Apa, sih, Kriteria Multivitamin yang baik untuk Dukung Imunitas Anak?

Apa, sih, Kriteria Multivitamin yang baik untuk Dukung Imunitas Anak?

6 hari yang lalu

Imunitas menjadi hal penting yang harus dijaga agar si Kecil tetap bisa aktif, bertenaga, dan tidak mudah lelah saat melakukan aktifitas. Sistem imunitas si Kecil belum cukup jika hanya dipenuhi oleh protein, karbohidrat, dan lemak. Vitamin dan mineral juga dibutuhkan.

Vitamin dan mineral dapat membantu si Kecil untuk tetap bisa aktif, bertenaga, dan tidak mudah lelah karena berfungsi untuk membentuk sel darah, memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, pembentukan energi, dan lain-lain. Di bawah ini akan dijelaskan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan kemampuannya.

Vitamin A

Fungsi dari vitamin A yaitu menjaga organ yang ada di dalam tubuh dengan baik, seperti jantung, paru-paru, dan hati. Vitamin A juga mempengaruhi kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B

Vitamin B membantu untuk membentuk energi dari karbohidrat, protein, dan lemak yang didapatkan oleh tubuh. Selain itu, vitamin B juga membantu perkembangan dan pertumbuhan fungsi sel di dalam tubuh.

Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyerap zat besi dari makanan, melindungi tubuh dari radikal bebas atau bisa disebut sebagai antioksidan, dan memproduksi kolagen pada tubuh.

Vitamin E

Tidak hanya Vitamin C yang memiliki peran sebagai antioksidan, Vitamin E pun dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, Vitamin E juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pembekuan darah di dalam tubuh.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Anak!

Vitamin K

Vitamin K juga memiliki fungsi untuk mencegah pembekuan darah, selain itu Vitamin K penting untuk kesehatan tulang.

Kalsium

Kalsium pada tubuh berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang, gigi, metabolisme, dan otot manusia. Kalsium juga dapat mengurangi risiko osteoporosis di usia lanjut nanti.

Zat Besi

Zat Besi memiliki peran untuk membentuk sel darah merah di dalam tubuh, seperti hemoglobin.

Magnesium

Magnesium memiliki peran kepada enzim yang ada di dalam tubuh untuk mengatur proses berjalannya sel-sel di dalam tubuh, seperti fungsi otot dan saraf, detak jantung, serta mengontrol glukosa.

Zinc

Zinc merupakan mineral yang memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh serta pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Vitamin dan mineral yang sudah dijelaskan di atas bisa didapatkan melalui beberapa makanan dan suplemen. Suplemen tersebut basa disebut dengan suplemen multivitamin, namun perlukah si Kecil mengonsumsi multivitamin untuk anak? Si Kecil tentunya juga membutuhkan vitamin dan mineral seperti orang dewasa, namun pemberian multivitamin untuk anak dianggap tidak perlu jika anak tidak memiliki masalah pada perkembangan dan pola makannya.

Multivitamin untuk anak dapat diberikan jika si Kecil memiliki masalah pencernaan, diet ketat, adanya hambatan pada pertumbuhan, dan tidak memiliki pola makan yang teratur. Pemberian multivitamin untuk anak lebih baik dikonsultasikan kepada dokter, disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil.

Jika si Kecil tidak memiliki masalah-masalah tersebut, orang tua dapat memenuhi asupan nutrisinya melalui makan-makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan, dairy products, ikan, dan daging.

Selain diberikannya multivitamin untuk anak atau makan-makanan bernutrisi untuk si Kecil, PediaSure juga dapat memenuhi nutrisi si Kecil dan membantu pertumbuhannya. PediaSure merupakan nutrisi tambahan yang bisa dijadikan pilihan karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

PediaSure mengandung 12 vitamin dan 8 mineral seperti zat besi dan zinc, kalsium, fosfor, dan vitamin D sehingga dapat membantu pertumbuhan si Kecil. PediaSure terdiri dari beberapa varian rasa seperti PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat. Harga PediaSure dapat dilihat melalui situs web PediaSure, di dalamnya tertera harga spesial dan potongan dalam periode waktu tertentu.

 

SUMBER

Apakah Anak Perlu Konsumsi Multivitamin? Halaman all - Kompas.com. (n.d.). Retrieved August 4, 2021, from https://health.kompas.com/read/2020/02/25/073400768/apakah-anak-perlu-konsumsi-multivitamin-?page=all

Pentingnya Vitamin dan Mineral untuk Tubuh Manusia - Lifestyle Bisnis.com. (n.d.). Retrieved August 4, 2021, from https://lifestyle.bisnis.com/read/20160604/106/554183/pentingnya-vitamin-dan-mineral-untuk-tubuh-manusia

Top 10 Essential Vitamins and Minerals Your Body Needs | Good Neighbor Pharmacy. (n.d.). Retrieved August 5, 2021, from https://www.mygnp.com/blog/essential-vitamins-and-minerals/?__cf_chl_jschl_tk__=pmd_656c8232c788f0ae6a4af81edfc21c5fbf896e11-1628094798-0-gqNtZGzNAjijcnBszQdO

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop