Waspada Radang Tenggorokan pada Anak! Cek 7 Cara Mengobatinya di Sini

Waspada Radang Tenggorokan pada Anak! Cek 7 Cara Mengobatinya di Sini

1 bulan yang lalu
Dibaca 1,33 ribu
5 Menit membaca

Radang tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang bisa dialami siapa saja; termasuk anak-anak. Sakit atau infeksi tenggorokan ini memiliki nama medis faringitis. Faringitis sendiri merupakan kumpulan gejala yang ditandai dengan kondisi kemerahan, rasa sakit, hingga bengkak di area tenggorokan atau faring.

Saat mengalami kondisi ini, Si Kecil bisa merasa tidak nyaman dan kesakitan saat minum atau menelan makanan. Tak jarang hal ini membuat Si Kecil rewel dan Ibu menjadi khawatir.

Kondisi ini tentu mengganggu ya, Bu? Namun, Ibu tidak usah panik. Yuk, simak cara mengobati radang tenggorokan pada anak dalam artikel berikut ini!

Penyebab Radang Tenggorokan

Pada umumnya, faringitis atau sakit tenggorokan pada anak disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek, flu, atau mononukleosis (mono). Kebanyakan kasus radang tenggorokan yang terjadi pada anak-anak akibat virus dapat sembuh sendiri. Hal ini terjadi karena sifat penyakit yang berupa self limiting disease atau bisa sembuh sendiri.

Namun, pada sejumlah kecil kasus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Termasuk akibat dari infeksi streptokokus dan infeksi telinga. Meski begitu, jarang terjadi peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Sakit tenggorokan juga dapat disebabkan oleh tonsillitis jika amandel anak terlihat bengkak dan merah. Selain itu, anak juga bisa merasakan sakit tenggorokan saat menderita sariawan.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan pada Anak

Ibu perlu mengenali gejala atau ciri-ciri radang tenggorokan pada anak agar dapat segera memberikan pertolongan pertama maupun pengobatan untuk Si Kecil. Berikut ini sejumlah ciri-ciri faringitis yang terjadi pada anak:

-          Tenggorokan terasa sakit atau perih

-          Demam

-          Pernapasan buruk

-          Rasa gatal di tenggorokan

-          Kemerahan pada area belakang mulut

Salah satu gejala faringitis adalah demam. Jika Ibu bertanya demam radang tenggorokan pada anak berapa lama, jawabannya mungkin terjadi beberapa hari. Pada kasus faringitis akibat pilek, demam mungkin terjadi selama 3 hingga 5 hari.

Jika radang tenggorokan pada anak disebabkan oleh pilek, Si Kecil juga akan menunjukkan gejala hidung meler, batuk, demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan mungkin rasa sakit di telinga.

Sementara itu, jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus flu, anak juga akan merasakan sakit dan nyeri pada tubuhnya.

7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Saat anak mengalami sakit di area tenggorokan, salah satu hal yang dirasakan tentu rasa sakit terutama jika digunakan untuk menelan makanan maupun minuman. Tak heran jika rasa sakit tersebut memicu si Kecil menjadi rewel.

Jika sudah begitu, tidak jarang Ibu menjadi khawatir dan panik untuk segera membuat anak merasa lebih nyaman. Berikut, beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengobati radang tenggorokan pada anak.

1. Beri anak makanan lembut

Saat merasakan sakit tenggorokan akibat peradangan, anak akan kesulitan menelan makanan. Oleh sebab itu, Ibu bisa memberikan makanan lembut, seperti kentang tumbuk, bubur, sereal, jus apel, atau telur, untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan Si Kecil ketika menelan.

2. Beri anak banyak cairan

Memberi banyak cairan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi peradangan pada tenggorokan anak. Ibu bisa membantu anak minum air putih atau jus apel agar ia mendapatkan asupan cairan yang cukup.

3. Beri anak minuman hangat

Minuman hangat seperti teh herbal dengan madu atau jus apel encer bisa membantu meredakan sakit tenggorokan pada anak. Namun, perlu diingat ya Bu, jangan berikan madu untuk anak di bawah usia 1 tahun.

4. Beri obat pelega tenggorokan

Untuk anak di atas usia 4 tahun, Ibu bisa memberikan obat pelega tenggorokan atau batuk. Ibu juga juga memberikan semprotan tenggorokan. Namun, pastikan selalu berkonsultasi dengan tenaga medis dan membaca tabel pada kemasan obat untuk mengetahui dosis yang tepat bagi Si Kecil. Ibu juga sebaiknya menghindari semprotan tenggorokan yang mengandung benzokain karena dapat menyebabkan reaksi obat.

5. Minta anak berkumur air garam

Untuk anak di atas usia 6 tahun, Ibu bisa membuat larutan air hangat dengan setengah sendok teh garam dapur. Bantulah anak berkumur dengan larutan garam tersebut untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokannya. Namun, perlu diingat, jangan sampai air garam tersebut tertelan Si Kecil, ya Bu.

6. Biarkan anak beristirahat dengan nyaman

Salah satu cara efektif untuk melawan infeksi virus penyebab faringitis adalah dengan istirahat yang cukup. Oleh sebab itu, Ibu perlu memastikan anak dapat tidur nyenyak di ruangan yang nyaman. Pastikan juga ruangan tempat anak beristirahat terhindar dari paparan asap rokok.

7. Bawa anak ke dokter

Ibu perlu membawa anak ke dokter jika peradangan pada tenggorokan Si Kecil tidak segera membaik dan muncul gejala lain, seperti kesulitan menelan hingga tidak bisa membuka mulut, dehidrasi, demam tinggi, atau Si Kecil tampak lesu. Dalam kondisi tersebut, penanganan medis diperlukan untuk mengobati tenggorokan yang meradang pada anak.

PediaSure, Asupan Nutrisi Tambahan untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Setelah mengetahui cara mengobati faringitis di atas, ada baiknya Ibu juga perlu tahu cara mencegahnya. Salah satu cara pencegahan paling efektif agar anak terhindar dari sakit tenggorokan adalah memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Ibu bisa memberikan PediaSure sebagai asupan nutrisi tambahan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tentunya si Kecil akan lebih jarang mengalami sakit dan memelihara kesehatan secara keseluruhan.

PediaSure dapat dikonsumsi si Kecil mulai usia 1 tahun hingga 10 tahun lho, Bu!

Si Kecil bisa merasakan manfaat daya tahan tubuh yang terjaga dengan berbagai kandungan baik dalam PediaSure. Kandungan tersebut di antaranya prebiotik FOS dan probiotik, zat besi, zinc, dan Selenium.

Bukan hanya itu, PediaSure diperkaya dengan DHA serta Omega 3 & 6. Berbagai jenis asam lemak tersebut membantu perkembangan fungsi kognitif dan daya pikir si Kecil.

Kandungan lain yang tidak kalah penting dalam segelas PediaSure adalah Arginine dan Vitamin K2. Fungsinya adalah mendukung pertumbuhan tulang si Kecil.

PediaSure juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk anak, yakni Triple Protein atau 3 sumber protein kompleks (whey, kasein, dan soya), 14 vitamin dan 9 mineral, campuran minyak nabati, kalsium, dan fosfor. Berbagai kandungan tersebut membantu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lho, Bu!

Selain dengan berbagai manfaat di atas, PediaSure juga disukai oleh Si Kecil karena varian rasanya. Saat ini, PediaSure hadir dalam beberapa varian rasa, yaitu Coklat (400g), Vanila (200g, 400g, 850g, dan 1800g), Madu (200g, 400g, dan 850g), dan Classic Milky (400g).

Yuk, cegah si Kecil dari radang tenggorokan dengan menjaga daya tahan tubuhnya. Daya tahan tubuh si Kecil dapat terjaga melalui asupan nutrisi yang baik. Yuk, jangan lupa memberikan PediaSure 2 hingga 3 gelas sehari pada si Kecil.

 

 

SUMBER:

Sore throat: symptoms & treatment for kids - Raising Children Network. Retrieved 5 October 2022, from https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/sore-throat  

First Aid: Sore Throat (for Parents) - Nemours KidsHealth. Retrieved 5 October 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/sore-throat-sheet.html  

Sore throat in children - Mayo Clinic. Retrieved 5 October 2022, from https://www.mayoclinic.org/symptom-checker/sore-throat-in-children-child/related-factors/itt-20009075  

Sore Throat (Viral) - Nationwide Children’s. Retrieved 5 October 2022, from https://www.nationwidechildrens.org/conditions/sore-throat  

Sore throat - NHS. Retrieved 5 October 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/  

When is a Sore Throat a More Serious Infection? - HealthyChildren.org. Retrieved 5 October 2022, from https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/ear-nose-throat/Pages/When-a-Sore-Thoat-is-a-More-Serious-Infection.aspx  

Sore Throat - Seattle Children’s.  Retrieved 5 October 2022, from https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/sore-throat/  

Pharyngitis and Tonsillitis in Children - Johns Hopkins Medicine. Retrieved 5 October 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/pharyngitis-and-tonsillitis-in-children