Ini 3 Ciri Utama Si Kecil Tumbuh Sesuai dengan Usianya!

Ini 3 Ciri Utama Si Kecil Tumbuh Sesuai dengan Usianya!

11 bulan yang lalu

“Pantau terus tumbuh kembang si Kecil!”

Menjadi orangtua yang peka terhadap perubahan yang terjadi pada anak, baik itu perubahan yang positif maupun negatif, bisa membantu Anda untuk melakukan pencegahan jika ditemukan adanya hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Untuk membantu Anda kenali kondisi anak dengan lebih baik, berikut ini tiga tanda anak memiliki tumbuh kembang yang baik. Keep scrolling!

1. Berat dan tinggi badan sesuai dengan umurnya

Perkembangan fisik si Kecil bisa selalu Ibu pantau tiap bulannya ya. Waktu si Kecil bayi sampai balita Ibu bisa gunakan grafik weight-for-age dan height-for-age dari WHO. Dianjurkan Ibu cek berat dan tinggi badan si Kecil minimal 1x setiap bulan. Memang, pertumbuhan tiap anak pasti memiliki perbedaan. Namun, menurut Centers for Disease Control and Prevention (Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat) rata-rata berat badan anak akan bertambah sebesar 3-3,5 kg per tahun dan tinggi badan anak bertambah sekitar 6 cm per tahun pada usia 6-12 tahun.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan fisik si Kecil lho. Menurut makalah ilmiah Genetic and Environmental Influences on Adult Human Height Across Birth Cohorts From 1886 to 1994 yang dipublikasikan oleh Aline Jelenkovic dkk, ada faktor genetik dari orangtua, faktor lingkungan seperti stimulasi dan risiko terkena penyakit, serta yang paling penting adalah asupan nutrisi. Oleh sebab itu, Ibu bisa memaksimalkan semua kebutuhan nutrisi terbaik agar pertumbuhan optimal bisa didapatkan oleh si Kecil.

Untuk itu, Ibu bisa berikan anak makanan bergizi dan lengkapi nutrisinya dengan PediaSure 2x sehari. PediaSure mengandung 3 sumber bahan protein, 12 vitamin & 8 mineral, omega 3&6, serta tinggi kalsium untuk dukung pertumbuhan nyata anak. Makanya, tak heran 10 dari 10 Ibu Home Tester setuju PediaSure adalah produk nutrisi yang tepat dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.* Untuk informasi lebih lengkap, Ibu bisa baca label sebelum membeli ya.

PediaSure merupakan susu pertumbuhan tinggi protein yang bisa bantu si Kecil dapatkan tinggi badan dan berat badan sesuai tahapan usia. Oh iya, jangan lupa ya Bu, selalu cek tinggi dan berat badan si Kecil tiap bulannya, Ibu bisa langsung cek di sini.

2. Mampu mengenali objek dan suara

Kemampuan si Kecil mengenali objek dan suara, seperti benda-benda yang ada di lingkungan rumah serta suara-suara yang ada di lingkungan sekitar merupakan salah satu indikator bahwa pertumbuhan si Kecil semakin berkembang sesuai dengan usianya. Tapi, untuk mampu mengenali semua objek dan suara tersebut, peran Ibu sangat dibutuhkan lho. Setiap hari, Ibu perlu mengenalkan objek dan suara baru agar si Kecil memiliki banyak pengetahuan yang bisa direkam dalam memorinya.

3. Kemampuan motorik halus dan motorik kasar yang baik

Untuk mengetahui tumbuh kembang si Kecil, Ibu bisa mengajaknya bermain dengan permainan sederhana yang membutuhkan kerja sama antara otot kecil dan otot besar. Seperti, bermain dengan lilin, menggambar menggunakan jari, mewarnai, menyusun menara dengan balok, memakai baju sendiri, bersepeda roda tiga, berlatih naik dan turun tangga dengan telapak kaki yang seimbang per anak tangga, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Dilansir dari kidshealth.org, jika si Kecil bisa melakukan semua kegiatan tersebut, berarti ia telah memiliki kemampuan motorik halus dan kasar yang baik. 

Nah, itu dia 3 ciri utama si Kecil tumbuh sesuai dengan usianya. Jadi, pastikan anak terjaga asupan nutrisinya dan mendapatkan stimulasi yang baik untuk perkembangannya ya, Bu!

 

*Berdasarkan hasil survey Home Tester Club Indonesia kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama 3 bulan (Desember 2019-Februari 2020)

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop