PediaSure, Nutrisi Triple Protein Pendukung Pertumbuhan Anak

PediaSure, Nutrisi Triple Protein Pendukung Pertumbuhan Anak

2 minggu yang lalu

Protein menjadi salah satu asupan yang perlu dicukupi kebutuhannya bagi tubuh manusia, khususnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Protein sendiri merupakan nutrisi pembangun jaringan tubuh.

 

Protein pada tubuh bekerja sebagai enzim, hormon, dan membawa nutrisi ke tubuh. Untuk itu manfaatnya sangat penting demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. Untuk tahu lebih lengkap terkait berbagai informasi soal protein bagi anak, yuk Bu simak sampai selesai, ya!

 

Manfaat Protein dalam Mendukung Pertumbuhan Anak

 

  Protein membantu memelihara dan memperbaiki jaringan vital dan membantu pertumbuhan otot maupun tulang.

  Protein membantu proses pemulihan dan perbaikan jaringan yang ada pada kulit, otot, darah, kuku, dan rambut.

        Menjaga sistem kekebalan anak Anda tetap kuat.

        Protein bisa meningkatkan tinggi dan berat badan pada anak-anak yang kekurangan gizi.

 

Dampak dari Defisiensi Protein

 

Beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh si Kecil bila tubuhnya kekurangan protein seperti nyeri tulang dan sendi, proses pertumbuhan jadi melambat, kurang konsentrasi, mudah merasa lelah, penyembuhan luka yang lebih lama, dan kekebalan tubuh yang kurang kuat.

 

Kebutuhan Protein per Hari yang Diperlukan Tiap Anak Sesuai Usianya

 

Usia

Laki-laki

Perempuan

0 –5 bulan

9 gram

9  gram

6 – 11 bulan

15  gram

15  gram

1 – 3 tahun

20  gram

20 gram

4 – 6 tahun

25  gram

25  gram

7 – 9 tahun

40  gram

40  gram

10 – 12 tahun

50  gram

55 gram

13 – 15 tahun

70  gram

65 gram

16 – 18 tahun

75  gram

65  gram

 

Sumber Protein yang Bisa Diberikan pada Anak

 

Beberapa asupan makanan dan minuman yang tinggi protein bisa ibu berikan pada si Kecil yaitu:

        Daging dan ikan

        Telur

        Unggas

        Susu dengan triple protein

 

Khusus untuk susu, ibu bisa berikan PediaSure dua kali sehari pada menu hariannya. PediaSure menjadi salah satu opsi susu dengan triple protein yang dapat dipilih. Protein yang terdapat dalam susu PediaSure yaitu protein whey, kasein, dan soya.

 

Protein whey termasuk jenis yang mudah dan cepat diserap serta dicerna oleh tubuh sehingga bisa meningkatkan asam amino yang terdapat dalam tubuh dengan cepat. Salah satu asam amino dalam protein whey, yaitu leusin yang bagus untuk menunjang pertumbuhan otot.

 

Bukan hanya itu, manfaat protein whey bagi anak yakni menunjang sistem imun bekerja lebih baik dan memelihara daya tahan tubuh. Protein whey juga mendukung pertumbuhan anak secara optimal dan menambah berat badan.

 

Sedangkan protein kasein memiliki manfaat untuk membantu proses penyerapan mineral seperti kalsium dan fosfor, memelihara kesehatan pencernaan, memperbaiki kondisi serta menjaga kesehatan otot, dan membuat kekebalan tubuh lebih meningkat.

 

Protein whey dan kasein berasal dari hewani, sementara protein soya berasal dari nabati yaitu kedelai. Kedelai merupakan sumber nutrisi alami yang bagus untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan. Kedelai juga memiliki asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

 

Bukan hanya sebagai susu dengan triple protein saja, PediaSure juga mendukung pertumbuhan optimal si Kecil dengan kalsium, fosfor dan vitamin D, 12 vitamin dan 8 mineral, campuran minyak nabati. Daya tahan tubuh juga lebih terjaga karena PediaSure mengandung Prebiotik FOS dan Probiotik, Zinc, dan Selenium.

 

Sebagai susu dengan triple protein, PediaSure juga melengkapi nutrisinya dari kandungan DHA, AA, LA dan ALA untuk bantu perkembangan kognitif si Kecil. Sebagai catatan, PediaSure tidak untuk si Kecil di bawah satu tahun ya, Bu.

 

Di pasaran, ibu bisa menemukan PediaSure dengan triple protein whey, kasein, serta soya dalam beberapa varian rasa yaitu rasa vanilla (200g, 400g, 850g, 1800g), madu (200g, 400g, 850g), dan cokelat 400g. PediaSure juga memiliki rasa yang enak dan bisa dikonsumsi dua kali sehari. 

 

Sumber:

Abbott Family. Retrieved 10 May 2021, from https://abbottfamily.com.sg/articles/school/why-protein-important-for-kids-growth#:~:text=They%20help%20repair%20and%20maintain,development%20of%20every%20child1.

 

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Retrieved 10 May 2021, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

 

Nutrition News Abbott. Protein's important role in child growth and development. (2018, August 8). Retrieved 10 May 2021, from https://www.nutritionnews.abbott/pregnancy-childhood/kids-growth/why-is-protein-important-for-kids-growth/

 

Abbott Family. 5 Healthy Reasons to Drink Soy Formula. Retrieved 10 May 2021 from, https://abbottfamily.com.sg/articles/toddler/goodness-of-soy#:~:text=Like%20cow's%20milk%2C%20soy%20formula,%2C%20lutein%2C%20prebiotics%20and%20calcium.

 

Cleveland Clinic. Why Extra Protein for Your Child Is Unnecessary – and Possibly Dangerous. Retrieved 10 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/why-extra-protein-for-your-child-is-unnecessary-and-possibly-dangerous/

 

SF Gate. Does Whey Protein Help Children Grow Taller? Retrieved 10 May 2021, from https://healthyeating.sfgate.com/whey-protein-children-grow-taller-9086.html

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop