Waspadai Penyakit yang Jadi Penyebab Demam Tinggi Serta Cara Mengatasinya Berikut Ini

Waspadai Penyakit yang Jadi Penyebab Demam Tinggi Serta Cara Mengatasinya Berikut Ini

3 minggu yang lalu

Demam merupakan tanda bahwa tubuh mengalami peningkatan suhu lebih dari normal yakni 38°C atau lebih untuk anak-anak.. Namun, bisa jadi peningkatan suhu tersebut sangat drastis hingga melebihi 40°C. Apabila sudah terjadi hal seperti ini, apa yang bisa kita lakukan, ya, Bu?

Langkah pertama yang selalu harus dilakukan adalah dengan cara memperhatikan gejala-gejala lain untuk menentukan penyebab demam tinggi. Dari situ, barulah Ibu dapat memberikan pengobatan yang tepat dengan rekomendasi dari dokter. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Influenza

Influenza, atau yang juga dikenal dengan sebutan flu, terjadi ketika virus menginfeksi saluran pernapasan mulai hidung, tenggorokan, atau paru-paru. Gejala-gejala yang dialami pada umumnya adalah rasa lemas, tubuh sakit, batuk, tenggorokan sakit, menggigil, dan tentu saja, demam.

Dahulu, influenza merupakan sebuah pandemi yang mematikan, dengan korban jiwa hingga 500 juta penduduk. Namun, penyebab demam tinggi ini bisa dilalui dengan memperbanyak istirahat, meminum obat yang diberikan dokter, memastikan tubuh tidak kedinginan, dan perbanyak minum air.

Pneumonia

Penyebab demam tinggi ini mirip dengan influenza di mana ada terjadinya infeksi mikroba di area paru-paru. Pneumonia merupakan kondisi yang sangat berbahaya, yang dapat menyebabkan kematian, tergantung \parah atau tidaknya kondisinya.

Sakit saat Gigi Tumbuh

Di masa pertumbuhannya yang masih dini, si Kecil akan menumbuhkan gigi. Di tahapan pertumbuhan ini, si Kecil mungkin akan memunculkan gejala demam. Namun, tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini akan berlalu dengan sendirinya.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh dimakan Saat Demam

COVID-19

Penyakit yang disebabkan oleh coronavirus SARS-CoV-2 ini menjadi sesuatu yang menghantui seluruh masyarakat saat ini lantaran kemampuannya menyebar dengan cepat dan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, tak lama setelah kemunculannya, COVID-19 pun diumumkan sebagai pandemi. Adapun cara kerja penyakit ini adalah dengan menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan ARDS dan pneumonia.

Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Menangani Kondisi Ini

Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala. Artinya, dengan memahami kondisi di atas, Ibu sudah mengambil langkah untuk menangani masalah yang ada. Selanjutnya, pastikan ulang dengan melakukan hal-hal berikut ini!

        Memberikan obat sesuai rekomendasi dokter

        Mengecek suhu dengan termometer secara rutin

        Melihat perkembangan kondisi umum

        Memastikan si Kecil beristirahat cukup

        Memastikan asupan air yang cukup agar tidak dehidrasi

        Jika akan mandi, gunakan air hangat

        Meminta bantuan jika ada gejala yang parah

Demikian penjelasan seputar berbagai macam penyebab demam tinggi. Bisa disimpulkan, demam merupakan gejala yang muncul karena adanya suatu reaksi yang dialami tubuh dan bukanlah merupakan penyakit. Pastikan untuk menangani penyakit atau keadaan yang menyebabkan demam secara cepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian vaksin (imunisasi) sesuai rekomendasi Program Imunisasi Pemerintah. Sebagai contoh, lakukan imunisasi influenza dan pneumonia sejak dini dan pastikan Ibu dan anak yang lewat usia 12 tahun ke atas memperoleh vaksin COVID-19.

Selain itu, menjaga daya tahan tubuh si Kecil merupakan hal yang penting agar mereka terhindar dari berbagai infeksi penyakit. Bila perlu, Ibu pun dapat memberikan asupan nutrisi tambahan berupa PediaSure setiap hari. PediaSure tersedia dalam tiga rasa—vanila, coklat dan madu—dan juga berbagai ukuran kemasan, mulai dari 200gr hingga 1800gr, tergantung varian rasa yang dipilih. Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website PediaSure dan baca kemasan sebelum membeli.

 

Sumber:

·        1918 pandemic (H1N1 virus). (2020, June 16). Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/flu/pandemic-resources/1918-pandemic-h1n1.html (Retrieved 18 October 2021)

·        COVID‐19 acute respiratory distress syndrome (ARDS): Clinical features and differences from typical pre‐COVID‐19 ARDS. (n.d.). PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7361309/ (Retrieved 18 October 2021)

·        Flu. (2017, October 23). nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/flu/ (Retrieved 18 October 2021)

·        Jewell, T. (n.d.). Everything you should know about the 2019 coronavirus and COVID-19. Healthline. https://www.healthline.com/health/coronavirus-covid-19#COVID-19-Symptoms-Usually-Show-Up-in-This-Order (Retrieved 18 October 2021)

·        Normandin, B. (n.d.). Everything you need to know about pneumonia. Healthline. https://www.healthline.com/health/pneumonia (Retrieved 18 October 2021)

·        Thomas, J. (n.d.). Facts and statistics about the flu. Healthline. https://www.healthline.com/health/influenza/facts-and-statistics#Complications-and-mortality (Retrieved 18 October 2021)

 

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop