Penting! Tetap Jaga Nutrisi si Kecil yang Susah Makan

Penting! Tetap Jaga Nutrisi si Kecil yang Susah Makan

3 bulan yang lalu

Seiring bertambahnya usia, si kecil semakin susah untuk makan. Nah, untuk mengantisipasinya, cara mengatasi si kecil susah makan bisa dimulai sejak usianya menginjak 1 tahun sampai kurang lebih 4 tahun.  Si kecil-si kecil di usia tersebut memiliki pertumbuhan yang kurang cepat, sehingga mereka bisa saja tidak sering lapar seperti saat mereka masih bayi.

Susah makan pada si Kecil menyebabkan gangguan perkembangan karena kurangnya nutrisi yang terpenuhi, seperti daya ingat, keterampilan belajar, dan motorik. Daya ingat yang kurang juga mempengaruhi keterampilan belajar pada si kecil, hal tersebut termasuk ke dalam gangguan perkembangan kognitif. Jika nutrisi pada si kecil tidak terpenuhi dengan baik karena susah makan, maka perkembangan kognitifnya pun akan terganggu. Masalah perkembangan motorik pada si kecil dapat dilihat dari berat badan dan perkembangan si kecil yang terlihat secara fisik, jika nutrisi si kecil kurang, maka si kecil akan memiliki berat badan yang kurang dan kurangnya keseimbangan tubuh. Maka dari itu, pemenuhan nutrisi pada si kecil sangat perlu diperhatikan.

Pemicu si Kecil Susah Makan

Untuk menemukan cara mengatasi si kecil susah makan, orang tua perlu mengetahui penyebab-penyebab si kecil susah makan tersebut. Berikut adalah hal-hal pemicu si Kecil susah makan, yaitu:

  1. Preferensi Suatu Makanan

Si kecil melihat makanan yang tidak sesuai dengan seleranya, maka si kecil akan menghindari untuk makan makanan tersebut. Contohnya seperti si kecil tidak suka melihat bentuk brokoli.

  1. Kemampuan Mengunyah Si kecil

Ketika si kecil masih bayi, mereka makan makanan yang halus sehingga mudah ditelan. Jika mereka merasa kesulitan untuk mengunyah makanan, maka mereka akan menolak untuk makan.

  1. Terdapat Masalah Medis

Si kecil memungkinkan menolak makan karena mereka merasa tidak nyaman ketika makan atau merasa ada yang sakit pada tubuhnya, terutama pada bagian perut.

  1. Berada di Fase Makan Pilih-pilih

Fase ini berkaitan dengan preferensi si kecil terhadap suatu makanan. Biasanya, si kecil tidak menyukai sayuran atau buah karena melihat preferensi dari dua hal tersebut.

 

Cara Mengatasi Si kecil Susah Makan

Dengan mengetahui penyebab anak susah makan, maka penting untuk orang tua tetap menjaga nutrisi anak tetap terpenuhi, sehingga pertumbuhannya tetap optimal. Berikut beberapa cara mengatasi anak susah makan:

  1. Batasi Hal-hal yang Mengganggu Ketika Makan

Hal-hal yang mengganggu si Kecil ketika makan dapat berupa diberikannya gadget atau dibiarkan menonton televisi. Dengan diberikan hal-hal tersebut, si Kecil akan kehilangan keinginannya untuk makan. Biarkan si Kecil fokus ketika makan.

  1. Sajikan Makanan dengan Porsi yang Sesuai

Semakin usia bertambah, maka porsi makanan yang akan orang tua berikan pastinya bertambah. Namun, bisa saja kalau porsi yang diberikan melebihi dari kebutuhannya, dan tidak semua si kecil memiliki kata-kata untuk menyampaikan kalau mereka tidak lapar atau makanan yang diberikan berlebih, sehingga mereka akan cenderung untuk menolak dan terlihat seperti membuang makanan. Maka dengan diberikan porsi yang sesuai, si Kecil bisa menghabiskan makanannya.

  1. Mengatur Jadwal Makan dengan Baik

Jadwal sarapan, makan siang, hingga makan malam untuk si Kecil harus diatur dengan baik. Ketika ingin memberikan makan, pastikan si Kecil tidak sedang mengantuk atau kelelahan setelah aktivitas, karena si Kecil akan lebih susah untuk makan. Memberikan makanan ringan pada si kecil juga dapat dijadwalkan, namun jangan terlalu banyak, karena si kecil memiliki perut yang lebih kecil sehingga mudah kenyang.

  1. Libatkan Si kecil dalam Menyiapkan Makanan

Dengan melibatkan si Kecil dalam menyiapkan makanan, maka ia akan lebih bersemangat untuk makan. Makanan yang disajikan boleh makanan dengan variasi baru, sehingga si Kecil juga tidak bosan untuk makan.

 

Nah, itu dia cara mengatasi si kecil susah makan. Namun, selain menggunakan cara-cara yang telah disebutkan, orang tua dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengecek status pertumbuhan pada si kecil yang susah makan.  Kemungkinan si kecil akan diresepkan produk oral nutritional supplement, seperti PediaComplete. Perlu diketahui bahwa PediaComplete dapat dibeli hanya berdasarkan rekomendasi dokter anak dan dijual di apotek, toko obat berlisensi, dan official store Abbott di e-commerce.

PediaSure Complete kini berganti nama menjadi PediaComplete dengan formula yang disempurnakan. PediaComplete sama saja dengan PediaSure Complete. Dengan ini, si kecil susah makan dapat dibantu dengan konsumsi susu untuk pemenuhan nutrisinya. Kandungan PediaComplete dilengkapi dengan kalori yang lebih tinggi 1 kk, AA dan DHA, campuran lemak nabati, rendah laktosa, 14 vitamin dan 9 mineral, yang baik bagi pertumbuhan si kecil. Untuk informasi lebih lengkap mengenai harga PediaComplete, Anda dapat mengaksesnya melalui website PediaSure.

 

SUMBER:

Picky Toddler Not Eating? Here’s What’s Normal and What’s Not. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://www.yummytoddlerfood.com/what-to-do-when-a-toddler-wont-eat/

Lack of Food Can Affect a Child’s Learning Abilities | University of Utah Health. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=0_06s5mo3y

4 Gangguan Perkembangan Si kecil yang Harus Diwaspadai. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/4-gangguan-perkembangan-anak-yang-harus-diwaspadai

What Can You Do If Your Child Refuses to Eat Anything? (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://www.healthline.com/health/parenting/child-refuses-to-eat-anything#mealtime-tips

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop