih diet untuk anak yang bernutrisi dan bisa dinikmati, berikut adalah enam makanan yang cocok untuk dikonsumsi si Kecil:

1.   Yogurt

Yogurt mengandung protein dan vitamin D sekaligus probiotik yang membantu menyehatkan pencernaan. Perhatikan asupan gula pada yogurt. Pilih yogurt yang mengandung 0% gula tambahan dan ganti rasa manis dengan buah-buahan.

2.   Kacang-kacangan

Meski terlihat simple, tapi kacang mengandung nutrisi yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan diet untuk anak. Kacang mengandung protein sekaligus serat, dan tidak sulit untuk menambahkan kacang ke dalam asupan makanan harian. Selain menyehatkan, kacang juga membuat si Kecil kenyang lebih cepat.

3.   Telur

Sebutir telur besar mengandung protein, vitamin D, vitamin B12 dan zat besi. Beberapa bahkan mengandung omega-3 yang membantu pertumbuhan otak si kecil.

4.   Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol sehat.

Baca Juga: Susu Tinggi Protein, Pendukung Pertumbuhan Anak

5.   Ubi

Ubi mengandung vitamin A, serat dan potassium. Memproses ubi juga tidak sulit. Ibu bisa memasukkan ubi yang telah dilubangi di beberapa titik ke dalam microwave, dikukus, atau digoreng sebagai pengganti. Rasanya yang manis membuat ubi tidak membutuhkan tambahan garam atau gula lagi.

6.   Susu

Susu adalah sumber kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin B12, protein, dan potassium. Pilihlah jenis susu sesuai usia dan sesuai yang disenangi si Kecil. Selain susu sapi, Ibu juga bisa memberikan susu kedelai atau susu almond sebagai nutrisi diet untuk anak.

 

Gizi serta nutrisi yang seimbang bisa didapat dari sumber yang sangat beragam. Yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan si Kecil dengan tepat agar dapat membantu pertumbuhannya. Selagi menjalani pola makan dan diet khusus, opsi tambahan nutrisi untuk pertumbuhan si Kecil bisa dipenuhi dari segelas PediaSure.

PediaSure merupakan susu tinggi protein dan susu pertumbuhan anak yang tentunya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. PediaSure dilengkapi dengan 3 sumber protein seperti kasein, whey, dan isolat soya. PediaSure pun dilengkapi berbagai varian, mulai dari PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat.

Tak ketinggalan, Ibu juga bisa memberikan asupan nutrisi padat kalori untuk bantu pertumbuhan si Kecil. PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete merupakan nutrisi tambahan bisa dijadikan pilihan dengan kandungan yang telah disesuaikan rekomendasi WHO. Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, Ibu dapat mengunjungi halaman produk PediaComplete, serta pastikan untuk selalu melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis kesayangan si Kecil dan keluarga.

 

 

Sumber:

Nutrition for kids: Guidelines for a healthy diet - Mayo Clinic (2021). Retrieved on December 6, 2021 from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335  

Kid's Healthy Eating Plate | The Nutrition Source | Harvard TH Chan School of Public Health - Harvard T.H. Chan School of Public Health. Retrieved on December 6 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/kids-healthy-eating-plate/

The Top 10 Healthiest Foods for Kids - Eating Well (2018). Retrieved on December 6 2021, from https://www.eatingwell.com/article/291139/the-top-10-healthiest-foods-for-kids/