4 Kegiatan Kreatif Anak TK untuk Dukung Perkembangannya

4 Kegiatan Kreatif Anak TK untuk Dukung Perkembangannya

3 bulan yang lalu

Perkembangan pada anak terdiri dari berbagai aspek, seperti aspek motorik, kognitif, dan emosional. Aspek perkembangan motorik pada anak terdapat pada koordinasi gerak dan keseimbangan pada anak yang terdiri dari motorik halus dan motorik kasar.  

Kemudian, aspek perkembangan kognitif memiliki ruang lingkup perkembangan yang fokus pada pemikiran, penalaran, penggunaan bahasa, pemecahan masalah, dan pengolahan informasi pada anak. Dan yang terakhir, aspek perkembangan emosional, aspek perkembangan ini melibatkan perkembangan emosi anak seperti bagaimana mereka membedakan dan mengekspresikan emosinya, serta pemahaman akan keadaan emosi yang ada pada orang lain.

Perilaku anak terbentuk berdasarkan aspek-aspek perkembangan yang telah dijelaskan di atas, mulai dari perilaku di usianya sekarang hingga usia dewasa nanti. Maka dari itu, penting sekali orang tua untuk membantu anak dalam mendukung perkembangannya.

Tidak sulit untuk memberikan stimulus untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan pada anak. Kegiatan kreatif untuk anak TK di bawah ini akan menjadi acuan orang tua untuk mendukung perkembangan si Kecil di usianya. Yuk disimak!

1. Design Your Own Planet

Kegiatan ini dilakukan dengan si Kecil membuat planet baru di tata surya sesuai dengan imajinasinya. Si Kecil dapat membuat planet baru ini dimulai dengan berkreasi tangan dalam membentuk bentuk planet, bahan-bahan yang digunakan seperti bola, koran, cat air, dan lain-lain.

Kegiatan kreatif untuk anak TK ini dilakukan dengan menciptakan planet baru dengan kerajinan tangannya, hal itu dapat melatih perkembangan motorik si Kecil. Setelah membuat miniatur planetnya, si Kecil dapat membayangkan dan menuliskan siapa saja penghuninya, apa satelitnya, dan lain-lain sesuai dengan imajinasinya. Mengembangkan imajinasi dapat membantu perkembangan kognitif dan emosional si Kecil, lho.

2. Menceritakan Dongeng

Dongeng yang diceritakan pada si Kecil tidak selalu dongeng para tokoh-tokoh zaman dahulu, namun kisah bagaimana orang tua bertumbuh dewasa juga akan menarik perhatian si Kecil. Dengan berbagi cerita bagaimana orang tua bertumbuh dewasa, si Kecil akan memahami bagaimana perubahan pengalaman dari waktu ke waktu, serta  memberikan pemahaman tentang keluarga dan perbedaan-perbedaan yang terdapat antar generasi.

Cerita-cerita ini dapat dituliskan kembali di dalam jurnal keluarga yang disimpan oleh si Kecil. Mendengarkan cerita dapat membantu perkembangan kognitif si Kecil serta bagaimana ia memahaminya akan membantu perkembangan emosinya.

3. Rocket Like Mae Jemison

Mae Jemison adalah astronot afrika-amerika pertama yang pergi ke luar angkasa dengan Space Shuttle Endeavor pada tahun 1992. Rocket Like Mae Jemison ini dapat dibuat dengan kertas kosong, kemudian si Kecil menggunting, menggambar, mewarnai roket di kertas sesuai dengan imajinasinya.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kegiatan kreatif untuk anak TK dengan membiarkan si Kecil berimajinasi dapat membantu perkembangan kognitif si Kecil. Kemudian, mengenang tokoh inspiratif dapat melatih perkembangan emosi anak. Yang terakhir, jangan lupakan bahwa aktivitas kerajinan tangan juga membantu perkembangan motorik si Kecil.

4. Misty Copeland Portraits

Tokoh yang sama dari afrika-amerika yaitu Misty Copeland. Beliau adalah balerina asal afrika-amerika yang kisahnya terdapat pada buku Firebird. Si Kecil dapat membaca buku Firebird terlebih dahulu untuk mengetahui perjalanan dan pencapaian dari Misty Copeland.

Setelah membaca dan memahami isi dari buku Firebird tentang Misty Copeland, si Kecil dapat memulai untuk menggambar dan mewarnai potret Misty Copeland sesuai dengan imajinasinya berdasarkan moral dari kisah tentang beliau yang bisa diambil. Berimajinasi, menggambar, dan mewarnai dapat melatih perkembangan kognitif dan motorik si Kecil, mengulas kisah Misty Copeland juga dapat melatih perkembangan emosionalnya. Tokoh-tokoh yang digunakan dalam dua kegiatan untuk anak TK dapat orang tua ganti dan disesuaikan dengan tokoh-tokoh yang si Kecil lebih familiar.

Kegiatan kreatif untuk anak TK yang sudah dijelaskan di atas sudah pasti seru, namun kegiatan-kegiatan yang menunjang perkembangan si Kecil belum cukup kalau belum dipenuhi nutrisi yang cukup. Perkembangan motorik, kognitif, dan emosional si Kecil juga harus dipenuhi nutrisi yang cukup dan PediaSure dapat membantu memenuhi nutrisi si Kecil.

PediaSure untuk usia pra sekolah yang dapat diberikan sebanyak 2 kali sehari dengan kandungan triple protein, 12 vitamin, 8 mineral dan tinggi kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. PediaSure tersedia di supermarket dan toko susu sekitar Andam dan untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar pertumbuhan si kecil dan informasi produk kunjungi www.pediasure.co.id .

 

 

SUMBER:

·         EI Families - Early Intervention. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.eifamilies.com/developmental-domains

·         Kindergarten Activities for Kids | Education.com. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.education.com/activity/kindergarten/

·         Telling tales | Parenting. (n.d.). Retrieved May 9, 2021, from https://www.greatschools.org/gk/articles/telling-tales/

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop