Inilah Manfaat Omega 3 untuk Anak dan Sumber Makanan yang Kaya Akan Kandungannya

Inilah Manfaat Omega 3 untuk Anak dan Sumber Makanan yang Kaya Akan Kandungannya

5 hari yang lalu

Omega-3 merupakan salah satu dari asam lemak baik yang dibutuhkan oleh si Kecil. Pasalnya, asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fats) yang tidak bisa diciptakan sendiri oleh tubuh si Kecil, sehingga mereka harus memperolehnya lewat makanan-makanan sehat yang mereka konsumsi setiap harinya.

Lantas, bagaimana asam lemak yang satu ini bermanfaat bagi si Kecil?

Untuk mengetahui secara jelas, baca informasi seputar sumber, dosis, serta manfaat omega-3 untuk anak berikut ini!

 

Manfaat Omega-3 untuk Anak

Siapa pun orangnya, mereka akan bisa memperoleh manfaat dari asam lemak yang satu ini. Akan tetapi, khusus untuk si Kecil, manfaat yang ada bukan hanya mendukung kesehatannya saja. Omega-3 juga memengaruhi perkembangan si Kecil, sehingga konsumsinya dapat sangat berarti hingga mereka beranjak dewasa nanti, Bu!

        Mendukung Fungsi Kognitif - Omega-3 telah terbukti menunjukkan perkembangan di sistem saraf bagian tengah, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Fungsi kognitif adalah aspek dari kesehatan otak yang memengaruhi cara manusia berpikir, belajar, dan juga mengingat.

        Menjaga Perkembangan Visual - Apabila ingin si Kecil memiliki penglihatan tajam seperti semestinya, konsumsi omega-3 secara rutin juga dapat sangat membantu. Omega-3 juga menjaga kesehatan retina mata manusia lantaran terdapat komponen DHA (docosahexaenoic acid) di dalamnya.

        Mengelola Kondisi Mental - Omega-3 dapat mendukung keceriaan si Kecil dengan mengelola gejala-gejala depresi dan juga cemas.

        Mendukung Kecerdasan Anak - Konsumsi omega-3 di masa kehamilan Ibu serta masa-masa awal di kehidupan anak memiliki hubungan sebab akibat terhadap kecerdasan intelektual dan sosial anak-anak yang sangat baik di kemudian hari.

        Meningkatkan Konsentrasi - Pada anak yang memiliki gangguan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), omega-3 ditemukan mampu meningkatkan konsentrasi dan impulsivitas.

        Mengurangi Risiko Asma - Rupanya, mengonsumsi omega-3 juga bisa mengurangi risiko terjadinya asma, khususnya pada anak-anak.

        Meningkatkan Kualitas Tidur - Tidur yang cukup bermanfaat dalam memperbaiki jaringan otot, memroses informasi baru di otak, serta menunjang fungsi tubuh. Nah, omega-3 disinyalir mampu meningkatkan kualitas serta lamanya tidur manusia.

 

Dosis Omega-3. Berapa, sih?

Orang dewasa perlu mengonsumsi setidaknya 250 hingga 500 mg DHA dan EPA (eicosapentaenoic acid) setiap harinya. EPA merupakan salah satu komponen omega-3 yang berfungsi melawan gejala depresi.

Namun, untuk memperoleh manfaat omega-3 untuk anak dan balita, konsumsi sekitar 50 hingga 100 mg DHA dan EPA setiap hari sangat direkomendasikan. Sedangkan untuk bayi yang masih menerima ASI (air susu ibu), para Ibu dianjurkan mengonsumsi 200 mg lebih banyak DHA setiap harinya.

 

Sumber Omega-3 untuk Anak

Untuk memenuhi kebutuhan harian dan memperoleh manfaat omega-3 untuk anak, banyak ibu yang mengandalkan suplemen. Namun, tahukah Ibu bahwa omega-3 juga bisa diperoleh lewat menu-menu yang bisa dengan mudah dimasak setiap hari? Berikut adalah beberapa makanan yang merupakan sumber omega-3 untuk si Kecil!

        Ikan salmon

        Ikan tuna

        Ikan sardine

        Ikan teri

        Ikan tiram

        Biji chia

        Kedelai

        Sayur bayam

        Daging

        Telur

        Susu sapi

Nah, itulah tadi penjelasan singkat seputar berbagai manfaat omega-3 untuk anak, sumber-sumbernya, serta dosis yang bisa Ibu berikan setiap hari. Kesimpulannya, manfaat omega-3 ada beragam dan dapat memengaruhi perkembangan si Kecil secara signifikan. Namun, pastikan untuk memberikan si Kecil asupan yang sesuai dan juga secara rutin, baik lewat makanan setiap hari atau lewat asupan tambahan.

Salah satu produk yang dapat menjadi asupan tambahan untuk si Kecil adalah PediaSure. Selain mengandung Omega-3 dan DHA, PediaSure juga mengandung AA dan Omega-6 untuk mendukung kesehatan si Kecil.

Kemudian, formula nutrisi Pediasure pun dirancang dengan prebiotik FOS dan probiotik L. acidophilus, 14 Vitamin dan 9 Mineral, 3 Sumber Protein Kompleks dan MCT 15%, Arginine dan Vitamin K2, dan sukrosa juga lebih rendah 42%. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan nyata (visible growth) pada anak-anak!

Dapatkan PediaSure di berbagai toko, minimarket, atau supermarket terdekat di wilayah Anda. PediaSure tersedia dalam varian rasa vanila, madu, dan juga coklat yang dijual dalam ukuran kemasan 200 gram, 400 gram, 850 gram, dan 1.800 gram (varian coklat hanya tersedia dalam ukuran 400 gram dan madu hanya tersedia dalam ukuran 200-850 gram). Kunjungi website PediaSure untuk informasi lebih lanjut dan baca label sebelum membeli. Selamat mencoba!

Sumber:

        Gunnars K. Omega-3 Fatty Acids — The Ultimate Beginner’s Guide - Healthline. Retrieved October 4, 2021 from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-guide/

        Freydis Hjalmarsdottir, MS. How Much Omega-3 Should You Take per Day? - Healthline. Retrieved October 4, 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/how-much-omega-3

        Office of Dietary Supplements - Omega-3 Fatty Acids - Nih.gov. Retrieved October 4, 2021 from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Omega3FattyAcids-Consumer/

        Freydis Hjalmarsdottir, MS. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids - Healthline. Retrieved October 4, 2021 from https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3

        Freydis Hjalmarsdottir, MS. 12 Foods That Are Very High in Omega-3 - Healthline. Retrieved October 4, 2021 from https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods

        Ruairi Robertson, PhD. Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview‌ - Healthline. Retrieved October 4, 2021 from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview/

        González FE, Báez RV. IN TIME: IMPORTÂNCIA DOS ÔMEGA 3 NA NUTRIÇÃO INFANTIL. Revista Paulista de Pediatria. 2017;35(1):3-4. ‌ - Retrieved October 4, 2021 from  doi:10.1590/1984-0462/;2017;35;1;00018

        Cognitive Health and Older Adults - National Institute on Aging. Retrieved October 4, 2021 from https://www.nia.nih.gov/health/cognitive-health-and-older-adults

        Holland K. What Do You Want to Know About Healthy Sleep? - Healthline. Retrieved October 4, 2021 from https://www.healthline.com/health/healthy-sleep

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop