Hindari Wasting! Berikan Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

Hindari Wasting! Berikan Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

3 minggu yang lalu

Wasting merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan permasalahan gizi pada anak karena tidak terpenuhi dengan cukup. Pada saat mengalami kondisi wasting, berat badan si Kecil akan menurun hingga sangat tidak proporsional dan bahkan jauh di bawah normal. Si Kecil yang mengalami kondisi wasting dapat dilihat dengan salah satu cirinya yaitu proporsi tubuhnya jauh dari kata ideal.

Dalam kondisi wasting, kondisi berat badan si Kecil tidak sepadan dengan tinggi badannya sehingga ada ketimpangan dalam asupan gizi. Kondisi wasting tidak dapat boleh disepelekan karena menurut WHO, keadaan wasting dapat memicu morbiditas dan memungkinkan si Kecil lebih rentan terserang suatu penyakit daripada seorang anak yang tidak mengalami kondisi wasting.

Salah satu cara untuk melawan kondisi wasting adalah dengan cara memberikan susu penambah berat badan anak. Dalam artikel ini  akan dijelaskan seputar faktor-faktor yang mempengaruhi berat badan anak dan apa yang terjadi ketika hal tersebut tidak dipenuhi (wasting). Kemudian, artikel akan memberikan rekomendasi susu penambah berat badan seperti apa yang baik untuk anak (yang mengandung nutrisi lengkap, dengan rasa enak, baik untuk pencernaan, dan lainnya).

Kenali Faktor yang mempengaruhi terjadinya Wasting

Sebelum memberikan susu penambah berat badan anak, ada baiknya Anda sebagai orang tua melakukan konsultasi ke Dokter Anak untuk mengenali faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kondisi wasting pada anak. Wasting umumnya terjadi karena asupan gizi pada anak kurang terpenuhi. Faktor-faktor yang umum terjadi wasting adalah:

        Asupan Makan Tidak Bergizi

        Makanan Terbatas dan Pilihannya Tidak Beragam

        Kurangnya Pengetahuan Nutrisi Anak

        Kebersihan Lingkungan yang Kurang Baik

Jika si Kecil terindikasi mengalami wasting, segera cek salah satu dari faktor-faktor yang ada di atas agar Anda dapat mengetahui penyebab utamanya. Dengan menyortir faktor potensial yang dapat menyebabkan wasting, orang tua bisa melakukan tindakan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Tanda-tanda Anak berada dalam Kondisi Wasting

Anak yang mengalami wasting sebetulnya dapat dilihat sekilas dari kondisi fisiknya yang tidak proporsional; tinggi badannya yang kian menjulang tinggi namun secara massa tubuh tetap dan bahkan terlalu kurus. Hal lain yang dapat dilihat secara langsung adalah menonjolnya tulang-tulang yang menandakan kondisi tubuh terlalu kurus. Dengan begitu, tak jarang si Kecil kian merasa letih, lesu, dan lemas dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Mengetahui hal tersebut, perlu diwaspadai ketika tanda-tanda seperti:

        Persentil berat badan menurut tinggi badan ada di bawah 5 persentil

        Bagi anak balita, perbandingan berat badan terhadap tinggi badannya kurang dari -2 standar deviasi (SD)

        Lingkar lengan atas kurang dari 110 mm.

Jika terdapat tanda-tanda tersebut pada anak, dapat diduga si Kecil mengalami kondisi wasting. Perlu segera dicek ke tenaga kesehatan agar kondisi wasting dapat diatasi karena mampu membahayakan pertumbuhan si Kecil.

Baca Juga: Cara Membuat Susu Formula Yang Benar Berikut Ini!

Atasi Wasting dengan Komposisi Nutrisi yang Benar

Bila faktor dan tanda-tanda anak mengalami wasting telah mengindikasikan kebenaran tersebut, segera atasi kondisi ini pada anak. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam menghadapinya adalah sebagai berikut:

        Berikan berbagai makanan dengan kandungan energi yang tinggi guna mendukung kenaikan berat badan.

        Berikan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, serta mineral, guna mempercepat pembentukan jaringan baru.

        Energi dari protein sekitar 12 hingga 15%

        Energi dari lemak sekitar 30%

Segala hal yang dipaparkan di atas terkandung dalam makanan sehat seperti lauk pauk, sayur, makanan pokok, dan buah-buahan. Jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan susu penambah berat badan anak, tentunya dengan berkonsultasi dengan Dokter Anak terlebih dahulu untuk mendukung pertumbuhan si Kecil.

Berikan Nutrisi Tambahan pada si Kecil

Pediasure Complete kini telah berganti nama menjadi PediaComplete. Tambahkan komposisi PediaComplete untuk anak yang mengalami wasting, sebab asupan vitamin dan mineral mampu mendukung pertumbuhan fisik dan imunitas si Kecil. Penting untuk cermati kandungan susu penambah berat badan anak yang tepat, PediaComplete dengan varian rasa vanilla juga tersedia dalam ukuran 400g & 850g bantu lengkapi nutrisi bagi si Kecil yang kejar tumbuh.

Terdiri dari padat kalori 1Kkal/ml, Protein berkualitas 3.02/100Kkal, PE ratio 12% sesuai dengan rekomendasi WHO, serta 14 vitamin & 9 mineral. Mendukung pertumbuhan fisik & daya tahan. Anda dianjurkan mengonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan untuk penggunaannya bagi si Kecil. Ketahui detail produk lebih lanjut tentang PediaComplete.

 

Sumber:

·       Kenali Penyebab Wasting pada Anak dan Cara Mengatasinya (2021). Retrieved 17 October 2021 from https://www.sehatq.com/artikel/kenali-penyebab-wasting-pada-anak-dan-cara-mengatasinya

Wasting pada Anak: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasi (2021). Retrieved 17 October 2021 from https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/wasting-adalah-masalah-gizi-anak/ 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop