Manfaat Penting Susu Tinggi Kalsium bagi Anak

Manfaat Penting Susu Tinggi Kalsium bagi Anak

2 minggu yang lalu

Anak yang tumbuh sehat, aktif dan tinggi optimal sesuai tahap usianya, menjadi keinginan bagi setiap orang tua. Untuk menunjang pertumbuhannya, diperlukan pemberian nutrisi yang sesuai usianya. Salah satu kandungan nutrisi yang penting dan wajib ada di asupan harian si kecil adalah kalsium. Mineral satu ini cukup penting untuk membangun gigi dan tulang yang kuat di periode masa pertumbuhan yaitu dari masa kanak-kanak hingga remaja.

 

Di bawah ini akan diberikan ulasan lebih lengkap apa saja manfaat kalsium untuk anak sekaligus rekomendasi susu anak berkalsium tinggi yang bisa dikonsumsi setiap hari.

 

Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

 

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Di tubuh manusia, kalsium lebih banyak berada di tulang. Namun, bagian tubuh yang lain juga memerlukan kalsium. Bila jumlahnya tidak cukup untuk bisa mencapai bagian lain, tubuh akan menarik kalsium yang ada di tulang agar kebutuhannya bisa terpenuhi. Bila kondisi ini terus berlangsung, tulang akan kekurangan kalsiumnya dan memberikan dampak negatif seperti tulang mudah patah dan rapuh.

 

2. Membuat Tinggi Badan Anak Jadi Lebih Optimal

Proses pertumbuhan tinggi badan si Kecil biasanya terjadi saat masih kanak-kanak. Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa 60% tinggi saat dewasa  tercapai di 5 tahun pertama kehidupan anak.

 

Pertumbuhan tinggi badan yang optimal didukung dengan asupan nutrisi dengan kandungan kalsium yang cukup terutama di masa pertumbuhan si kecil. Selain asupan nutrisi, istirahat cukup dan stimulasi yang tepat juga diperlukan.

 

3. Imun Tubuh Jadi Lebih Baik

Kekurangan kalsium pada anak dapat mengakibatkan risiko gangguan kesehatan seperti sering berkeringat, kram otot, nyeri perut, lemah, lesu, dan sulit tidur. Padahal, kalsium juga bekerja mengaktifkan enzim-enzim penting yang terdapat di tubuh. Kegunaannya untuk membuat imun tubuh jadi lebih kuat dan bisa memproduksi energi. 

 

4. Mendukung Perkembangan Otot dan Sistem Saraf

Siapa sangka ternyata kalsium juga punya manfaat bagi sistem saraf dan fungsi otot bagi tubuh anak? Kalsium berperan dalam proses mendistribusikan sinyal dalam saraf otak dan mendukung kontraksi otot. Manfaat ini memberikan dampak bagi fungsi kognitif si Kecil. Pasalnya, sistem saraf yang sehat biasanya akan membuat anak lebih mudah menerima dan mencerna informasi.

 

 

Kebutuhan Kalsium Anak Per Hari

Setelah ibu mengetahui apa saja manfaat kalsium bagi pertumbuhan si Kecil, lantas berapa ya kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh mereka? Berdasarkan dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan kalsium setiap anak tidak sama, karena  dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin dan usia.

 

Usia

Laki-laki

Perempuan

0 –5 bulan

200

200

6 – 11 bulan

270

270

1 – 3 tahun

650

650

4 – 6 tahun

1000

1000

7 – 9 tahun

1000

1000

10 – 12 tahun

1200 mg

1200 mg

13 – 15 tahun

1200 mg

1200 mg

16 – 18 tahun

1200 mg

1200 mg

 



Sumber Kalsium untuk Anak

Ibu bisa bantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan memberikan berbagai makanan dan minuman yang memiliki kalsium tinggi. Ibu bisa berikan keju cheddar, yoghurt, dan susu anak berkalsium tinggi.

 

Jika ibu sedang mencari susu anak berkalsium tinggi, PediaSure bisa menjadi pilihan yang tepat.

PediaSure juga mendukung pertumbuhan nyata tinggi dan berat badan, dengan kandungan tiga sumber protein (Whwy, kasein, dan soya) serta dilengkapi 12 vitamin dan 8 mineral, campuran minyak nabati, fosfor, juga vitamin D.

 

PediaSure juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil karena dilengkapi dengan kandungan Prebiotik FOS dan Probiotik, Zat besi, Zinc, dan Selenium.

 

Bukan hanya itu, PediaSure juga membantu mendukung perkembangan kognitifnya, karena diperkaya juga dengan DHA, AA, LA dan ALA.  PediaSure yang tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu PediaSure madu (200g, 400g, 850g), PediaSure vanila (200g, 400g, 850g, 1800g), dan PediaSure cokelat 400g. Perlu diperhatikan ya bu, bahwa PediaSure tidak disarankan untuk dikonsumsi anak usia di bawah satu tahun.

 

Sumber:

        Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia Retrieved 10 May 2021, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg

 

Calcium for children. Queensland Health. Retrieved 10 May 2021, from https://www.health.qld.gov.au/__data/assets/pdf_file/0027/367731/paed_calcium.pdf

 

Kids Health. Calcium. Kids Health. Retrieved 10 May 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html

 

        Healthy Kids. Calcium. Healthy Kids. https://healthy-kids.com.au/food-nutrition/nutrients-in-food/calcium/

 

● Medical News Today. Benefits and Sources of Calcium. Retrieved 10 May 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#why-we-need-calcium

 

        National Institutes of Health (NIH). Calcium. Retrieved 10 May 2021,  https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-HealthProfessional/

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop