Kenali Pentingnya Konsumsi Produk Susu Tinggi Protein Berikut

Kenali Pentingnya Konsumsi Produk Susu Tinggi Protein Berikut

3 minggu yang lalu

Untuk menambah dan menjaga nutrisi si Kecil, orang tua perlu mengenali macam-macam dari nutrisi tersebut sehingga Anda memahami mengapa pemenuhan gizi membutuhkan nutrisi yang penting. Salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh si Kecil yaitu protein.

Protein merupakan nutrisi yang dapat ditemukan di hampir seluruh jaringan tubuh kita, seperti otot, tulang, kulit, dan rambut. Protein di dalam tubuh membantu untuk membawa oksigen dan hemoglobin pada darah. Untuk lebih memahminya, berikut beberapa jenis protein yang perlu diketahui:

Protein Kasein

Protein kasein biasanya ditemukan di dalam susu tinggi protein yang terserap secara bertahap sehingga membantu dalam membangun massa otot dan menghilangkan lemak. Protein kasein bekerja dengan menguraikan otot menjadi asam amino yang stabil untuk mencegah kerusakan dan membantu dalam pertumbuhan si Kecil. Protein kasein juga membantu dalam mengontrol kolesterol serta fungsi kekebalan pada tubuh.

Whey Protein

Whey protein merupakan protein yang berbasis susu tinggi protein yang menyerap dengan cepat. Whey protein ini membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan otot karena terdapat kandungan asam amino di dalamnya. Selain pertumbuhan dan pemulihan otot, whey protein ini dapat membantu menjaga tekanan darah, kadar gula, kesehatan usus dan jantung, serta membantu dalam mengatur berat badan.

Protein Isolat Soya

Protein yang berasal dari kacang kedelai disebut dengan protein isolat soya. Kacang kedelai diambil isolat proteinnya untuk dijadikan bahan susu tinggi protein. Isolat soya juga membantu si Kecil dalam meningkatkan energi dan membangun massa ototnya, selain itu dapat membantu untuk menjaga keseimbangan hormon dan penyakit jantung di masa yang akan datang.

Nah, itu dia jenis-jenis dari protein yang tentunya sangat penting dalam pertumbuhan si Kecil. Selanjutnya, dari mana saja sih kita dapat menemukan protein-protein tersebut untuk memenuhi nutrisi si Kecil?

Sumber-Sumber Protein

Protein berasal dari sumber makanan yang mengandung asam amino, biasanya protein ini didapatkan melalui:

  1. Produk Hewani

Produk hewani yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, seperti daging sapi, ayam, dan bebek. Serta boga bahari seperti ikan, udang, kepiting, kerang, dan lain-lain.

  1. Produk Susu

Produk susu yang memiliki sumber protein seperti susu, yoghurt, dan keju

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang almond, mete, kedelai, buncis, dan tahu dapat menjadi sumber protein meskipun kandungan protein yang terdapat di dalam kacang atau biji tersebut tidak setinggi kandungan protein pada daging ataupun produk susu.

Nutrisi yang didapatkan si Kecil melalui sumber-sumber protein yang sudah disebutkan di atas tentunya penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan tubuh. Jadi, dengan mengonsumsi sumber protein, si Kecil akan mendapatkan manfaatnya dalam usia pertumbuhan tersebut. Dalam pemenuhan nutrisi si Kecil, orang tua juga perlu mengetahui protein yang dibutuhkan si Kecil sesuai dengan usianya berdasarkan anjuran dari Kemenkes RI perihal Angka Kecukupan Gizi.

 

 

Kelompok Usia

Protein (g)

1-3 tahun

20 g

4-6 tahun

25 g

7-9 tahun

40g

10-12 tahun (laki-laki)

50 g

10-12 tahun (perempuan)

55 g

 

Untuk memenuhi protein si Kecil agar mendapatkan pertumbuhan yang baik dan sesuai dengan anjuran dari tabel di atas, selain diberikan asupan makanan yang memiliki sumber protein, susu tinggi protein juga dapat membantu pertumbuhan si Kecil. Berikan si Kecil asupan seimbang dan lengkapi dengan susu tinggi protein, Pediasure dengan triple protein kompleks bantu pertumbuhan nyata secara optimal.

PediaSure dilengkapi dengan 3 sumber protein seperti kasein, whey, dan isolat soya. PediaSure pun dilengkapi berbagai varian, mulai dari rasa madu, rasa cokelat, rasa vanilla. Pediasure tersedia di Minimarket, Supermarket serta official store Abbott di beberapa market place.

 

 

Sumber:

·        The Importance of Protein for Children’s Growth - Baby & Child Nutritionist. (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from https://www.srnutrition.co.uk/2020/07/the-importance-of-protein-for-childrens-growth/

·        Whey protein - Mayo Clinic. (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-whey-protein/art-20363344

·        Protein - Better Health Channel. (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/protein

·        What Are the Benefits of Soy Protein Isolate? (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from https://www.webmd.com/diet/what-to-know-soy-protein-isolate

·        Protein | The Nutrition Source | Harvard T.H. Chan School of Public Health. (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/protein/

·        PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). Retrieved October 16, 2021, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

 

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop