Mengenal Kebutuhan Nutrisi Otak Anak Secara Lebih Jauh

Mengenal Kebutuhan Nutrisi Otak Anak Secara Lebih Jauh

1 minggu yang lalu

Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya untuk bertumbuh  dan berkembang secara sehat dan optimal, sehingga si KecilKecil dapat menggapai cita-citanya dikemudian hari. Pada masa pertumbuhan si Kecil, demi mencapai pertumbuhan yang optimal, perlu diperhatikan perkembangan otak anak sedini mungkin. Nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak menjadi hal yang sangat penting karena berpengaruh pada kemampuan si Kecil di masa pertumbuhannya.

Tanda dari perkembangan otak anak biasanya dapat dilihat dari bertambahnya kemampuan sesuai dengan pertambahan usia. Hal ini termasuk pada respon kognitif, sosial, bahkan emosional. Seringnya, perkembangan otak menjadi hal yang sangat kompleks untuk dibicarakan lantaran bentuknya tidak dapat terlihat oleh mata, namun hasilnya dapat terpampang nyata. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui terkait manfaat nutrisi bagi perkembangan otak anak. Apa saja dan bagaimana cara memenuhinya? Simak lebih lanjut di bawah ini!

Peran Nutrisi dalam Mendukung Perkembangan Otak Anak

Pentingnya nutrisi otak anak pada 1000 hari pertama kehidupan mempengaruhi dan membentuk struktur dan kapasitas otak, karena pembentukan struktur dan kapasitas otak dimulai sebelum anak berusia 3 tahun. Pada masa-masa itu, perlu digarisbawahi sebagai masa-masa yang krusial karena anak wajib mendapatkan asupan nutrisi yang memadai sehingga pembentukan struktur dan kapasitas otak bisa terealisasi secara optimal.

Selain itu, nutrisi berperan penting sebagai pendukung anak dalam memahami proses pembelajaran dan membantu meningkatkan konsentrasi anak. Nutrisi juga dapat mendukung sistem imun atau daya tahan tubuh yang berguna melawan penyakit, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan terjaganya asupan nutrisi, anak dapat terstimulasi untuk terus melatih kemampuan kognitifnya.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Otak Setiap Hari

Nutrisi otak anak pertama yang si Kecil dapatkan adalah ASI. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa ASI yang berkualitas adalah asupan pertama anak yang memiliki sumber nutrisi yang sangat baik bagi perkembangan anak. Selain itu, proses pemberian ASI pun mendekatkan sang anak dengan ibunya berkat kontak langsung antara anak dan Ibu.

Seiring dengan penambahan usia si Kecil, ASI digantikan dengan berbagai macam makanan yang dikenalkan kepada anak dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Sebagai orang tua, pada usia krusial pertumbuhan anak, penting untuk dimonitor berbagai makanan yang dikonsumsi anak dan memastikan bahwa nutrisi yang dikonsumsi olehnya seimbang.

Sumber Nutrisi

Kandungan nutrisi pada makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi otak anak ada berbagai macam. Dilansir dari jurnal yang ditulis oleh Claire McCarthy, MD, Senior Faculty Editor melalui Harvard Health Publishing, berikut adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan otak anak beserta ragam pilihan makanan untuk mendapatkannya, yaitu:

    Protein. Kandungan protein biasanya bisa ditemukan pada jenis makanan laut, biji-bijian, telur, daging merah, sampai olahan susu.

   Zinc. Tidak jauh berbeda dari protein, kandungan ini bisa didapatkan dari konsumsi daging merah, ikan-ikanan, susu, juga biji-bijian.

   Zat besi. Mulai dari sumber makanan hewani, sayuran hijau, biji-bijian, susu, panganan kentang mengandung zat besi yang berguna bagi pertumbuhan anak

 Vitamin A. Ragam vitamin tentu bisa didapatkan dari sayur-mayur, seperti bayam dan wortel atau bahkan buah-buahan seperti apel, lebih dari itu vitamin ini dapat juga ditemukan pada olahan daging unggas/sapi. Biasanya berasal dari bagian hati.

  Vitamin D. Produsen utama vitamin D adalah matahari, namun terdapat beberapa bahan makanan dan tumbuhan yang memilikinya, contohnya ikan salmon.

Mendukung Pertumbuhan dengan Susu atau Nutrisi Tambahan Lainnya

Memberikan nutrisi kepada anak lewat makanan yang beragam adalah hal yang penting diperhatikan oleh orang tua untuk melihat perkembangan otak anak. Sebab, jika tidak diperhatikan anak-anak bisa saja mengalami malnutrisi dan tidak tumbuh secara memadai pada waktu-waktu emasnya mulai dari fisik maupun mental, perkembangannya kurang optimal. Hal ini bisa dilihat dari defisit perilaku dan kognitif yang berlangsung tidak sebentar, bahkan perkembangan motorik yang lebih lambat.

Untuk mengantisipasinya, kita perlu memaksimalkan perkembangan otak anak. Seperti yang sudah disebutkan di atas, susu terbukti memiliki ragam kandungan yang dibutuhkan dalam perkembangan otak anak, maka dari itu memberi asupan nutrisi dari susu merupakan upaya baik dalam pemenuhan nutrisi untuk mendorong pertumbuhan otak anak agar optimal.

PediaSure memiliki 3 sumber bahan protein, kalsium 12 vitamin & 8 mineral, kandungan omega 3 & 6 serta AA, DHA untuk perkembangan otak yang akan membantu dalam memenuhi nutrisi harian si kecil. Hadir dengan tiga rasa vanila, coklat, dan madu, PediaSure bisa didapatkan dengan mudah di minimarket atau supermarket terdekat.

Yuk, penuhi nutrisi anak demi mendukung perkembangan otaknya!

 

SUMBER

Hellosehat.  Menilik Pentingnya Nutrisi bagi Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Retrieved 07 August 2021, from https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/gizi-balita/nutrisi-perkembangan-otak-anak/

Zerotothree.org. How does nutrition affect the developing brain?. Retrieved 07 August 2021, from https://www.zerotothree.org/resources/1372-how-does-nutrition-affect-the-developing-brain

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop