5 Manfaat Membaca Dongeng dalam Perkembangan Si Kecil

5 Manfaat Membaca Dongeng dalam Perkembangan Si Kecil

1 minggu yang lalu

Kemampuan literasi merupakan kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan suatu masalah. Hal ini perlu dikembangan sejak dini, agar anak suka membaca buku dan memperoleh manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. “Tapi, harus mulai dari mana, ya?”

Jawabannya adalah lewat cerita dongeng. Ya, cerita-cerita dongeng bisa Ibu bacakan pada si Kecil atau mereka baca sendiri. Apa pun cara yang dipilih, akan ada manfaat membaca dongeng yang dapat diterima si Kecil, baik dalam jangka pendek maupun hingga mereka beranjak dewasa nanti!

Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Membaca Dongeng bagi si Kecil

Pada setiap tahapan perkembangan anak, membaca dapat dilakukan dalam berbagai cara. Untuk bayi atau batita, Ibu mungkin dapat membacakan cerita kepadanya. Kemudian, jika si Kecil sudah mulai bisa membaca, Ibu dapat memberinya buku sendiri yang dirasa dapat bermanfaat. Apabila dilakukan secara tepat, si Kecil dapat meraih kelima manfaat membaca dongeng di bawah ini. Pelajari lebih lanjut, yuk, Bu!

  1. Peningkatan Kemampuan Kognitif

Untuk mendukung si Kecil pandai dalam berbagai kemamuan berbahasa serta pemecahan masalah, si Kecil perlu dibiasakan melakukan interaksi secara verbal. Salah satu yang termasuk interaksi verbal bukan lain adalah membaca.

  1. Pemahaman Kata yang Meluas

Pada setiap buku, pasti ada berbagai kata-kata baru yang dapat si Kecil baca. Wajar saja, buku anak memang juga dirancang untuk keperluan ini, sehingga berapa pun umur si Kecil, pasti ada saja kata-kata baru yang bisa mereka gunakan sehari-hari.

  1. Rentang Fokus yang Meningkat

Saat dibacakan dongeng, kemampuan pemahaman si Kecil akan terlatih dan hal ini akan melibatkan kemampuan mendengar. Saat mereka mendengar, si Kecil akan cenderung untuk duduk, meningkatkan rentang fokusnya, serta mengembangkan kemampuan memorinya.

  1. Peningkatan Kreativitas

Membaca buku (terutama dengan topik yang baru atau unik) dapat memicu rasa penasaran si Kecil. Dari situ, imajinasi dan kreativitas si Kecil pun akan muncul. Manfaat membaca dongeng ini nantinya bisa dirasakan pada berbagai kegiatan yang si Kecil lakukan.

  1. Pemahaman Seputar Nilai Moral

Nilai moral umumnya ditanamkan pada setiap buku anak-anak. Melalui cerita-cerita yang ada, si Kecil akan memahami mana yang baik dan terpuji serta mana yang buruk dan merugikan.

Cara Membaca Dongeng untuk Buah Hati

Membaca dongeng tidak dibatasi oleh cara-cara tertentu. Ibu dapat melakukan cara yang paling mudah, praktis, dan juga nyaman. Pasalnya, hal ini sangat ditentukan oleh budaya, lokasi, bahasa yang digunakan, dan juga buku yang ada

Sebagai contoh, Ibu mungkin akan lebih nyaman membaca buku dengan Bahasa Indonesia, buku yang memiliki nilai-nilai moral dan rohani, ataupun buku yang menggunakan rima. Bahkan, ada beberapa ibu yang justru memilih menceritakan lagi lewat menyanyikan lagu dibandingkan membaca buku dongeng. Keputusan ini sah-sah saja karena yang penting adalah kegiatan yang dipilih dapat memberikan stimulasi pada otak si Kecil.

Nah, agar manfaat membaca dongeng bisa diraih di setiap tahapan perkembangan anak, baca tips singkat berikut ini, yuk, Bu!

    Dukung dan jangan dipaksa — Agar kegiatan membaca dapat menjadi hobi dan kebiasaan, pastikan untuk mendukung si Kecil dengan memberinya buku yang menyenangkan. Lalu, hindari memaksa si Kecil karena hal ini justru dapat memberikan tekanan baginya.

    Lakukan secara konsisten — Pastikan untuk membiasakan si Kecil baca setiap hari, berapa pun buku atau halaman yang dibaca serta lamanya waktu membaca.

       Bimbing saat membaca — Si Kecil bukan hanya butuh bantuan untuk membaca, tetapi juga pada saat membaca. Cara yang bisa Ibu lakukan, antara lain: menjelaskan arti dari suatu kata, menjelaskan nilai moral yang tertanam, dan juga menjelaskan keadaan yang digambarkan agar dapat menjadi pelajaran di kemudian hari.

  Membicarakan gambar — Apabila membaca terkesan repetitif atau tidak ada buku lain yang bisa dibaca, Ibu dapat membicarakan gambar yang tertera pada buku. Cara ini bisa melatih imajinasi mereka dan mendukung mereka membuat cerita sendiri.

Itulah tadi informasi seputar manfaat membaca dongeng yang dapat diperoleh si Kecil. Mendongeng merupakan salah satu kegiatan untuk menstimulasi perkembangan si Kecil. Tentunya perlu juga diimbangi dengan nutrisi yang tepat untuk dukung pertumbuhan Si Kecil. Si Kecil tetap membutuhkan nutrisi untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak.

PediaSure dengan triple protein dan dilengkapi dengan AA,DHA, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil untuk dukung pertumbuhan. PediaSure tersedia dalam tiga varian rasa—vanila, coklat dan madu—serta berbagai ukuran, mulai dari 200 gram hingga 1800 gram (tergantung jenis varian rasa yang dipilih). Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website PediaSure dan baca kemasan sebelum membeli.

Sumber:

Reading to Children: Why It’s So Important and How to Start - Healthline. (2020). Retrieved 6 August 2021, from https://www.healthline.com/health/childrens-health/reading-to-children

Reading & storytelling with babies & children - Raising Children Network (Australia). (2020). Retrieved 6 August 2021, from https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/literacy-reading-stories/reading-storytelling

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop