Floortime: Kegiatan Bermain Bersama Anak yang Penuh Manfaat

Floortime: Kegiatan Bermain Bersama Anak yang Penuh Manfaat

6 hari yang lalu

Banyak dari orang tua yang menyadari bahwa waktu bermain dapat dijadikan sebagai cara untuk melatih kecerdasan anak. Namun, apakah Ibu tahu bahwa salah satu teknik melatih kecerdasan anak bisa dengan floortime?

Sekadar informasi, teknik ini pada dasarnya mencakup kegiatan bermain bersama anak yang dilakukan orang tua guna mendukung kecerdasan si Kecil dalam setiap tahapan perkembangan anak-anak. Menarik ‘kan, Bu?

Jika Ibu ingin tahu lebih lanjut seputar teknik floortime ini, simak informasi lebih lanjutnya berikut ini!

Cara Melakukan Teknik Floortime

Dr. Stanley Greenspan, seorang ahli kesehatan psikiatri anak-anak dan profesor di George Washington University Medical School, merupakan tokoh yang mengembangkan teknik floortime pertama kalinya. Perlu diketahui bahwa pendekatan lewat teknik ini dikembangkan secara evidence-based atau berdasarkan berbagai riset serta bukti nyata pada si Kecil.

Nantinya, tujuan dari kegiatan floortime dinyatakan tercapai apabila si Kecil mencapai milestones atau pencapaian tertentu pada berbagai aspek kehidupannya, seperti:

        Berkomunikasi dua arah

        Berkomunikasi dengan cara-cara yang lebih kompleks

        Kemampuan mengatur diri sendiri

        Ketertarikan pada berbagai hal di dunia

        Muncul atau tidaknya ide dan pikiran yang bersifat emosional

Nah, untuk mencapai milestones di atas, Ibu perlu melakukan cara melakukan floortime ini secara tepat. Untungnya, teknik kegiatan bermain bersama anak ini bisa dilakukan di mana saja dan tidak sulit dilakukan. Berikut adalah tata caranya!

        Temani si Kecil saat bermain dan terapkan komunikasi dua arah dengannya

        Titikberatkan pada keterlibatan dan juga fokus saat berkomunikasi

   Lakukan floortime mulai dari hal-hal sederhana, seperti mencontohkan cara memainkan objek tertentu (object-based)

        Picu berbagai kemampuan sensor saat bermain

        Tingkatkan kompleksitas di dalam sesi floortime seiring meningkatnya kemampuan si Kecil

        Lakukan floortime secara konsisten dan intens untuk hasil yang optimal

        Berikan hadiah pada si Kecil apabila berhasil menuntaskan tantangan tertentu

        Bila perlu, ajak anggota keluarga atau teman lainnya saat bermain bersama anak

Tanda-Tanda Floortime Perlu Dilakukan pada si Kecil

Pada awalnya, teknik floortime dikembangkan sebagai cara untuk mengajak si Kecil berinteraksi dengan orang tua saat mereka bermain. Dengan begitu, si Kecil tidak akan merasa sendirian dan dapat merasakan berbagai momen-momen baik yang ada di sekitarnya. Tapi, kapankah Ibu harus menerapkan floortime ini, ya? Ketahui tanda-tanda sederhana berikut ini!

        Si Kecil tidak berinteraksi dengan orang lain jika tidak dipancing

        Orang tua yang jarang melakukan kegiatan bermain bersama anak

        Kesulitan mengekspresikan perasaannya kepada anak-anak lain

        Memiliki hambatan dalam berkomunikasi

Hasil yang Diharapkan Setelah Melakukan Floortime Secara Konsisten

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Ibu merasa si Kecil memang membutuhkan adanya floortime? Bila iya, janganlah khawatir, Bu. Floortime merupakan kegiatan bermain bersama anak secara proaktif dan dapat diterapkan oleh semua anak guna membantu perkembangan kecerdasan si Kecil hingga besar nanti.

Apabila si Kecil mengalami hambatan, lakukanlah teknik floortime seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Perlu diingat kembali bahwa teknik bermain bersama anak ini didasari oleh studi kasus dan terbukti bermanfaat, bahkan pada anak yang didiagnosa berada di spektrum autisme.

Lalu, bagaimanapun juga, teknik floortime dikembangkan Dr. Greenspan untuk meningkatkan hubungan dan komunikasi anak-anak serta mendukung mereka agar bisa berpikir secara mandiri dan dapat beradaptasi di berbagai lingkungan.

Selain itu, pastikan juga untuk memberi si Kecil nutrisi yang cukup sesuai usianya agar dapat mendukung di setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.Berikan si Kecil asupan seimbang dengan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan usianya. Pediasure membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mendukung pertumbuhan nyata si Kecil. PediaSure yang hadir dalam tiga varian: vanila, madu, dan cokelat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kandungan PediaSure, kunjungi situs resmi kami di Pediasure.co.id. Kemudian, pastikan untuk membaca label sebelum membeli.

 

Sumber:

Floortime. (ND). Retrieved 19 July 2021 from https://www.autismspeaks.org/floortime-0

The Floortime Manual. (ND). Retrieved 19 July 2021 from https://www.stanleygreenspan.com/parents/floortime-manual/

Evidence-based Research – The Greenspan Floortime Approach. (ND). Retrieved 19 July 2021 from https://stanleygreenspan.com/resources/research/

Meet Dr. Greenspan – The Greenspan Floortime Approach. (ND). Retrieved 19 July 2021 from https://stanleygreenspan.com/resources/about-dr-greenspan

What Is Floortime – ICDL. (ND). Retrieved 19 July 2021 from https://www.icdl.com/floortime

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop