Panduan Bagi Orangtua Dalam Memilih Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Panduan Bagi Orangtua Dalam Memilih Susu Formula Terbaik untuk Bayi

5 hari yang lalu

Semua orang tua pasti ingin memberikan susu formula terbaik untuk bayi mereka. Keinginan ini muncul dengan harapan pertumbuhan si Kecil dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Akan tetapi, bagi sebagian Ibu, memilih produk susu formula yang tepat merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Beberapa hal yang menjadi hambatan bagi para ibu dalam memilih, termasuk:

        Terlalu banyak pilihan

        Tidak bisa membandingkan formula

        Tidak tahu manfaat dari kandungannya

        Takut si Kecil tidak suka

        Takut si Kecil kesulitan mencerna

Apakah pertimbangan di atas ada di benak Ibu ketika memilih susu untuk si Kecil? Jika iya, simak panduan memilih susu formula terbaik untuk bayi berikut ini!

 

Kandungan Protein yang Cocok untuk si Kecil

Protein bisa dibilang merupakan salah satu kandungan paling penting dalam susu. Akan tetapi, jika formulanya tidak sesuai dengan pencernaan buah hati Ibu, hal ini justru dapat membuat perut kembung atau bahkan muntah.

Secara garis besar, protein hewani terbagi menjadi dua, yakni whey serta casein. Untuk casein, pencernaannya cenderung berlangsung lebih lama. Sebaliknya, whey dikenal sebagai protein yang lebih cepat dicerna oleh tubuh.

Perlu disadari, semuanya memiliki fungsi masing-masing dan tidak semua anak akan cocok dengan produk yang sama. Namun, apabila si Kecil mengalami perut kembung, Ibu bisa mencari produk dengan kadar protein whey yang lebih banyak.

Bila tidak tahu caranya, Ibu dapat mencari salah satu susu formula terbaik untuk bayi di pasaran dengan kombinasi protein whey, casein, dan bahkan soya pada saat yang bersamaan. Kombinasi protein tersebut tidaklah dirancang sembarangan, melainkan agar aman dikonsumsi si Kecil serta dapat membawa manfaat yang optimal.

 

Rendah Laktosa bagi yang Tidak Cocok

Laktosa merupakan salah satu jenis karbohidrat yang ada pada susu. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi untuk menjalani hari-hari.

Akan tetapi, beberapa anak terlahir dengan tubuh yang memproduksi enzim penyerap laktosa lebih sedikit. Alhasil, mereka pun jadi lebih sensitif dan justru mengalami masalah pencernaan (indigestion), seperti diare. Nah, apabila si Kecil mengalami intoleransi laktosa seperti ini, pilihlah produk yang rendah laktosa, sehingga aman dikonsumsi oleh buah hati.

 

Aman Dikonsumsi

Keamanan merupakan hal yang wajib menjadi pertimbangan, baik bagi para distributor dan juga konsumen. Akan tetapi, untuk berjaga-jaga, pastikan untuk memeriksa expiry date (baik dikonsumsi sebelum) dan juga kondisi kemasan. Apabila sudah tidak layak dikonsumsi atau kemasannya rusak, hindari pembelian produk formula tersebut.

 

Memang Dirancang Sesuai Usianya

Selanjutnya, pastikan agar kandungan susu formula terbaik untuk bayi memang dirancang untuk bayi seusianya, bukan beberapa bulan lebih tua atau bahkan batita dan balita. Sebab, ada alasannya suatu produk susu dirancang khusus kelompok umur tertentu: kandungan nutrisi yang pas untuk mendukung pertumbuhan yang nyata. Nanti, ketika si Kecil sudah bertambah umur, barulah ganti susu yang ditujukan untuk anak seusianya.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih susu formula terbaik untuk bayi. Kesimpulannya, susu formula yang terbaik adalah yang dapat dicerna, disukai, serta bermanfaat bagi si Kecil. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan segala aspek saat memilih kandungan yang ada. Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui perkembangan serta kebutuhan nutrisi si Kecil.

Ketika sang buah hati sudah semakin besar, tidak ada salahnya untuk memberikannya PediaSure sebagai asupan nutrisi tambahan. PediaSure merupakan produk yang dirancang dengan 3 Sumber Protein Kompleks & Medium-chain Triglycerides (MCT) 15%, DHA dan AA, Omega-3 dan Omega-6, Prebiotik FOS dan Probiotik L.acidophilus, serta 14 Vitamin dan 9 Mineral.

Dapatkan PediaSure yang tersedia dalam tiga varian rasa (coklat, vanila, dan madu) yang hadir dalam berbagai ukuran mulai dari 200 mg hingga 1.800mg. Baca kemasan sebelum membeli dan kunjungi website PediaSure untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat, ya, Bu!

Sumber:

        Baby Formula Guide: How to Choose the Right Kind for Your Kid - Healthline. Retrieved 4 October from https://www.healthline.com/health/parenting/baby-formula-guide-how-to-choose-the-right-kind-for-your-kid#What-about-extra-ingredients?

        Choosing an Infant Formula - CDC. Retrieved 4 October from https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/choosing-an-infant-formula.html

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop