Kandungan yang Wajib Ada pada Susu Formula untuk Anak 1-5 Tahun

Kandungan yang Wajib Ada pada Susu Formula untuk Anak 1-5 Tahun

2 minggu yang lalu

Memasuki usia satu tahun si kecil, ibu dapat menambahkan susu formula pada menu hariannya. American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar anak-anak usia 12 hingga 24 bulan sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2 hingga 3 gelas susu setiap hari.

 

Pasalnya, jika terlalu banyak mengonsumsi susu, si Kecil jadi mudah merasa kenyang dan membuat mereka jadi sedikit mengonsumsi makanan padat lainnya. Memilih susu formula untuk anak tidak bisa sembarangan lho. Ibu perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalam susu formula untuk anak.

 

Apa saja ya kandungan yang sebaiknya ada di susu formula untuk anak? Mari simak informasinya di bawah ini.

 

1. Kandungan pada Susu Formula untuk Anak demi Mendukung Pertumbuhan Fisik

 

Protein & Tinggi Kalsium

 

   Protein. Otot, organ, dan sistem kekebalan dibangun dari protein. Protein berperan dalam membangun, memelihara, dan menggantikan jaringan yang berada di dalam tubuh serta membantu perbaikan dan pemulihan jaringan di otot, kulit, organ, darah, rambut, dan kuku.

 

   Kalsium merupakan mineral yang bagus untuk membangun tulang yang kuat, mendukung kinerja otot dan saraf, dan membantu menjaga kesehatan gigi serta jantung.

 

2. Kandungan pada Susu Formula untuk Anak demi Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

     Vitamin A dan E berfungsi menjaga kesehatan mata dan kulit serta membantu tubuh melawan infeksi.

 

  Vitamin C bertugas untuk membangun kolagen, membantu proses penyerapan zat besi dari makanan, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan gusi.

 

  Vitamin D berperan dalam proses penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi si Kecil. Kombinasi antara vitamin D dan kalsium baik untuk membangun tulang dan menjaganya tetap kuat. Vitamin D juga bagus untuk membantu penyembuhan tulang setelah si Kecil mengalami cedera atau operasi, dan menjaga kesehatan jantung.

 

   Zinc atau yang juga disebut seng sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tinggi, berat badan anak, otak dan berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

 

  Selenium dalam tubuh bertugas melindungi sel-sel imun dari kerusakan serta melawan infeksi dan mengurangi peradangan.

 

3. Kandungan pada Susu Formula untuk Anak demi Membantu Mendukung Perkembangan Otak

 

DHA & AA. DHA (Docosehaxaenoic Acid) dan AA (Arachidonic Acid). Keduanya termasuk asam lemak tak jenuh dalam rantai panjang yang sangat penting dalam proses pembentukan sistem imun, otak, jaringan penglihatan dan saraf.

Omega 3 & Omega 6. Keduanya menjadi salah satu jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi dalam tubuh. Kegunaan dari omega 3 dan omega 6 untuk membuat konsentrasi dan daya ingat lebih meningkat serta memelihara perkembangan sel-sel dan saraf otak.

 

Semua nutrisi yang perlu ada di susu formula untuk anak di atas terdapat di PediaSure. PediaSure ini diformulasikan secara ilmiah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak serta mendukung proses pertumbuhan.

 

PediaSure yang tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu PediaSure Coklat (400g), PediaSure Madu (200g, 400g, 850g), PediaSure vanila (200g, 400g, 850g, 1800g). Ibu bisa membeli PediaSure di supermarket terdekat dari tempat tinggal, jika ibu ingin mendapatkan informasi mengenai pertumbuhan anak dan produk PediaSure kunjungi https://www.pediasure.co.id/.

 

Sumber:

     Very Well Family. The best type of milk to give to children of various ages. (n.d.). Retrieved 6 May 2021, from https://www.verywellfamily.com/got-skim-milk-2634526

NHS UK. What to feed young children. (2020, December 7). Retrieved 6 May 2021 from https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/what-to-feed-young-children/

 Healthline. Kubala, J. (n.d.). 7 science-based health benefits of selenium. Retrieved 6 May 2021 from  https://www.healthline.com/nutrition/selenium-benefits#6.-Boosts-your-immune-system

        Kids Health. Calcium. (n.d.). Retrieved 6 May 2021 from https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html

        Kids Health. Vitamin D. (n.d.). Retrieved 6 May 2021 from https://kidshealth.org/en/parents/vitamin-d.html

    Kids Health . Word! Protein. (n.d.). Retrieved 6 May 2021 from https://kidshealth.org/en/kids/protein-def.html

Webmd. Zinc helps kids grow. (2002, May 24). 6 May 2021 Retrieved from https://www.webmd.com/children/news/20020524/zinc-helps-kids-grow#:~:text=Zinc%20is%20vital%20for%20the,other%20processes%20in%

●  RaisingChildren. Vitamins and minerals. (2020, September 24). 6 May 2021 Retrieved from https://raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/vitamins-minerals

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop