Selain UHT, Ternyata Ada Banyak Jenis Susu Lainnya. Cari Tahu di Sini, Yuk!

Selain UHT, Ternyata Ada Banyak Jenis Susu Lainnya. Cari Tahu di Sini, Yuk!

2 minggu yang lalu
Dibaca 304

Para orangtua, tahukah Anda jika jenis susu olahan yang populer dikonsumsi sehari-hari ternyata memiliki komposisi dan cara pembuatan yang beragam?

Dari sederet varian tersebut, susu UHT adalah salah satu jenis susu yang populer. Bahkan, seringkali jenis susu ini dianggap sebagai susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun ke atas.

Padahal selain UHT, sebenarnya ada beberapa jenis susu lain yang juga memiliki sederet manfaat kesehatan untuk anak-anak. Artikel ini membahas sejumlah varian susu selain UHT yang bisa mendukung tumbuh kembang anak.

Apa Itu Susu UHT?

Sebelum lebih jauh, mari berkenalan dengan susu UHT, sehingga kita mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan sumber nutrisi di artikel ini.

Susu UHT (ultra heat treatment) adalah susu olahan yang diawetkan secara alami dengan cara dipanaskan di suhu 138—150 derajat Celcius selama satu sampai dua detik.

Proses pemanasan ini tak hanya menghambat bakteri penyebab susu basi berkembang biak, tapi juga bisa membasmi kuman penyebab penyakit lainnya.

Setelah dipanasi dengan suhu tinggi, susu lantas dikemas dalam wadah berbahan khusus bebas mikroorganisme dan ditutup rapat agar tetap steril.

Melalui proses pengawetan alami ini, susu UHT bisa lebih tahan lama bila dibandingkan susu segar biasa.

Ketika disimpan di suhu ruangan (bukan di dalam lemari pendingin), susu olahan ini masih bisa awet kira-kira selama enam bulan.

Begitu kemasan sudah dibuka, susu UHT yang akan dikonsumsi kembali perlu disimpan di kulkas.

Setelah dibuka dan disimpan di lemari es, susu ini masih aman dikonsumsi dalam waktu tujuh hari.

 

Baca Juga: 5 Cara Memilih Susu Anak 1 Tahun dan Rekomendasinya!

 

Komposisi Susu UHT Itu Seperti Apa?

Menurut standar, komposisi susu UHT dan susu yang beredar di pasaran utamanya mengandung protein dan lemak.

Berikut komposisi atau kandungan susu yang umum:

·         Air: 87,90 persen

·         Kasein: 2,7 persen

·         Lemak: 3,45 persen

·         Albumin: 0,5 persen

·         Protein: 3,2 persen

·         Vitamin, enzim, mineral: 0,85 persen

Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki susu di antaranya vitamin A, B12, B2, B3, D, E, mineral magnesium, kalsium, kalium, klorida, fosfor, zat besi, seng, yodium, sampai mangan.

 

Apa Saja Manfaat Susu UHT?

Dengan sederet kandungan nutrisi dan komposisinya, berikut beberapa potensi manfaat susu UHT untuk anak-anak:

·         Membantu perkembangan otak yang sehat

·         Susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun ke atas, atau bantu mencukupi nutrisi tumbuh kembang buah hati

·         Menjaga kesehatan tulang

·         Mengendalikan tekanan darah agar tetap normal

·         Menjaga kesehatan jantung

·         Membantu pembentukan sel darah merah

·         Meningkatkan daya tahan tubuh

·         Membantu metabolisme asupan makanan menjadi energi 

Selain itu, proses sterilisasi membuat susu UHT bebas kuman. Sehingga, susu ini lebih aman dikonsumsi, termasuk anak-anak.

Perlu diketahui, proses pemanasan susu UHT terkadang bisa menurunkan kandungan nutrisinya. Namun, kadar nutrisi yang menurun biasanya kurang dari lima persen.

Risiko ini relatif sangat kecil dibandingkan manfaat UHT yang bisa mencegah keracunan makanan dan kontaminasi bakteri.

Sejumlah Varian Selain Susu UHT Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun

Selain UHT, terdapat beberapa jenis susu lain yang memiliki kandungan lemak dan proses pengolahan berbeda, di antaranya:

1. Whole milk

Susu murni atau whole milk adalah jenis susu yang memiliki komposisi atau kandungan lemak sebanyak 3,25 persen.

Dengan komposisi lemak yang tinggi ini, whole milk memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan susu rendah lemak atau susu skim.

Jenis susu ini cocok sebagai penambah berat badan anak 1 tahun ke atas, atau anak-anak yang sedang memasuki fase tumbuh kembang pesat.

2. Low fat

Susu rendah lemak atau low fat milk adalah jenis susu yang memiliki komposisi atau kandungan lemak sebanyak satu persen.

Kandungan lemak dan kalori susu low fat lebih rendah dibandingkan susu murni, tapi sedikit lebih tinggi dibandingkan susu skim.

Menurut American Academy of Pediatrics, susu rendah lemak cocok dikonsumsi anak 1 tahun ke atas yang berisiko atau memiliki berat badan di atas normal.

3. Skim milk

Susu skim atau skim milk adalah jenis susu yang memiliki kandungan lemak di bawah 0,5 persen.

Jenis susu ini memiliki kandungan nutrisi serupa susu murni, tapi komposisi kalori dan lemaknya lebih sedikit dibandingkan susu murni atau susu rendah lemak.

Perlu diingat, setiap anak tetap perlu asupan lemak untuk membantu perkembangan otaknya.

Susu skim biasanya diberikan sebagai asupan untuk anak yang perlu diet untuk mengontrol kelebihan berat badan.

4. Pasteurized milk

Hampir serupa dengan susu UHT, susu pasteurisasi atau pasteurized milk juga termasuk susu olahan yang diawetkan secara alami dengan cara dipanaskan.

Proses pemanasan dilakukan di suhu 63 derajat Celsius selama 30 menit, atau di suhu 72 derajat Celsius selama 15 detik.

Proses pemasakan tersebut bisa membasmi kuman biang penyakit sekaligus bakteri yang membuat susu mudah basi.

Meskipun dimasak dengan suhu tinggi, tapi kandungan nutrisi dalam jenis susu ini relatif tetap terjaga.

Seperti susu UHT dan jenis susu murni lainnya; kandungan nutrisi pasteurized milk juga bisa bermanfaat sebagai nutrisi penambah berat badan anak 1 tahun ke atas dan menunjang tumbuh kembang buah hati.

Perlu diketahui; jenis susu murni (whole milk), susu rendah lemak (low fat), atau susu skim yang minim lemak bisa diolah dengan teknik pasteurisasi maupun UHT.

 

Baca Juga: Apakah Susu Dapat Menambah Tinggi Badan? Cek Faktanya Disini!

 

Petik Manfaat Pediasure untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Para orangtua yang sedang mencari nutrisi harian dengan komposisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan anak usia 1-10 tahun, pertimbangan untuk memberikan PediaSure.

Nutrisi harian yang diperkaya tiga sumber protein kompleks, 14 vitamin, 9 mineral, ALA, LA, DHA, serta campuran sinbiotik yang unik (prebiotik FOS dan probiotik L. acidophilus) ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir si kecil.

Tak hanya itu; PediaSure juga tinggi kalsium, arginine, dan vitamin K2 yang bisa mempercepat pembentukan tulang.

Para ibu juga tak perlu khawatir, formula baru PediaSure dibuat dengan sukrosa lebih rendah 42 persen. Meskipun begitu, cita rasa nutrisi harian ini tetap enak dengan varian rasa vanila, madu, dan coklat.

Untuk mendapatkan manfaat optimal nutrisi tambahan ini, maka Ibu dapat memberikan PediaSure kepada Si Kecil sebanyak dua gelas setiap hari.

Anjuran setiap penyajiannya, masing-masing empat sendok takar ditambah 190 mililiter air matang. Aduk hingga tercampur merata dan PediaSure siap diberikan pada si Kecil.

Selain nutrisi harian ini dan susu UHT penambah berat badan anak 1 tahun, para ibu jangan lupa untuk memastikan si Kecil diberikan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, ya!

 

 

SUMBER:

ultra-high-temperature pasteurization | food processing | Britannica. Retrieved 18 June 2022, from https://www.britannica.com/topic/ultra-high-temperature-pasteurization  

Long Life Milk Benefits | What is Long Life or UHT Milk? - Dairy Australia - Retrieved 18 June 2022, from https://www.dairy.com.au/products/milk/long-life-milk 

Which type of cow's milk is healthiest, whole, skim or low fat? - Medical News Today - Retrieved 18 June 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/whole-vs-skim-milk#milks-nutrient-profiles  

Profil Komoditas Susu Sapi - Kemendag. Retrieved 18 June 2022, from https://ews.kemendag.go.id/file/commodity/131118_ANL_UPK_Susu%20v.1.4.pdf 

When Should Kids Switch to Nonfat Milk? (for Parents) - Nemours KidsHealth. Retrieved 18 June 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/start-skim-milk.html  

What is the best milk for children? - Children's Health. https://www.childrens.com/health-wellness/what-is-the-best-milk-for-children  

The benefits of UHT milk | The Daily Star. Retrieved 18 June 2022, fromhttps://www.thedailystar.net/lifestyle/news/the-benefits-uht-milk-2080365  

Loss of Nutritional Value in Ultra-Pasteurized Vs. Pasteurized Milk | livestrong. Retrieved 18 June 2022, from https://www.livestrong.com/article/507949-loss-of-nutritional-value-in-ultra-pasteurized-vs-pasteurized-milk/  

Types of Milk Explained: Whole Milk, 2 Percent, Skim and More | GonnaNeedMilk. Retrieved 18 June 2022, from https://gonnaneedmilk.com/articles/types-of-milk-explained  

Types of Milk - Dairy Council. Retrieved 18 June 2022. Retrieved from https://www.dairycouncil.co.uk/what-we-do/nutrition/types-of-milk 

Whole Milk Nutrition Facts - US Dairy. Retrieved 18 June 2022, from https://www.usdairy.com/news-articles/whole-milk-nutrition-facts 

Baca Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya   
Perbaiki Asupan Nutrisi Penambah Nafsu Makan
Perbaiki Asupan Nutrisi Penambah Nafsu Makan
Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. Berikut adalah tips untuk memenuhinya!
1 tahun yang lalu
Solusi Tepat Anak Susah Makan, Cek 5 Asupan Ini!
Solusi Tepat Anak Susah Makan, Cek 5 Asupan Ini!
Asupan makanan sehat yang diolah dengan tepat akan jadi solusi anak susah makan. Artikel ini membahas makanan apa saja yang menarik anak sekaligus kaya nutrisi
2 minggu yang lalu
Ibu, Pahami Kecerdasan Kinestetik Anak di Sini!
Ibu, Pahami Kecerdasan Kinestetik Anak di Sini!
Ibu, kecerdasan kinestetik adalah kemampuan memproses informasi secara fisik, misalnya lewat gerakan tubuh, ekspresi wajah, atau gerakan tangan dan kaki.
2 minggu yang lalu