Inilah Mengapa Mengukur Pertumbuhan si Kecil Secara Rutin Sangat Penting!

Inilah Mengapa Mengukur Pertumbuhan si Kecil Secara Rutin Sangat Penting!

1 tahun yang lalu

Kapan terakhir kali ibu mengukur tinggi dan berat badan si Kecil? Seminggu yang lalu? Lebih dari sebulan yang lalu? Atau mungkin lebih?

Mengukur pertumbuhan anak secara berkala sangat penting karena dengan mengukur, kita dapat mengetahui kondisi perkembangan anak. Kita dapat mengetahui apakah pertumbuhan anak sudah ideal atau ternyata belum ideal, bahkan terganggu pertumbuhannya.

Apa yang dimaksud dengan ideal?

Ideal disini artinya adalah hasil pengukuran pertumbuhan anak sudah sesuai dengan standar grafik pertumbuhan yang dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization). Perlu diketahui bahwa kita harus mengukur 2 aspek, yaitu tinggi badan dan berat badan si kecil.

Bagaimana cara mengetahui apakah tinggi dan berat badan anak sudah ideal?

WHO sebagai badan kesehatan dunia merilis sebuah grafik kurva atau plotting chart. Untuk mengetahui tinggi dan berat badan yang dianjurkan, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan umur, panjang badan (anak di bawah 2 tahun)/tinggi badan (anak di atas 2 tahun), dan berat badan. Panjang/ tinggi dan berat badan ini berada pada garis horizontal pada kurva.

Pada garis vertikal, tentukan umur, panjang/ berat badan, dan IMT. Terakhir yang perlu dilakukan adalah menghubungkan posisi garis horizontal dan vertikal (secara tegak lurus) sampai mendapatkan titik plot (plotted point).

Mengapa sangat penting untuk memastikan anak tumbuh dalam kondisi ideal?

Sebuah riset bersumber dari CDC Growth Chart menunjukkan bahwa 60% tinggi saat dewasa dicapai pada 5 tahun pertama kehidupan anak*. Jadi pertumbuhan di usia 0 – 5 tahun adalah usia emas bagi pertumbuhan anak. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memberikan asupan makanan dan gizi yang lengkap dan seimbang, supaya pertumbuhan si kecil selalu maksimal.

Apa yang harus saya lakukan jika sudah ideal?

Pertahankan pertumbuhan ideal si kecil dengan selalu memberikan gizi yang lengkap dan seimbang. Jangan lupa untuk mengukur pertumbuhan si kecil (tinggi dan berat badan) secara berkala, sebulan sekali.

Selain itu berikan Pediasure Triplesure dengan 3 sumber bahan protein, 12 vitamin dan 6 mineral untuk terus menjaga asupan gizi untuk si Kecil ya, Bu!

Bagaimana jika belum ideal?

Segera konsultasikan ke tenaga medis profesional untuk mengetahui penyebab dari permasalahan tumbuh kembang agar kita dapat mengetahui kondisinya. 

Selain itu Ibu perlu ketahui bahwa Pediasure Complete adalah nutrisi untuk dukungan keperluan gizi buruk atau gizi kurang yang dapat mendukung kejar tumbuh si Kecil, tentu saja penggunaannya harus sesuai rekomendasi dokter anak.  

KESIMPULAN

Mengukur pertumbuhan sangat penting agar kita mengetahui apakah si kecil sudah tumbuh secara maksimal/ ideal. Ideal yang dimaksud adalah saat tinggi dan berat badan anak sudah sesuai dengan tahapan umur atau perkembangan anak; yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia WHO. Jika sudah ideal, pertahankan pertumbuhannya dengan memberikan gizi yang lengkap dan seimbang. Jika belum ideal, segera konsultasikan ke tenaga medis profesional agar nantinya si kecil dapat tumbuh dengan ideal.

 

*CDC Growth Chart, Height for age values for 50th percentile at 5 years; 20years: WHO 2007 page 42

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop