10 Manfaat Zinc Bagi Tubuh dan Rekomendasi Nutrisi yang Tepat

10 Manfaat Zinc Bagi Tubuh dan Rekomendasi Nutrisi yang Tepat

1 bulan yang lalu
Dibaca 246
5 Menit membaca

Tahukah Ibu bahwa zinc adalah nutrisi penting yang sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpannya sendiri?

Untuk memenuhi asupan zinc di dalam tubuh, Ibu perlu memastikan anak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mengonsumsi suplemen zinc. Supaya lebih paham mengenai zinc dan manfaatnya bagi tubuh, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Zinc?

Mineral seng atau Zinc (Zn) adalah mineral penting yang berguna dalam berbagai proses di dalam tubuh, seperti ekspresi gen, reaksi enzim, fungsi imun, sintesis protein, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perkembangan.

Faktanya, zinc atau seng adalah mineral paling melimpah di dalam tubuh, setelah zat besi; dan ada di setiap sel tubuh.

Zinc dibutuhkan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan banyak proses lain di dalam tubuh. Senyawa ini juga penting untuk perkembangan dan fungsi dari sel imun. Mineral seng ini juga punya peran krusial bagi produksi protein, sistesis DNA, dan kesehatan kulit.

10 Manfaat Zinc Bagi Tubuh

Zinc memiliki banyak manfaat bagi tubuh, beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam sistem kekebalan tubuh, zinc berperan sebagai penyusun enzim Superokside Dismutase (SOD). Mineral seng punya peranan krusial pada sistem imunitas tubuh manusia, serta mempengaruhi sel kekebalan bawaan dan adaptif. Defisiensi seng berefek negatif bagi tubuh, seperti berkurangnya respons imun atau meningkatnya kerentanan pada infeksi.

2. Mengobati Luka

Salah satu fungsi Zinc bagi tubuh yang jarang diketahui adalah mengobati luka. Mineral seng memiliki peran krusial dalam produksi kolagen, yakni serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Produksi kolagen yang maksimal membuat luka bisa menyusut dan menutup dengan lebih cepat.

3. Mengurangi Peradangan

Zinc meredakan stres oksidatif, sehingga peradangan di dalam tubuh bisa mereda sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kronis akibat peradangan seperti penyakit jantung, kanker, dan pneumonia.

4. Tumbuh Kembang Anak

Mencukupi kebutuhan zinc pada anak akan membantunya memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Sementara, kekurangan asupan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak, sehingga menyebabkan keterlambatan gangguan motorik dan kognitifnya.

5. Mengatasi Diare pada Balita

Fungsi zinc yang lain adalah menurunkan tingkat keparahan diare pada balita, frekuensi buang air besar, serta kekambuhan diare 3 bulan berikutnya. Zinc memiliki kemampuan untuk mendukung penyerapan air dan elektrolit usus, merangsang reaksi kekebalan tubuh di saluran pencernaan, dan memperbaiki kerusakan sel dengan cepat.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Zinc berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak. Zinc berperan dalam transmisi sinapsis dan aksonal dan penting untuk metabolisme asam nukleat. Kekurangan zinc berdampak pada terganggunya DNA, RNA, dan sintesa protein selama perkembangan otak.

7. Meredakan Flu

Zinc mencegah rhinovirus berkembang biak dan menghentikan rhinovirus bersarang di membran mukosa hidung dan tenggorokan. Zinc efektif dikonsumsi dalam bentuk sirup atau permen, sehingga bertahan di tenggorokan dan langsung kontak dengan rhinovirus.

8. Memelihara Kesehatan Jantung

Tidak hanya itu, senyawa ini juga memengaruhi jantung dengan memodulasi tekanan oksidatif kardiomikosit dan memelihara struktur miokardial jantung. Memiliki asupan mineral seng yang cukup di tubuh berarti lebih muda untuk melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, serta mengatur kadar kolesterol.

Makanan yang Mengandung Zinc

Beberapa bahan makanan di bawah ini kaya akan mineral zinc, di antaranya:

     Daging merah. Daging adalah merah sumber zinc yang paling baik, tetapi zinc dalam jumlah cukup ditemukan dalam semua jenis daging termasuk sapi, kambing, dan babi.

     Kerang-kerangan. Kerang-kerangan adalah makanan rendah kalori dan juga sumber zinc yang sehat

     Kacang polong. Jenis kacang polong seperti buncis dan lentil mengandung banyak zinc.

     Biji-bijian. Konsumsi biji-bijian adalah tambahan yang sehat untuk menambah asupan zinc. Walau begitu, sejumlah jenis biji mengandung nutrisi yang lebih baik dari biji yang lain.

     Kacang-kacangan. Menyantap kacang-kacangan, seperti mete dan almond dapat meningkatkan asupan zinc. Kacang tanah secara teknis termasuk polong-polongan, juga merupakan sumber zinc yang baik.

     Produk susu. Sejumlah produk susu yang mengandung zinc juga bisa jadi pilihan konsumsi. Karena, secara natural, susu kaya akan nutrisi baik bagi tubuh, seperti kalsium dan zinc.

     Telur. Satu butir telur berukuran besar mengandung sekitar lima persen zincyang dibutuhkan dari nilai harian tubuh,

     Sayur. Jenis sayuran tertentu bisa dijadikan sebagai sumberzinc yang dapat diandalkan. Sejumlah sayuran dengan kandungan mineral seng seperti kacang hijau, kentang, jamur, dan kangkung.

     Cokelat hitam. Sebanyak 60-69 persen kakao mengandung sekitar 0,75 miligram zinc, sedangkan 70-85 persen varietas kakao mengandung 0,9 miligram, sedikit lebih banyak dibandingkan jenis lainnya.

Rekomendasi Nutrisi dengan Kandungan Zinc

Produk susu yang banyak mengandung kalsium dan zinc, seperti keju dan yogurt, memiliki bioavailabilitas tinggi. Artinya,  tubuh dapat menyerap sebagian besar zinc dalam susu dan keju.

Ibu, memastikan anak mendapat asupan zinc yang cukup memang tidak mudah.  Selain sumber pangan bergizi tinggi, anak juga perlu diberi asupan nutrisi tambahan. Tujuannya agar anak selalu sehat, aktif, dan cerdas sesuai harapan orang tua.

Konsumsi PediaSure secara rutin 2-3 kali sehari dapat mendukung pemenuhan nutrisi harian anak untuk bantu optimalkan pertumbuhan tinggi dan berat badan anak. Sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mendukung visible growth anak.

PediaSure berkomitmen mendukung pertumbuhan si Kecil  sejak usia 1 hingga 10 tahun dengan formulasi 3 sumber protein kasein, soya, dan whey, yang dikenal dengan triple protein. Dilengkapi dengan kandungan vitamin K2, arginine, serta kalsium tinggi untuk bantu pertumbuhan tulang si Kecil.

PediaSure juga dilengkapi dengan 14 vitamin, 9 mineral, serta campuran sinbiotik yang unik (Prebiotik FOS dan Probiotik L. acidophilus) demi mendukung pertumbuhan si Kecil. Tak ketinggalan Kandungan Omega 3, omega 6, serta AA & DHA dalam PediaSure juga mendukung kemampuan berpikir anak.

Selain itu itu, inovasi PediaSure yang lain adalah kandungan sukrosa yang lebih rendah 42% tapi tetap terasa enak di lidah anak. PediaSure punya varian rasa madu, vanila, dan coklat (200 gram, 400 gram, 850 gram, dan 1.800 gram).

Jadi, bagi anak usia 1-10 tahun, PediaSure cocok dikonsumsi 2-3 kali sehari. Agar zinc yang dibutuhkan tubuh si Kecil terpenuhi. Yuk ibu, jangan ragu untuk memberikan nutrisi tambahan bagi si Kecil, ya!

 

 

 

SUMBER:

Manfaat Zinc - Yankes Kemkes. Retrieved 04 October 2022, from https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/760/manfaat-zinc   

Iron and Zinc Nutrition in the Economically-Developed World: A Review - PMC. Retrieved 04 October 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3775249/ 

Designing hydrolytic zinc metalloenzymes - US National Library of Medicine. Retrieved 04 October 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24506795/ 

Zinc in Human Health: Effect of Zinc on Immune Cells - PMC. Retrieved 04 October 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2277319/ 

Zinc and its importance for human health: An integrative review -  US National Library of Medicine. Retrieved 04 October 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23914218/ 

Zinc Deficiency, Immune Function, and Morbidity and Mortality from Infectious Disease among Children in Developing Countries - SAGE Journals . Retrieved 04 October 2022, from https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/156482650102200205 

(PDF) Zinc is an Essential Element for Male Fertility: A Review of Zn Roles in Men’s Health, Germination, Sperm Quality, and Fertilization - ResearchGate . Retrieved 04 October 2022, from https://www.researchgate.net/publication/325555257_Zinc_is_an_Essential_Element_for_Male_Fertility_A_Review_of_Zn_Roles_in_Men%27s_Health_Germination_Sperm_Quality_and_Fertilization#x27;s_Health_Germination_Sperm_Quality_and_Fertilization 

Zinc in wound healing: theoretical, experimental, and clinical aspects - US National Library of Medicine. Retrieved 04 October 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17244314/  

Zinc is an Antioxidant and Anti-Inflammatory Agent: Its Role in Human Health - PMC . Retrieved 04 October 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4429650/ 

https://eternaldermatology.com/zinc-and-acne/ - Eternal Dermatology. Retrieved 04 October 2022, from https://eternaldermatology.com/zinc-and-acne 

Zinc | Nutrition - CDC  . Retrieved 04 October 2022, from https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/vitamins-minerals/zinc.html  

Lower-Dose Zinc for Childhood Diarrhea — A Randomized, Multicenter Trial - NEJM . Retrieved 04 October 2022, from https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa1915905 

Zinc, the brain and behavior - US National Library of Medicine. Retrieved 04 October 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7082716/

Zinc for colds: The final word? - Mayo Clinic  . Retrieved 04 October 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/zinc-for-colds/faq-20057769 

Zinc Deficiency as a Reversible Cause of Heart Failure - PMC . Retrieved 04 October 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7328074/ 

Ground beef - U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. Retrieved 04 October 2022, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/174030/nutrients 

Oysters, Raw -- U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. Retrieved 04 October 2022, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1099132/nutrients 

Lentils, mature seeds, cooked, boiled, without salt - U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. Retrieved 04 October 2022, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172421/nutrients