Perbaiki Asupan Nutrisi Penambah Nafsu Makan

Perbaiki Asupan Nutrisi Penambah Nafsu Makan

1 bulan yang lalu

Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang  menjadi kunci penting pada pertumbuhan si Kecil. Kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D, zat besi adalah unsur yang cukup penting pada masa pertumbuhan. Selain itu, kebutuhan kalori anak pun tidak boleh kurang setiap harinya. Kebutuhan kalori anak per hari berbeda sesuai usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisiknya.

Rata-rata, anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari. Dengan makanan yang sehat dan dibantu meminum susu untuk menopang pertumbuhannya, si Kecil akan tumbuh dengan sehat dan kuat.

Sayangnya, terkadang, si Kecil bisa tiba-tiba kehilangan nafsu makan. Hal ini dapat merambat pada konsumsi susu pula. maka, diperlukanlah cara-cara untuk mengembalikan kondisi pertumbuhan si Kecil.

Penjelasan berikut ini akan menjawab bahwa manusia memang terprogram untuk memenuhi asupan kasein, sehingga si Kecil mungkin akan terbiasa untuk minum susu dan ini bisa dijadikan salah satu cara perbaiki asupan nutrisi. Selain itu, simak juga tips-tips lainnya untuk menambah asupan nutrisi dan meningkatkan selera makan si Kecil berikut ini.

 

1. Percantik Sajian Makanan

Selain menggunakan suplemen penambah nafsu makan, ada tips-tips yang dapat Ibu lakukan untuk menambah nafsu makan anak. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat penampilan pada makanan menjadi menarik.

Membuat penampilan sajian makanan yang dihidangkan untuk si Kecil menjadi enak dilihat membuat mood si Kecil kembali terpancing untuk menikmati makanan yang disajikan. Bila si kecil tidak bernafsu untuk memakan sayuran dan buah-buahan, Ibu bisa mencoba menyajikannya semenarik mungkin di atas piring sehingga si Kecil mau memakannya dengan lahap.

 

2. Hidangkan Aroma Menyengat yang Membuat Lapar

Indera si Kecil mempunyai kemampuan yang sangat baik. Dengan menyajikan makanan beraroma lezat dan menggoda si kecil dengan kekuatan aromanya, biasanya si Kecil akan terpancing dan luluh karena indra penciumannya telah terstimulus oleh Aroma yang keluar dari sajian lezat makanan yang akan dihidangkan. Tips ini juga bisa jadi langkah jitu untuk mengembalikan nafsu makan si Kecil.

 

3. Sajikan dengan Porsi Kecil

Porsi yang terlalu besar membuat si Kecil malas ketika melihat banyaknya hidangan yang tersaji dalam porsi makannya. Terlalu sering melihat banyaknya sajian dalam satu porsi membuat nafsu makan si Kecil mengurang karena terbebani harus melahap sebegitu banyaknya hidangan makan. Maka dari itu, sajikanlah dengan porsi kecil. Agar kebutuhan kalori dan nutrisi lainnya tetap seimbang, Ibu bisa memberikan anak makan dengan porsi kecil beberapa kali dalam satu hari.

 

4. Ciptakan Kreasi Makanan

Kreasi makanan untuk si Kecil menghilangkan rasa bosan karena disajikan makanan yang itu-itu saja. Dengan kreasi makanan, meski menggunakan bahan makanan yang sama, karena bentuk dan hidangannya yang berbeda, si Kecil akan tetap bersemangat untuk melahap makanan yang diberikan. Selain itu, keanekaragaman sajian bisa menjadi kunci utama.

 

5.Memberikan Nutrisi yang Tepat untuk Bantu Menambah Nafsu Makan

Memberikan nutrisi yang tepat untuk bantu menambah nafsu makan si Kecil juga perlu diperhatikan. Tidak sedikit orang tua yang memberikan suplemen vitamin tambahan untuk dapat tetap memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil. Beberapa contoh nutrisi yang diperlukan antara lain Vitamin A, B Kompleks, C, dan Vitamin D.

PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete, mungkin direkomendasikan oleh dokter spesialis anak, untuk dukung nutrisi harian bagi si Kecil yang sedang kejar tumbuh. Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, Ibu dapat mengunjungi halaman produk PediaComplete di sini, serta pastikan untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak kesayangan si Kecil dan keluarga.

 

 

SUMBER:

        25 Foods That Make You Hungrier - Eat This, Not That! (2020). Retrieved 5 June 2021, from https://www.eatthis.com/foods-that-make-you-hungry/

        8 Cara Menambah Nafsu Makan Anak - Alo Dokter (2018). Retrieved 5 June 2021, from https://www.alodokter.com/8-cara-menambah-nafsu-makan-anak

Home

Produk

Growthpedia

Artikel

Shop