Kenapa Si Kecil Perlu Minum Susu Setiap Hari?

Kenapa Si Kecil Perlu Minum Susu Setiap Hari?

11 bulan yang lalu

Masih ingatkah Bunda dengan konsep Empat Sehat Lima Sempurna? Dari konsep tersebut, sebagian besar orang jadi tahu betapa pentingnya susu sebagai sumber nutrisi, termasuk untuk pertumbuhan anak. Meski demikian, mungkin Bunda masih bertanya-tanya tentang manfaat dari minum susu ketika diminum setiap hari. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat minum susu setiap hari untuk tumbuh kembang anak

Pola makan seimbang dan kaya akan nutrisi sangat dibutuhkan anak demi tumbuh kembang yang optimal. Sayangnya, hal ini sulit untuk dilakukan apabila hanya mengandalkan makanan pokok saja. Oleh karena itu, susu menjadi salah satu solusi membantu mengatasi hal ini.

Berikut beberapa kebaikan atau manfaat minum susu setiap hari untuk anak yang perlu Ibu ketahui.

Membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang

Susu dipercaya dapat membantu anak tumbuh tinggi dan ini terbukti secara ilmiah. Hal ini dikarenakan susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik.

Seperti dikutip dari Clevelandclinic.org, setiap anak membutuhkan asupan kalsium harian untuk mendukung pertumbuhan tulang yang optimal. Dengan tulang yang kuat, si Kecil juga dapat menurunkan risiko mengalami masalah pada tulang di kemudian hari, seperti osteoporosis.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019 yang diterbitkan oleh Kemenkes RI, berikut panduan kebutuhan kalsium anak berdasarkan usia:

  • 0-5 bulan: 200 mg
  • 6-11 bulan: 270 mg
  • 1-3 tahun: 650 mg
  • 4-9 tahun: 1000 mg
  • 10-12 tahun: 1200 mg

Berdasarkan sebuah jurnal yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition, terdapat penelitian yang diikuti oleh 122 anak. Hasilnya, terdapat perbedaan tinggi badan yang cukup terlihat di antara anak-anak yang minum susu lebih dari 500ml per hari dibandingkan anak-anak yang minum susu kurang dari 500ml per hari. Karena itu, jelas bahwa susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan tinggi anak.

Sebagai sumber berbagai jenis vitamin dan mineral

Seperti disebutkan di atas, salah satu kandungan mineral yang terkandung dalam susu adalah kalsium. Namun, tak hanya itu saja. Masih banyak berbagai jenis vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi tubuh jika anak minum susu setiap hari.

Dilansir pada jurnal yang diterbitkan pada tahun 2019, beberapa kandungan yang terdapat pada susu di antaranya:

  • Vitamin B12
  • Vitamin A
  • Potasium
  • Magnesium
  • Asam amino

Masing-masing vitamin dan mineral yang didapat dengan minum susu tersebut memiliki manfaat dalam tubuh anak untuk menjaga dan mendorong pertumbuhannya.

Contohnya, asupan vitamin A harian yang cukup dapat membantu fungsi daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah terkena infeksi dan sakit. Selain itu, vitamin ini bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

PediaSure merupakan susu pertumbuhan anak yang mengandung 12 vitamin dan 8 mineral. Berdasarkan hasil survei Home Tester Club Indonesia kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama Desember 2019-Maret 2020, sebanyak 9 dari 10 ibu Home Tester setuju, PediaSure mendukung daya tahan tubuh si Kecil lebih baik.

Minum susu dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan otak

Sebagian Ibu mungkin sudah tahu pentingnya asupan asam lemak Omega-3 dan 6 untuk anak. Omega-3 bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan otak. Selain itu, asam lemak ini juga berfungsi dalam proses pembentukan sel baru pada sistem saraf pusat dan jantung serta membantu tubuh lebih mudah menyerap nutrisi lain.

Bahkan AKG 2019 pun mencantumkan asam lemak ini sebagai salah satu nutrisi yang perlu diberikan pada anak setiap hari. AKG menganjurkan anak yang berusia 1-9 tahun untuk mengonsumsi omega-3 sebanyak 0.7-0.9 gram dan omega-6 sebanyak 7-10 gram per hari.

Solusinya adalah Ibu memastikan anak minum susu yang dapat memberikan manfaat lengkap karena mengandung asam lemak tersebut. Salah satu susu yang tak hanya kaya akan vitamin dan mineral tetapi juga mengandung omega-3 dan 6 adalah Pediasure.

Oleh karena itu, pilihlah susu pertumbuhan Pediasure karena mengandung 12 vitamin dan 8 mineral termasuk kalsium, tiga sumber bahan protein dan yang tidak kalah penting yaitu omega-3 dan 6 anak asalkan dikonsumsi secara rutin sebanyak dua kali sehari.

Susu dapat menjadi sumber nutrisi penting bagi anak dengan catatan Ibu cermat dan teliti memilih produk yang tepat.

Sumber:

Children’s Health Team - Health Essentials from Cleveland Clinic. (2015, September 29). What to Do When Your Child Won’t Drink Milk. Retrieved June 5, 2020, from https://health.clevelandclinic.org/child-wont-drink-milk/

Okada, T. (2004). Effect of cow milk consumption on longitudinal height gain in children. The American Journal of Clinical Nutrition, 80(4), 1088–1089. https://doi.org/10.1093/ajcn/80.4.1088a

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA. Retrieved from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

NHS Choices. (2020). What to feed young children - Your pregnancy and baby guide. Retrieved June 5, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/understanding-food-groups/

Górska-Warsewicz, H., Rejman, K., Laskowski, W., & Czeczotko, M. (2019). Milk and Dairy Products and Their Nutritional Contribution to the Average Polish Diet. Nutrients, 11(8), 1771. https://doi.org/10.3390/nu11081771

*Berdasarkan hasil survei Home Tester Club Indonesia kepada 308 responden setelah mengonsumsi PediaSure selama Desember 2019 - Maret 2020.

Eatright.org. (2019). Do Kids Need Omega-3 Fats? Retrieved June 5, 2020, from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/do-kids-need-omega-3-fats

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop