Daftar Lengkap Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

Daftar Lengkap Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

1 minggu yang lalu
Dibaca 69

Kecerdasan anak dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Selain faktor genetik dan pengasuhan, makanan yang dikonsumsi si Kecil juga memengaruhi kecerdasan otak lho, Bu.

Nutrisi dalam makanan bahkan memainkan peran kunci dalam konsentrasi dan pembelajaran si kecil.

Lantas, makanan untuk otak itu yang seperti apa sih?

Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral adalah makanan yang bisa membuat otak cerdas. Kandungan nutrisi tersebut bisa didapat dari telur, ikan, berbagai jenis sayuran, hingga susu untuk kecerdasan otak anak.

Selain nutrisi tadi, masih ada lagi beberapa faktor lain yang memengaruhi kecerdasan otak hingga makanan untuk kecerdasan otak anak. Yuk , cari tahu di sini!

Faktor yang Memengaruhi Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan adalah kemampuan  belajar dari pengalaman dan beradaptasi dengan lingkungan.

Unsur kecerdasan meliputi kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, hingga memahami ide-ide yang kompleks.

Kecerdasan dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

1. Kecerdasan Dipengaruhi Faktor Genetik

Kecerdasan seseorang biasanya diukur dengan intelligence quotient (IQ). Banyak penelitian menguji persamaan dan perbedaan IQ dalam sebuah keluarga, terutama pada anak angkat dan anak kembar.

Berbagai penelitian tentang IQ itu menunjukkan bahwa faktor genetik memengaruhi sekitar 50 persen kecerdasan setiap orang.

Dengan kata lain, kecerdasan si kecil dapat dipengaruhi faktor genetis atau kecerdasan dari orang tua kandung.

2. Kecerdasan Dipengaruhi Faktor Lingkungan

Faktor kedua yang penting dalam mendukung kecerdasan anak adalah lingkungan.

Hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan misalnya pola asuh anak, pendidikan, dan tentu saja makanan yang baik untuk kecerdasan otak anak, salah satunya susu untuk kecerdasan otak.

Seberapa besar peran makanan untuk kecerdasan otak anak? Cek info berikut!

Baca Juga: 5 Nutrisi dan Manfaat Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak

Peran Nutrisi Dalam Perkembangan Otak Anak

Tiga tahun pertama kehidupan merupakan saat penting untuk perkembangan otak anak. Sebuah studi menyebutkan, jika otak tidak berkembang optimal dalam periode ini akan berdampak panjang ke pendidikan, pekerjaan, hingga kondisi mental saat dewasa nanti.

Nutrisi yang didapat dari makanan merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan otak sejak dini. Selain baik untuk otak, makanan juga membantu tumbuh kembang dan konsentrasi Si Kecil.

Karena itulah, sangat umum dijumpai nasihat agar rutin minum susu untuk kecerdasan otak anak. Tapi, benarkah begitu? Adakah makanan lain yang mendukung kecerdasan si Kecil? Berikut jawabannya:

1. Telur

Penelitian menunjukkan bahwa kolin sangat penting untuk perkembangan fungsi otak anak. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang-orang di Amerika Serikat memenuhi asupan kolin dari telur.

Artinya, telur bagus untuk kecerdasan otak anak. Studi ini pun didukung penelitian lain yang menyebut bahwa di dalam kuning telur mengandung sekitar 125 miligram (mg) kolin, yang setara dengan setengah kebutuhan anak usia 4-8 tahun.

Anak-anak bisa makan telur rebus untuk sarapan atau telur dadar yang diberi tambahan sayuran.

2. Omega-3 Dalam Ikan

Oily fish atau minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu sel di dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Omega-3 juga mampu memperbaiki struktur sel-sel otak yang disebut neuron.

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa ada hubungan erat antara omega-3 dengan kecerdasan otak dan kemampuan berpikir yang lebih baik.

Ibu, ikan yang mengandung Omega-3 bukan hanya ikan salmon saja. Ikan kembung, tuna, dan ikan sarden yang banyak ditemukan di pasaran juga tinggi Omega-3.

3. Cokelat Hitam atau Dark Chocolate

Cokelat mungkin salah satu camilan kesukaan si kecil. Tapi tahukah ibu, cokelat hitam atau dark chocolate merupakan makanan untuk otak juga lho.

Dark chocolate mengandung kakao. Di dalam kakao terdapat flavonoid, sejenis antioksidan yang penting untuk kesehatan otak.

Menurut studi tahun 2013, dark chocolate dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran. Zat yang terkandung di dalamnya mampu membantu merangsang aliran darah di otak.

Sementara pada studi berbeda di tahun 2018, orang yang mengonsumsi dark chocolate akan mengalami peningkatan fungsi otak. Para peneliti menyimpulkan bahwa makan cokelat hitam dapat meningkatkan plastisitas otak yang penting untuk memori otak.

Baca Juga: Penyebab & 7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kekuatan otak.

Kandungan glukosinolat dalam brokoli termasuk tinggi, Senyawa glukosinolat ini dapat memperlambat pemecahan neurotransmitter, asetilkolin, yang kita butuhkan agar sistem saraf pusat berfungsi dengan baik dan menjaga otak dan ingatan kita tetap tajam.

Sayuran lain yang kaya glukosinolat termasuk kembang kol, kangkung, dan kubis. Ibu juga bisa mendapatkan vitamin K dari hati, keju, dan plum.

5. Buah Beri

Seperti dark chocolate, buah beri juga mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk otak.

Studi tahun 2014 mencatat bahwa senyawa antioksidan dalam buah beri memberi banyak manfaat untuk otak, seperti:

        Meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak

        Mengurangi peradangan di seluruh tubuh

        Membantu sel otak membentuk koneksi, meningkatkan memori

        Mencegah penyakit neurodegeneratif yang disebabkan usia atau penurunan kognitif

Buah beri yang dapat meningkatkan kesehatan otak antara lain:

        Stroberi

        Blackberry

        Bluberi

        Blackcurrant

        Murbei

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan yang baik untuk otak lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Sebab, di dalamnya terdapat asam lemak Omega-3 dan antioksidan.

Penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa asupan kacang yang tinggi berkaitan dengan fungsi otak lebih baik.

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan antioksidan vitamin E, yang melindungi sel dari stres oksidatif karena radikal bebas saat bertambah usia.

7. Asupan Nutrisi Tambahan dalam Susu untuk Bantu Daya Pikir Anak

Ibu juga dapat memberi asupan nutrisi harian si kecil dengan PediaSure. Kenapa PediaSure baik untuk si Kecil? Mari kita membahasnya satu per satu.

PediaSure yang dilengkapi 14 vitamin dan 9 mineral serta campuran sinbiotik yang unik (Prebiotik FOS dan Probiotik L. acidophilus) jadi pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Sedangkan kandungan Omega 3 dan 6 serta AA dan DHA membantu kemampuan berpikir anak agar berkembang dengan baik. Kandungan asupan nutrisi tambahan dalam PediaSure ini mendukung kecerdasan otak anak.

Selain itu, Pediasure juga mendukung pertumbuhan buah hati sejak usia 1 tahun dari 3 sumber protein (kasein, soya, dan whey) atau dikenal sebagai triple protein. Ditambah dengan kandungan Argine, Natural Vitamin K2, dan Kalsium tinggi mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Saat Ibu rutin memberikan asupan makanan dan susu untuk kecerdasan otak anak, maka tumbuh kembang si Kecil jadi optimal. Oleh sebab itu, selalu bersemangat memberikan yang terbaik, ya Bu.

 

 

SUMBER:

What brain foods should kids eat? – Medical News Today. Retrieved 29 July 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/brain-food-for-kids#nutrition-and-brain-development

Is intelligence determined by genetics? – Medline Plus. Retrieved 29 July 2022, from https://medlineplus.gov/genetics/understanding/traits/intelligence/

Should I blame my parents for my IQ? – Science Focus. Retrieved 29 July 2022, from https://www.sciencefocus.com/the-human-body/what-is-intelligence-genetic/

The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days” – NCBI. Retrieved 29 July 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4981537/

Could we be overlooking a potential choline crisis in the United Kingdom? – BMJ Nutritions. Retrieved 29 July 2022, from https://nutrition.bmj.com/content/early/2019/09/03/bmjnph-2019-000037

Usual Choline Intakes Are Associated with Egg and Protein Food Consumption in the United States – MDPI. Retrieved 29 july 2022, from https://www.mdpi.com/2072-6643/9/8/839/htm

Quantitative Erythrocyte Omega-3 EPA Plus DHA Levels are Related to Higher Regional Cerebral Blood Flow on Brain SPECT – PubMed. Retrieved 29 july 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28527220/

The neuroprotective effects of cocoa flavanol and its influence on cognitive performance – NCBI. Retrieved 29 july 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3575938/

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Yuk, Kenali Apa Itu Kemampuan Kognitif & Berbagai Tahapannya!
Yuk, Kenali Apa Itu Kemampuan Kognitif & Berbagai Tahapannya!
Bu, ketahui apa itu kemampuan kognitif anak serta tahapannya. Dengan begitu, Ibu dapat lebih leluasa memberikan stimulasi dan mendukung perkembangannya!
10 bulan yang lalu
8 Kesalahan pada Cara Memberi Makan Anak yang Sering Dihiraukan!
8 Kesalahan pada Cara Memberi Makan Anak yang Sering Dihiraukan!
Memberi makan bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menguji kesabaran. Meski demikian, jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan berikut ya!
8 bulan yang lalu
5 Asupan Bergizi untuk Tinggi Badan Anak
5 Asupan Bergizi untuk Tinggi Badan Anak
Manfaat susu untuk tinggi badan anak sudah menjadi rahasia umum. Tapi, makanan apa lagi yang bisa tingkatkan tinggi badan anak ya?
2 bulan yang lalu