Sebelum Membeli, Kenali Dahulu Nutrisi Penting yang Terkandung Dalam Susu Pertumbuhan Anak Berikut Ini

Sebelum Membeli, Kenali Dahulu Nutrisi Penting yang Terkandung Dalam Susu Pertumbuhan Anak Berikut Ini

5 hari yang lalu

Ketika memilih asupan nutrisi tambahan atau susu pertumbuhan anak, kandungan yang perlu diperhatikan dan dicari adalah yang mampu dukung pertumbuhan secara nyata. Akan tetapi, apa sajakah kandungan tersebut? Simak informasi berikut ini secara lebih lanjut!

 

Protein dan Kalsium untuk Dukung Pertumbuhan

Nutrisi pertama yang seringkali menjadi perhatian orang sebelum membeli suatu produk susu adalah kandungan protein dan kalsiumnya. Bagaimana tidak? Protein bermanfaat untuk mendukung jaringan otot dan kalsium bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Keduanya dibutuhkan dalam masa-masa pertumbuhan si Kecil.

Namun, saat mencari susu untuk pertumbuhan anak, carilah produk dengan sumber protein yang baik, yakni yang beragam. Berikut adalah beberapa jenis protein yang mungkin akan Ibu temui di produk susu.

        Whey: protein yang bersumber dari susu, diproses lebih cepat

        Casein: protein yang juga berasal dari susu, namun lebih lama diproses tubuh

        Soy: protein ini bersumber dari kedelai dan baik untuk pencernaan

Mengonsumsi variasi protein yang beragam sangat penting, sehingga tubuh bisa mengubahnya menjadi asam amino yang lebih banyak dan dapat bermanfaat dalam jangka panjang. Kemudian, pastikan agar protein yang hadir tidak hadir dengan lemak jenuh atau kandungan sukrosa yang di luar anjuran.

 

Vitamin dan Mineral untuk Dukung Kesehatan

Vitamin dan mineral merupakan berbagai senyawa dari hewan dan tumbuhan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Beberapa fungsinya, meliputi mendukung pertumbuhan dan perkembangan, sistem imun, dan juga fungsi sel dan organ tubuh.

Ketika membaca lebih lanjut seputar jajaran vitamin dan mineral, Ibu mungkin bingung lantaran banyak yang harus dikenal. Namun, susu pertumbuhan anak yang baik sudah sewajarnya memiliki kandungan-kandungan tersebut.

Umumnya, mereka akan mencantumkan berapa banyak asupan yang akan diberikan dalam setiap takaran saji. Banyaknya asupan tersebut sering diwakili dengan persentase Angka Kecukupan Gizi (%AKG). Semakin tinggi persentasenya, maka semakin tinggi kandungannya. Hal ini pun berlaku pada kandungan-kandungan lainnya.

 

Asam Lemak untuk Dukung Kecerdasan

Tidak semua lemak memiliki dampak buruk dalam tubuh. Beberapa contohnya adalah asam lemak-asam lemak yang ada di bawah ini. Asam lemak ini merupakan senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, namun dapat mendukung kesehatan dan pertumbuhan si Kecil, termasuk kecerdasannya.

        Omega-3 - Asam lemak yang satu ini terbagi menjadi 3 jenis: EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (alpha-linolenic acid). Ketiganya memiliki fungsi penting dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan mental, jantung, hati, dan juga perkembangan otak. Omega-3 juga dikenal akan kemampuan anti-radangnya (anti-inflammatory).

        Omega-6 - Berbeda dengan asam omega-6, asam lemak yang satu ini menghasilkan arachidonic AA (arachidonic acid) yang bersifat pro-inflammatory. Namun, konsumsi dalam jumlah dikit justru bermanfaat bagi sistem imun. Pastikan susu pertumbuhan anak memiliki kadar omega-3 dan omega-6 yang tepat untuk meraup manfaatnya.

 

Serat dan Probiotik untuk Dukung Pencernaan dan Sistem Imun

Terdapat dua jenis kandungan lainnya yang perlu diperhatikan untuk menjaga pencernaan dan sistem imun, yakni probiotik dan prebiotik. Ya, Ibu tidak salah baca. Probiotik adalah mikroorganisme baik, sedangkan prebiotik merupakan serat pangan yang berfungsi sebagai makanan probiotik.

Mengonsumsi keduanya akan dapat mendukung kadar probiotik di dalam perut, sehingga bisa menghasilkan manfaat-manfaat, seperti: menunjang sistem pencernaan yang sehat, meningkatkan sistem imun, melawan bakteri jahat, mendukung kondisi mental, dan menjaga kesehatan jantung.

Demikian tadi berbagai kandungan dalam susu pertumbuhan anak yang perlu Ibu perhatikan. Pada dasarnya, ketiga kandungan di atas merupakan deskripsi secara garis besar. Apabila Ibu membaca lebih lanjut seputar manfaat-manfaat yang dimiliki senyawa-senyawanya secara individual, tentu Ibu akan menemukan berbagai macam manfaat lainnya.

Kemudian, jika ingin memberikan si Kecil manfaat-manfaat tersebut, Ibu dapat memberikan asupan nutrisi tambahan PediaSure sebagai pilihannya. Pasalnya, PediaSure mengandung 3 Sumber Protein Kompleks & MCT 15%, DHA, AA, Omega-3 dan Omega-6, Prebiotik FOS dan Probiotik L.acidophilus, serta 14 Vitamin dan juga 9 Mineral.

Pediasure hadir dalam ukuran 200 gram, 400 gram, 850 gram, 1.800 gram serta varian rasa voklat, madu, dan vanila yang lezat. Baca label sebelum membeli, kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut, dan dapatkan PediaSure sekarang juga!

 Sumber:

        Choosing Healthy Protein - HelpGuide.org. Retrieved 4 October 2021, from https://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/choosing-healthy-protein.htm

        Vitamins and Minerals - Nemours TeensHealth. Retrieved 4 October 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/vitamins-minerals.html

        Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview/

        Omega-3 Fatty Acids — The Ultimate Beginner’s Guide. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-guide/

        Probiotics 101: A Simple Beginner's Guide. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-101

        8 Health Benefits of Probiotics. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/8-health-benefits-of-probiotics/

        Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview/

        Prebiotics: The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods/

        Soy Protein: Good or Bad?. Healthline. Retrieved 4 October 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/soy-protein-good-or-bad/

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop