Dari UHT Hingga Bubuk, Yuk, Cari Tahu Jenis Susu Penambah Berat Badan!

Dari UHT Hingga Bubuk, Yuk, Cari Tahu Jenis Susu Penambah Berat Badan!

1 minggu yang lalu
Dibaca 114

Susu bubuk dan susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun ke atas menjadi semakin populer dan jadi andalan para orangtua belakangan. Kedua susu olahan ini menjadi andalan karena masa simpan lebih lama dibandingkan susu segar yang hanya mampu bertahan dalam hitungan jam atau hari dalam suhu ruang.

 

Baik susu bubuk maupun UHT sama-sama diproses agar aman dikonsumsi serta memiliki masa simpan berbulan-bulan hingga tahunan.

 

Berikut ini akan dijelaskan berbagai hal mendasar dari susu bubuk dan UHT. Akan tetapi, sebelum kita mengenali jenis-jenis susu berdasarkan cara pemrosesannya, yuk, ketahui dulu cara menambah berat badan dengan susu!

 

Menambah Berat Badan dengan Susu

Susu adalah sumber asupan bergizi, dalam bentuk cairan, yang banyak mengandung kalsium, protein, vitamin A, vitamin B, dan mineral zinc yang baik bagi tubuh.

 

Tak hanya kaya nutrisi, susu juga tinggi kalori sehingga bisa membantu menambah berat badan agar ideal. Seperti diketahui, cara menambah berat badan secara alami salah satunya lewat mengonsumsi asupan tinggi kalori sekaligus bergizi tinggi.

 

Makanan cepat saji, gorengan, makanan ringan, atau permen sebenarnya juga termasuk makanan tinggi kalori. Sayangnya, makanan tersebut cenderung minim zat gizi.

 

Selain tinggi kalori, kandungan protein dan kasein dalam susu juga membantu membangun otot tubuh. Dengan begini, susu bisa membantu meningkatkan berat badan secara sehat sebab tanpa disertai penumpukan lemak berlebihan di dalam tubuh.

 

Baca Juga: Daftar Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO

 

Memahami Susu UHT Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun

Susu UHT atau ultra high temperature adalah jenis susu olahan yang cara pembuatannya dipanaskan agar lebih awet dan steril bebas kuman.

 

Proses pembuatan susu UHT dilakukan dengan dipanaskan di suhu 138 sampai 150 derajat Celcius selama 1 sampai 2 detik.

 

Setelah dipanaskan, susu dikemas dalam wadah khusus bebas mikroorganisme, lalu ditutup rapat. Sehingga, susu terjaga kebersihannya. Dengan proses pengawetan alami tersebut, susu UHT mampu bertahan sekitar 6 bulan saat disimpan di luar kulkas atau di suhu ruang.

 

Selepas menyimak penjelasan di atas, Ibu barangkali bertanya-tanya, apa bedanya susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun ke atas dengan susu pasteurisasi?

 

Baca Juga: Susu UHT Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun

 

Perbedaan Susu UHT dengan Susu Pasteurisasi dan Full Cream

Kedua susu tersebut sebenarnya hampir serupa karena sama-sama susu olahan yang diawetkan secara alami dengan cara dipanaskan.

 

Perbedaan susu UHT dan pasteurisasi terletak pada proses pasteurisasi yang dipanaskan di suhu 63 derajat Celcius selama 30 menit, atau di suhu 72 derajat Celcius selama 15 detik.

 

Proses ini juga bisa membasmi kuman biang penyakit dan bakteri penyebab susu basi. Namun, susu pasteurisasi masa simpannya kurang dari sebulan, jauh lebih singkat dibanding susu UHT.

 

Sedangkan Full cream adalah jenis susu yang dengan komposisi lemak 3,25 persen.Susu UHT ada yang termasuk jenis full cream. Selain itu, ada juga susu full cream yang diolah dengan UHT atau pasteurisasi.

 

Apa Itu Susu Bubuk dan Bagaimana Proses Pembuatannya?

Susu bubuk adalah jenis susu yang cara penyajiannya perlu dilarutkan dengan air atau cairan.

Proses pembuatan susu bubuk dilakukan dalam tiga tahap. Susu dimasak dulu sampai matang, lantas diuapkan, baru dikeringkan untuk menghilangkan kandungan air dalam susu.

 

Dengan memangkas kandungan air susu sampai kurang dari 3 persen, susu bubuk jadi lebih awet dan tidak rusak sampai beberapa tahun. Perlu Ibu ketahui, kadar air yang rendah ini bisa menghambat pertumbuhan mikroba penyebab susu basi.

 

Proses pembuatan susu bubuk juga dapat mempertahankan tingkat nutrisi alami susu. Sehingga, jenis susu ini tetap terjaga zat gizinya dan praktis disimpan karena tidak perlu dimasukkan ke kulkas atau lemari pendingin.

 

Jenis susu yang digunakan untuk pembuatan susu bubuk bervariasi, salah satunya susu full cream atau yang memiliki kandungan lemak paling tinggi.

 

Mengingat kandungan nutrisi susu bubuk lebih terjaga, sejumlah produsen menambahkan atau, istilahnya, memfortifikasi susu bubuk dengan zat gizi lain, seperti kalsium, zat besi, folat, AHA, DHA, atau aneka vitamin.

 

Tambahan formula ini membuat beberapa susu bubuk bisa dimanfaatkan untuk tujuan tertentu, misalkan mencukupi gizi bayi prematur sampai menambah berat badan anak yang belum ideal.

 

Cara Memilih Susu UHT dan Bubuk yang Aman untuk Anak

Setelah mengenali jenisnya, Ibu juga perlu mengetahui panduan memilih susu bubuk dan susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun yang sesuai bagi si Kecil berikut ini:

 

1. Perhatikan Nutrisi Susu

Setiap anak memiliki tonggak pertumbuhan yang perlu dicapai sesuai usianya. Nah, setiap usia ini biasanya memiliki kebutuhan gizi berbeda-beda.

 

Untuk itu, Ibu perlu cermat memilih susu yang nutrisinya dapat membantu menunjang tumbuh kembang anak. Jangan lupa cek kandungan zat gizi yang terdapat dalam susu UHT atau susu bubuk.

 

Beberapa nutrisi penting ini di antaranya protein, kalsium, kalium, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, fosfor, vitamin B2, dan vitamin B3.

 

2. Pilih Jenis Sesuai Kebutuhan Anak

Capaian tumbuh kembang anak bervariasi. Ada anak yang tinggi dan berat badannya belum ideal sehingga perlu nutrisi tambahan seperti susu UHT atau susu bubuk. Jadi, jenis susu yang diberikan untuk anak perlu disesuaikan dengan kondisi si Kecil.

 

Sebagai contoh, untuk susu bubuk dan susu UHT yang bikin gemuk, berikan jenis full cream atau yang tinggi protein sebanyak dua gelas per hari atau sesuai anjuran dokter yang menangani.

 

3. Sajikan Tanpa Ditambah Gula Lagi

Umumnya, susu bubuk dan susu UHT untuk anak 1 tahun ke atas tidak perlu lagi ditambahkan gula sebab susu tersebut sudah memiliki rasa tertentu seperti cokelat, stroberi, atau vanila yang disukai si Kecil.

 

Makanya, untuk jenis susu yang sudah diberi perasa, Ibu sebaiknya tidak menambahkan gula lagi saat menyajikan susu untuk anak. Dengan begitu, konsumsi gula anak tidak berlebihan.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan PediaSure

Ibu yang ingin memberikan nutrisi harian untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil secara optimal bisa memberikan PediaSure.

 

Nutrisi tambahan PediaSure diperkaya dengan 3 sumber protein, arginine, vitamin K2, dan tinggi kalsium untuk membantu buah hati mencapai tonggak pertumbuhannya.

 

PediaSure juga mengandung campuran sinbiotik prebiotik FOS, probiotik L.acidophilus, 14 macam vitamin, dan 9 mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar si Kecil tidak gampang sakit.

 

Selain itu, kandungan omega 3 dan omega 6, AA, dan DHA dalam nutrisi tambahan ini juga menunjang kemampuan berpikir anak.

 

Untuk memetik manfaat optimal nutrisi tambahan ini, Ibu bisa memberikan 4 sendok takar PediaSure yang diberi campuran 190 Mililiter air matang sebanyak 2 kali sehari. Atau, berikan sesuai anjuran dokter anak yang menangani.

 

Kabar baik lainnya, PediaSure tersedia dalam empat pilihan rasa sesuai selera favorit anak, yaitu classic milky (400 gram), vanilla, madu, dan coklat.

 

Setelah memahami sejumlah aneka informasi susu bubuk dan susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun di atas, diharapkan ibu lebih aware serta mampu menyesuaikan dengan kebutuhan si Kecil. Sehingga susu yang diminum memiliki efek signifikan bagi tumbuh kembang optimal si Kecil.

 

 

SUMBER:

Key Message 7 - Consume adequate amounts of milk and milk products - Portal Rasmi KEMENTERIAN KESIHATAN MALAYSIA. Retrieved 28 July 2022, from https://www.moh.gov.my/moh/images/gallery/Garispanduan/diet/km7.pdf

Milk | The Nutrition Source - Harvard T.H. Chan School of Public Health . Retrieved 28 July 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/milk/ 

Milk 101: Nutrition Facts and Health Effects - Healthline . Retrieved 28 July 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/milk 

Milk for Gaining Weight: Does It Work? - Nutrition - Healthline . Retrieved 28 July 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/milk-and-weight-gain#nutrition 

UHT Milk: What is Ultra-High Temperature Milk? - U.S. Dairy . Retrieved 28 July 2022, from https://www.usdairy.com/news-articles/uht-milk-what-is-ultra-high-temperature-milk 

ultra-high-temperature pasteurization | food processing - Britannica . Retrieved 28 July 2022, from https://www.britannica.com/topic/ultra-high-temperature-pasteurization 

pasteurization | Definition, Process, Inventor, & Facts - Britannica. Retrieved 28 July 2022, from https://www.britannica.com/technology/pasteurization 

Which Is Better: Whole Milk or Skim Milk? - Nutrition - Healthline. Retrieved 28 July 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/whole-vs-skim-milk#TOC_TITLE_HDR_2 

How do they make powdered milk that I purchase from the supermarket? Is it as good for you as fresh milk skinny milk? - Dairy Australia . Retrieved 28 July 2022, from https://www.dairy.com.au/dairy-matters/you-ask-we-answer/how-do-they-make-powdered-milk-that-i-purchase-from-the-supermarket

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Inilah 5 Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Anak. Ibu Wajib Tahu!
Inilah 5 Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Anak. Ibu Wajib Tahu!
Apa saja faktor yang memengaruhi perkembangan anak? Cari tahu informasi di sini!
7 bulan yang lalu
10 Cara Mudah dan Seru Mengajarkan Anak Membaca
10 Cara Mudah dan Seru Mengajarkan Anak Membaca
Umumnya, anak mulai membaca saat memasuki usia sekolah. Tapi, bagaimana ya cara mudah untuk mengajarkan anak membaca? Yuk simak di sini!
1 minggu yang lalu
Waspadai Penyakit yang Jadi Penyebab Demam Tinggi Serta Cara Mengatasinya Berikut Ini
Waspadai Penyakit yang Jadi Penyebab Demam Tinggi Serta Cara Mengatasinya Berikut Ini
Ibu, lakukan langkah penanganan atau preventif yang tepat ketika si Kecil mengalami penyebab demam tinggi berikut. Simak informasinya!
10 bulan yang lalu