Selain Baik untuk Pencernaan, Inilah Manfaat Probiotik untuk Tubuh si Kecil yang Perlu Diketahui

Selain Baik untuk Pencernaan, Inilah Manfaat Probiotik untuk Tubuh si Kecil yang Perlu Diketahui

5 hari yang lalu

Probiotik merupakan mikroba yang terkenal akan manfaat baiknya dalam menjaga pencernaan manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang sengaja mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang ditujukan untuk mendukung perkembangbiakan mikroba baik yang satu ini.

Namun, apakah si Kecil juga membutuhkannya ya, Bu?

Untuk tahu lebih lanjut seputar manfaat probiotik bagi tubuh, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

Cara Kerja Probiotik dalam Menjaga Pencernaan

Seperti yang sebelumnya disebutkan, probiotik merupakan mikroba baik yang tinggal di tubuh manusia. Mikroba yang dimaksud di sini adalah gabungan dari bakteri dan juga jamur.

Loh, tapi, bukannya keduanya adalah penyebab masalah pencernaan?

Memang betul, ada bakteri dan juga jamur yang memiliki dampak buruk pada sistem pencernaan. Namun, bakteri dan jamur baik (atau yang kita sebut sebagai probiotik) bekerja dengan cara menjaga kesehatan tubuh dan juga melawan mikroba jahat tadi. Alhasil, pencernaan pun terlindungi.

Selain itu, probiotik juga dimanfaatkan karena kemampuan lainnya, yakni mendukung tubuh si Kecil mencerna makanan. Dengan begitu, nutrisi dari makanan pun bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal.

 

Manfaat Probiotik bagi Tubuh

Mendukung penyerapan nutrisi adalah manfaat probiotik untuk tubuh si Kecil yang sangat penting. Sebab, pertumbuhannya pun akan lebih baik ketika nutrisi dapat bekerja secara maksimal. Sebagai contoh, protein yang dimakan si Kecil bisa dapat lebih mendukung perkembangan jaringan otot.

Namun, selain itu, ada pula beberapa manfaat yang perlu Ibu pahami lebih lanjut. Berikut adalah manfat probiotik yang lebih lengkap!

        Meningkatkan sistem imun - Ada jenis-jenis probiotik yang mampu meningkatkan sistem imun dan melawan risiko infeksi, seperti demam.

        Melawan peradangan dalam tubuh - Tak hanya tingkatkan perlindungan, probiotik juga bantu lawan hal-hal penyebab peradangan dalam tubuh yang mampu akibatkan masalah alergi, pernapasan, pencernaan, dan kulit.

        Menunjang kondisi mental - Beberapa jenis probiotik disinyalir mampu mengontrol gejala cemas dan depresi.

        Mendukung kemampuan memori - Selain kondisi mental, kemampuan memori manusia pun juga bisa didukung dengan konsumsi probiotik yang rutin.

        Mendukung kesehatan jantung - Probiotik mampu mengurangi kolesterol jahat. Meski anak-anak jarang memiliki masalah yang melibatkan kadar kolesterolnya, konsumsi probiotik sejak dini tentu tidak ada salahnya.

        Melancarkan buang air besar - Kadar pH di dalam usus diseimbangkan, sehingga proses buang air besar pun jadi lancar.

        Meningkatkan penyerapan nutrisi - Probiotik mendukung proses pencernaan makanan, sehingga nutrisi pun terproses lebih baik.

        Melawan bakteri jahat - Selain menyeimbangkan kadar bakteri jahat dalam tubuh, probiotik melawannya dengan cara menghalangi masuknya bakteri jahat ke aliran darah.

        Mendukung perlawanan terhadap beberapa tipe alergi - Alergi-alergi yang disinyalir, termasuk eczema (eksim) dan alergi produk susu. Namun, riset lebih lanjut dibutuhkan terkait manfaat probiotik untuk tubuh yang satu ini.

 

Makanan Sumber Prebiotik dan Probiotik

Probiotik bisa tumbuh di dalam perut, terutama jika diberi makan prebiotik. Apa itu prebiotik?

Prebiotik pada dasarnya adalah sejenis serat pangan yang dapat memberi makan probiotik. Nantinya, probiotik pun dapat memproduksi berbagai senyawa yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, termasuk asam lemak yang mendukung metabolisme tubuh.

Sebaiknya, pahami lebih lanjut makanan sumber prebiotik dan probiotik yang dapat Ibu berikan kepada si Kecil dengan membaca daftar di bawah ini!

Sumber Prebiotik

        Bawang putih

        Bawang merah

        Pisang

        Oat

        Apel

        Kakao

        Anggur

        Semangka

        Rumput laut

        Buncis

        Kedelai

        Kacang almond

Sumber Probiotik

        Greek yogurt

        Tempe

        Tahu

        Roti sourdough

        Cottage cheese

        Keju cheddar

        Keju mozzarella

        Sup miso

Nah, itulah tadi informasi lengkap seputar manfaat probiotik untuk tubuh si Kecil serta sumber makanan apa saja yang bisa Ibu berikan. Pada dasarnya, manfaat utama probiotik memang hadir di area pencernaan. Namun, terdapat berbagai macam kebaikan di organ-organ tubuh lainnya yang bisa dirasakan apabila mengonsumsi probiotik dalam jangka panjang. Segala kebaikan itu mampu mendukung pertumbuhan si Kecil agar menjadi anak yang sehat dan juga gembira.

Maka dari itu, berikan si Kecil makanan sumber probiotik dan juga prebiotik. Salah satu asupan nutrisi tambahan yang bisa dijadikan pilihan adalah PediaSure yang diperkaya dengan kombinasi Prebiotik FOS dan Probiotik L.acidophilus. Selain itu, PediaSure pun juga mengandung 3 Sumber Protein Kompleks & MCT 15%, DHA dan AA, Omega 3 dan Omega 6, serta 14 Vitamin dan 9 Mineral.

Dapatkan Pediasure dengan 42% sukrosa lebih rendah yang hadir dalam rasa vanilla, madu, dan juga coklat. PediaSure tersedia dalam ukuran 200 gram, 400 gram, 850 gram, dan 1.800 gram yang dapat diperoleh di berbagai merchant terdekat di wilayah Anda. Baca lebih label sebelum membeli dan kunjungi website PediaSure untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

        Probiotics: What is it, Benefits, Side Effects, Food & Types - Cleveland Clinic. Retrieved 4 October 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probiotics

        Effects of probiotics on child growth: a systematic review -  Journal of Health, Population and Nutrition. Retrieved 4 October 2021, from https://jhpn.biomedcentral.com/articles/10.1186/s41043-015-0010-4

        Anti-inflammatory effects of probiotics - ScienceDirect. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128169926000097

        Probiotics and Digestive Health - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/health/probiotics-and-digestive-health

        8 Health Benefits of Probiotics - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/nutrition/8-health-benefits-of-probiotics/

        Probiotics 101: A Simple Beginner's Guide - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-101

        Lactobacillus bulgaricus: Benefits, Side Effects, and More - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/health/digestive-health/lactobacillus-bulgaricus#benefits

        Probiotics for Children: Are They Healthy? - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/health/parenting/probiotics-for-children

        Probiotics for Children: What Are the Benefits? - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.webmd.com/children/are-there-health-benefits-of-probiotics-for-kids

        Prebiotics: The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods

        11 Probiotic Foods That Are Super Healthy - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods

        Probiotics and Prebiotics: What’s the Difference? - Healthline. Retrieved 4 October 2021, from: https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-and-prebiotics

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop