Agar Higienis, Ikuti Cara Membuat Susu Formula yang Benar Ini!

Agar Higienis, Ikuti Cara Membuat Susu Formula yang Benar Ini!

6 hari yang lalu

Apakah Ibu sudah menyajikan susu formula atau asupan nutrisi tambahan dengan cara yang tepat? Nah, perlu diketahui bahwa penyajian yang tepat adalah yang mempertimbangkan kebersihan, keamanan, dan juga kesehatan si Kecil setelah meminumnya.

Jika tidak, hal-hal ini bisa memengaruhi sistem pencernaan, mengakibatkan infeksi bakteri, atau hal-hal lainnya yang membahayakan keselamatan si Kecil. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya paham cara membuat susu formula yang benar berikut ini!

1. Baca Instruksi pada Kemasan

Sebenarnya, cara ini sangatlah umum dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, masih ada saja yang tidak menghiraukan tulisan yang ada di kemasan. Instruksi yang tercantum tersebut harus diikuti dengan benar agar si Kecil memperoleh nutrisi seperti yang disebutkan di fakta nutrisi di produk susu formula atau asupan nutrisi tambahan.

2. Lihatlah Expiration Date

Expiration date mengacu pada akhir dari periode yang direkomendasikan untuk mengonsumsi produk tersebut. Apabila telah melewati tanggal expiration, bisa dikatakan susu formula tidak boleh diminum lagi karena kualitasnya tidak terjamin. Cara membuat susu formula yang benar ini sangat sederhana, tapi masih sering dilupakan. Jadi, jangan sampai lupa, ya, Bu!

3. Bersihkan Tempat Minum Susu

Tergantung usia si Kecil, ia mungkin akan mengonsumsi susu formula lewat gelas, mug, atau tempat minum lainnya. Apa pun yang digunakannya, pastikan seluruh bagian terjaga kebersihannya. Bahkan, bila perlu, lakukan sterilisasi pada tempat minum saat pemakaian pertama. Selanjutnya, bersihkan dengan sabun dan juga air panas.

4. Pastikan Tangan Anda Bersih

Ibu, sebelum mengambil bubuk dengan scoop, sebaiknya cuci dan keringkan tangan terlebih dahulu secara higienis. Dengan begitu, hal ini akan mengurangi kontaminasi bakteri di dalam gelas serta memastikan kesehatan pencernaan si Kecil benar-benar terjaga.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Susu Formula Terbaik untuk si Kecil

5. Takaran yang Tepat dan Air Hangat

Cara membuat susu formula yang benar sangat tergantung pada produk yang Ibu pilih. Namun, secara umum, Ibu sebaiknya memasak air hingga mendidih, lalu diamkan hingga bersuhu sekitar 40° C, kemudian tuangkan air sesuai dengan takaran dan dilanjutkan dengan menuangkan bubuknya. Jumlah air dan bubuk tersebut umumnya telah tercantum pada kemasan.

Akan tetapi, pada produk-produk asupan nutrisi tambahan tertentu, seperti PediaSure, air dingin juga dapat digunakan dalam pembuatannya. Maka dari itu, agar lebih tepat, terapkan tips yang pertama kali disebutkan, yakni membaca instruksi pada kemasan.

6. Simpan di Lemari Pendingin Hanya dalam 24 Jam

Dalam kurun waktu 24 jam di lemari pendingin, susu formula sudah tidak boleh diminum. Oleh karena itu, jika ingin menghangatkannya untuk si Kecil atau menyajikan secara dingin untuk anak-anak, sebaiknya jangan dilakukan. Buanglah cairan karena kualitas sudah tidak bisa terjamin.

7. Hangatkan Secara Tepat

Susu formula dapat dihangatkan dengan berbagai cara. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan microwave karena dapat menyebabkan suhu tidak merata. Bisa jadi, cairan terpanas masuk ke dalam tegukan atau isapan pertama si Kecil dan menyakiti mulutnya.

Baca juga: PediaSure, Nutrisi Triple Protein Pendukung Pertumbuhan Anak

Demikian informasi terkait cara membuat susu formula yang benar. Kesimpulannya, produk susu formula dan asupan nutrisi tambahan lainnya perlu dilakukan dengan mengutamakan kebersihan dan keamanan. Dengan begitu, kesehatan dan keselamatan si Kecil pun akan terjaga, apa pun produk yang diminumnya setiap hari.

Begitu juga dengan PediaSure, kami menganjurkan proses penyajian yang aman dan bersih. Dengan begitu, produk yang kami tawarkan bukan hanya dapat memberikan asupan nutrisi tambahan, tapi juga baik dan nikmat saat diminum oleh buah hati.

Dapatkan berbagai varian PediaSure (vanila, coklat, dan madu) yang tersedia di toko atau apotek terdekat. Lalu, untuk memperoleh informasi terkait kandungan serta cara penyajian yang tepat, bacalah kemasan sebelum membeli atau kunjungi website resmi kami, PediaSure.co.id.

Sumber:

How to make up baby formula. (2020).  Retrieved 21 July, 2021 from https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/bottle-feeding/making-up-baby-formula/

Infant formula: 7 steps to prepare it safely. (2021).  Retrieved 21 July, 2021 from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-formula/art-20045791

Infant Formula Preparation and Storage. (2021).  Retrieved 21 July, 2021 from https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/infant-formula-preparation-and-storage.html

Infant formula: making, storing and transporting it. (2020).  Retrieved 21 July, 2021 from https://raisingchildren.net.au/newborns/breastfeeding-bottle-feeding/bottle-feeding/formula-making-storing-transporting

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop