Latih Perkembangan Otak Anak Lewat 5 Kegiatan Seru di Rumah!

Latih Perkembangan Otak Anak Lewat 5 Kegiatan Seru di Rumah!

2 bulan yang lalu

Perkembangan otak anak memiliki kaitan yang cukup erat dengan kemampuan perkembangannya, mulai dari kemampuan fisik dan motorik, sosial dan emosional, bahasa dan komunikasi, serta kognitif. Orang tua sebaiknya sudah memahami tahapan perkembangan anak sejak dini, sehingga kemampuan si Kecil dapat dikembangkan dengan baik.

Dengan melatih perkembangan otak anak sejak dini, si Kecil akan tubuh menjadi dewasa yang sehat, cakap, dan sukses di kemudian hari. Orang tua tidak perlu bergantung pada kegiatan sekolah si Kecil untuk melatih perkembangannya, karena melatih perkembangan otak anak dapat dilakukan di rumah, lho. Simak 5 kegiatan kreatif untuk anak TK yang seru serta dapat dilakukan di rumah untuk melatih perkembangan otak anak!

 

Menyusun Puzzle

Orang tua dapat menyediakan permainan puzzle bergambar untuk si Kecil dan bermain bersama di Rumah. Dengan menyusun puzzle, si Kecil harus melihat potongan-potongan dari gambar yang telah terpisah dan berbeda-beda, kemudian mencari tahu bagaimana cara menyusun kembali menjadi gambar yang sempurna. Dengan begini, menyusun puzzle dapat melatih perkembangan otak si Kecil dan meningkatkan kemampuan kognitifnya.

 

Belajar Bahasa Baru dan Menuliskan Kosakata

Daya ingat si Kecil dapat ditingkatkan dengan mempelajari bahasa baru. Pada usia tersebut, belajar bahasa baru dapat membantu si Kecil untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi mentalnya. Berbahasa lebih dari satu juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, membentuk memori yang lebih baik, dan kreativitas si Kecil.

Belajar bahasa baru dapat dibersamai dengan menuliskan kosakatanya. Dengan mencatat kosakata, hal tersebut dapat merangsang otak si Kecil. Belajar bahasa baru dapat memperkaya kosakata dan dapat mengembangkan pemrosesan visual dan pendengaran si Kecil.

Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan buku kecil untuk anak, kemudian minta ia untuk menuliskan kosakata bahasa baru yang didapatkannya ke dalam buku kecil tersebut.

 

Belajar Skill Baru

Mempelajari skill baru dapat melatih perkembangan otak anak, karena dapat meningkatkan fungsi memori dan memperkuat koneksi di otak si Kecil. Biarkan si Kecil mengeksplor hal-hal yang ingin ia lakukan, misalnya memasak, jadikan memasak itu keahlian barunya, orang tua dapat mengarahkan si Kecil untuk memasukan bumbu-bumbu sesuai dengan resep yang telah dimiliki.

Selain memasak, orang tua dapat mengajarkan si Kecil untuk merawat tanaman dan kebun, seperti menyiram tanaman dengan air, menggunting rumput, atau menanam tanaman baru. Ajari si Kecil skill baru tersebut dengan mempraktikkannya bersama, kemudian si Kecil juga bisa diarahkan untuk mengajarkan skill tersebut kepada orang lain, misalnya kakak atau adik.

Hal-hal tersebut tidak hanya melatih kemampuan kognitif, namun dapat melatih kemampuan fisik dan motorik serta bahasa dan komunikasi si Kecil.

 

Belajar Bermain Alat Musik atau Bernyanyi

Kreativitas si Kecil dapat ditingkatkan sejak dini dengan diberikan stimulasi untuk bermain alat musik dan mendengarkan lagu-lagu yang kemudian dinyanyikan kembali. Bermusik juga kegiatan yang menyenangkan, sehingga si Kecil tidak mudah bosan ketika melakukannya.

Jika orang tua bisa memainkan alat musik seperti gitar, piano, drum, atau yang lainnya, ajarilah si Kecil bermain alat-alat musik tersebut untuk meningkatkan kreativitas dan kekuatan otaknya. Hanya bernyanyi sambil mendengarkan lagu juga tidak menjadi masalah sebab keduanya juga membantu si Kecil untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya daripada hanya berdiam diri.

 

Meditasi

Ajak si Kecil untuk meditasi bersama, karena dengan dilakukannya meditasi, tubuh akan menjadi tenang dan dapat mengurangi stress serta kecemasan. Hal ini berkaitan dengan kemampuan emosionalnya. Meditasi juga dapat membantu si Kecil untuk menyempurnakan ingatannya dan meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi yang didapatkan. Meditasi dengan si Kecil dapat dilakukan di tempat tenang dengan menutup mata, dan bisa dilakukan 5 menit setiap harinya.

Itulah 5 kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih perkembangan otak anak. Selain melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, orang tua dapat memberikan dukungan tambahan dengan memberikan susu penambah kecerdasan otak anak.

PediaSure dengan triple protein formula mendukung perkembangan kognitif si Kecil, dilengkapi dengan 12 vitamin dan 8 mineral seperti zat besi, zinc, selenium, serta Vitamin C, D, E, mega-3 dan 6, AA & DHA yang bisa membantu untuk jaga daya tahan tubuh si Kecil. PediaSure pun dilengkapi berbagai varian, mulai dari PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat. Harga PediaSure sendiri dapat dilihat di website PediaSure, karena akan ada harga spesial dan potongan dalam periode waktu tertentu.

 

SUMBER

Brain Development - First Things First. (n.d.). Retrieved August 4, 2021, from https://www.firstthingsfirst.org/early-childhood-matters/brain-development/

Brain Exercises: 13 Ways to Boost Memory, Focus, and Mental Skills. (n.d.). Retrieved August 4, 2021, from https://www.healthline.com/health/mental-health/brain-exercises

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop