Anak Tidak Mau Minum Susu? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Anak Tidak Mau Minum Susu? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

1 minggu yang lalu
Dibaca 98

Setiap orangtua pasti ingin memberikan asupan terbaik untuk menunjang tumbuh kembang buah hatinya.

Namun, upaya tersebut terkadang tidak berjalan mulus. Seperti ketika Ibu mendadak mendapati anak tidak mau minum susu.

Ibu bakal pusing saat anak tiba-tiba menggelengkan kepala, menutup mulut, atau lari ketika diberikan susu.

Meskipun persoalan ini bikin pening, jangan putus asa dulu, Ibu. Simak penyebab dan cara agar anak mau minum susu berikut manfaat susu yang penting bagi anak!

Pentingnya Susu bagi Anak

Susu adalah asupan bergizi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan protein, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan zinc secara alami.

Perlu Ibu ketahui bahwa anak membutuhkan berbagai zat gizi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Namun, terkadang nutrisi ini susah tercukupi dengan hanya mengandalkan makanan. Terlebih jika si kecil termasuk tipe yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater.

Baca Juga: Terlengkap! 10 Makanan Yang Mengandung Protein

Kandungan nutrisi sejumlah susu yang dilengkapi berbagai mineral dan vitamin dapat membantu menambal kekurangan zat gizi tersebut.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah anak kekurangan kalsium. Anak umur 1 hinggaa 3 tahun setiap hari butuh 650 miligram kalsium. Jumlah ini bisa melonjak sampai 1.000 miligram per hari ketika anak sudah berumur 4 tahun.

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Sayangnya, tabungan kalsium sebagai bekal masa depan perlu dipupuk sejak dini.

Selepas masa puber, orang dewasa hanya dapat mengandalkan tabungan kalsium sejak lahir untuk menjaga kekuatan tulang.

Nah, minum susu adalah cara paling praktis untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Satu gelas susu mengandung sekitar 300 miligram kalsium. Jadi, minum susu dua gelas per hari umumnya cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak.

Selain itu, kandungan protein dan kalori susu juga penting bagi anak. Selama ini banyak anak malnutrisi sehingga tumbuh kembangnya terganggu. Penyebabnya, anak kekurangan protein dan kalori karena cuma mengandalkan makanan alakadarnya.

Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, Ibu bisa memberikan anak susu di samping makanan bergizi lengkap dan seimbang.

Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu

Menghadapi si kecil yang mendadak menolak susu terkadang memang bisa membuat frustasi. Tapi, coba Ibu perhatikan kira-kira apa sebab anak tidak mau minum susu dari kemungkinan berikut:

1. Rasanya berbeda dari biasanya

Banyak anak yang semasa bayi doyan minum ASI tapi emoh minum susu formula. Perbedaan rasa, bau, sampai aroma ini bisa memengaruhi selera si kecil sampai jadi penyebab anak tidak mau minum susu formula.

2. Tidak cocok dengan suhu susu

Terkadang anak bisa menolak susu lantaran suhu saat disajikan terlalu panas atau suhunya tidak cocok dengan selera anak. Refleks anak ketika mendapati susu kepanasan biasanya langsung menangis atau memuntahkan susu karena tidak nyaman diminum.

3. Ada paksaan saat minum susu

Tekanan atau paksaan yang ditujukan kepada anak agar mau minum susu justru membuat anak semakin enggan dan antipati saat dianjurkan minum susu.

4. Distraksi

Apabila anak minum susu sembari bermain atau mengerjakan hal lain yang dapat mengalihkan perhatian si kecil dari minum susu, ada kemungkinan juga susu yang Ibu berikan tidak diminum.

5. Terlalu banyak makan atau minum lainnya

Penyebab anak tiba-tiba tidak mau minum susu formula terkadang juga bisa karena anak terlalu banyak makan atau mengonsumsi minuman lain seperti es teh, jus, atau minuman manis lainnya.

6. Sedang sakit atau tubuh tidak nyaman

Kondisi anak yang sedang sakit atau tubuh tidak fit juga bisa menurunkan nafsu makan dan minum, termasuk susu.

Baca Juga: Solusi Anak Susah Makan? Cek 5 Asupan Ini!

Cara Agar Anak Mau Minum Susu

Cara mengatasi anak tidak mau minum susu sebaiknya disesuaikan dengan akar penyebabnya. Jadi, penting bagi Ibu mengidentifikasi penyebab pastinya.

Setelah itu, coba upayakan beberapa cara agar anak mau minum susu formula berikut ini:

  • Hindari memaksa anak minum susu, apalagi dengan membentak-bentak. Coba minta anak secara perlahan-lahan atau dengan cara lebih halus agar mau minum susu.
  • Cara lain agar anak mau minum susu juga bisa dengan mencontohkan anak minum susu. Ketika si kecil melihat Ibu atau orang sekitarnya menikmati susu, besar kemungkinan minat anak pada susu juga tumbuh
  • Awali dengan memberikan susu dengan porsi kecil. Jangan langsung memberikan takaran sesuai anjuran atau rekomendasi ideal. Dengan begitu, anak tidak merasa kewalahan dan antipati dulu sebelum mencoba
  • Untuk menarik minat anak, coba sajikan susu dalam cangkir, gelas, botol, atau sedotan yang memiliki desain unik dan menarik. Dengan begitu, anak tertarik untuk mencoba minum susu
  • Sajikan susu sesuai suhu yang disukai anak. Jika anak suka minuman dingin, berikan susu dingin. Jika anak nyaman dengan susu hangat, berikan susu hangat sesuai seleranya
  • Coba tingkatkan minat anak minum susu dengan meminta anak menuangkan atau menyiapkan sendiri susu yang akan diminum. Proses seperti ini terkadang bisa membuat anak tertarik minum susu ketimbang hanya disajikan ala kadarnya
  • Jika penyebab anak tidak mau minum susu karena aroma tertentu, Ibu juga bisa menjajal susu rasa vanila, stroberi, atau rasa lain yang memiliki aroma kuat dan segar
  • Ibu juga bisa menyiapkan susu dalam bentuk smoothie atau diberi tambahan jus buah atau es kesukaan anak, mencampurkan susu yang biasanya diminum anak dengan sereal sarapan, digunakan sebagai bahan pembuatan lolipop, atau makaroni panggang kesukaan anak.

Selain menjajal sederet cara agar anak mau minum susu di atas, Ibu juga bisa kreatif menciptakan sendiri strategi mengatasi anak tidak mau minum susu.

PediaSure Nutrisi Harian dengan Rasa Kesukaan Anak

Ibu yang ingin memberikan nutrisi harian untuk menunjang tumbuh kembang optimal anak dengan cita rasa enak kesukaan si kecil bisa menjajal PediaSure untuk buah hatinya.

Nutrisi tambahan ini tersedia dalam empat pilihan rasa yang sudah disesuaikan dengan selera favorit anak; di antaranya classic milky, vanilla, madu, dan coklat.

PediaSure diperkaya dengan 3 sumber protein, arginine, vitamin K2, dan tinggi kalsium untuk membantu buah hati mencapai tonggak pertumbuhannya.

Nutrisi harian ini juga diperkaya dengan campuran sinbiotik prebiotik FOS, probiotik L.acidophilus, 14 macam vitamin, dan 9 mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar si kecil tidak gampang sakit.

Selain itu, kandungan omega 3, omega 6, AA, dan DHA dalam nutrisi tambahan ini juga menunjang kemampuan berpikir anak.

Untuk memetik manfaat optimal nutrisi tambahan ini, Ibu bisa memberikan 4 sendok takar PediaSure yang diberi campuran 190 Mililiter air matang sebanyak 2 kali sehari. Atau, berikan sesuai anjuran dokter anak yang menangani.

Memilih asupan nutrisi tambahan dengan cita rasa yang disukai anak dapat menjadi salah satu cara untuk mengakali anak tidak mau minum susu lho Bu!

 

 

SUMBER:

Key Message 7 - Consume adequate amounts of milk and milk products - Malaysian Dietary Guidline. Retrieved on July 31, 2022 from https://www.moh.gov.my/moh/images/gallery/Garispanduan/diet/km7.pdf  

Decline in Childhood Milk Consumption May Affect Long Term Health - Verywell Family. Retrieved on July 31, 2022 from https://www.verywellfamily.com/decline-in-milk-consumption-may-affect-long-term-health-5077384  

Easy and Effective Ways to Make Kids Drink Milk - Firstcry. Retrieved on July 31, 2022 from https://parenting.firstcry.com/articles/easy-and-effective-ways-to-make-kids-to-drink-milk/  

What to Do When Your Child Won’t Drink Milk - Cleveland Clinic. Retrieved on July 31, 2022 from https://health.clevelandclinic.org/child-wont-drink-milk/ 

Do Kids Really Need to Drink Milk? - Live Science. Retrieved on July 31, 2022 from https://www.livescience.com/49551-should-kids-drink-milk.html  

Toddler Suddenly Refusing Milk? Here's What to Do - Sleeping should be easy. Retrieved on July 31, 2022 from https://sleepingshouldbeeasy.com/toddler-suddenly-refusing-milk/  

When your child does not drink milk - Family Medicine. Retrieved on July 31, 2022 from https://family-medicine.ca/images/doesntdrinkmilkYork1.pdf

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
10 Cara Mudah dan Seru Mengajarkan Anak Membaca
10 Cara Mudah dan Seru Mengajarkan Anak Membaca
Umumnya, anak mulai membaca saat memasuki usia sekolah. Tapi, bagaimana ya cara mudah untuk mengajarkan anak membaca? Yuk simak di sini!
1 minggu yang lalu
Yuk, Pahami Pengertian Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Berikut!
Yuk, Pahami Pengertian Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Berikut!
Bagaimana cara anak berpikir hingga memecahkan masalah adalah bagian penting dari perkembangan kognitif. Temukan definisi dan pengertian lengkapnya disini
1 minggu yang lalu
Tinggi dan Berat Badan Berpengaruh Pada Kecerdasan Anak
Tinggi dan Berat Badan Berpengaruh Pada Kecerdasan Anak
Jika saat ini usia si kecil tengah menginjak umur 1-5 tahun, Ibu harus mendukung pertumbuhan optimal si kecil nih.
2 tahun yang lalu