9 Rekomendasi Sayuran Tinggi Protein yang Wajib Dikonsumsi

9 Rekomendasi Sayuran Tinggi Protein yang Wajib Dikonsumsi

9 bulan yang lalu
Dibaca 25,42 ribu
5 Menit membaca

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran mengandung protein dengan semua asam amino esensial. 100 gram brokoli memiliki kandungan protein 2,4 gram. Brokoli juga bisa menjadi sumber vitamin C, K, sumber folat, fosfor, kalium, dan kalsium untuk si Kecil, Bu.

7. Kembang Kol

Kembang kol menyediakan protein dalam jumlah tinggi. Menurut database pangan Indonesia, 100 gram kembang kol memiliki 2,4 gram protein. Sayuran ini juga menjadi sumber vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

8. Edamame dan Kedelai

Mungkin Ibu lebih akrab dengan kacang kedelai dibanding edamame. Tapi sebenarnya, perbedaan keduanya adalah waktu panennya. Jika kedelai dipanen ketika kacang telah matang sempurna, edamame dipanen ketika masih hijau.

Baik kedelai maupun edamame adalah sayuran hijau ini sumber protein nabati yang bagus. Dalam 100 gram kedelai terdapat 30,2 gram protein. Angka ini bahkan lebih besar dibanding kandungan protein dalam 150 gram ayam. Baiknya lagi, sayuran ini mengandung vitamin C, kalsium, besi, dan folat.

9. Jamur

Jamur mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat. Dalam 70 gram jamur, terkandung protein sekitar 2,2 gram. Meskipun tidak terlalu tinggi, protein di dalam jamur mempunyai efek baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dikaitkan dengan mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, tidak semua jamur dapat dikonsumsi ya Bu. Untuk itu, Ibu perlu lebih berhati-hati saat memilih bahan makanan ini.

Bantu Penuhi Kebutuhan Protein Si Kecil dengan PediaSure

Selain melalui sayuran, Bunda juga dapat memenuhi asupan protein harian si Kecil dengan konsumsi PediaSure. Pediasure mengandung Triple Protein dari whey, kasein, dan soya. Formulasi ini dapat bantu penuhi kebutuhan protein harian anak.

Selain itu, formula Arginine, Vitamin K2, dan Kalsium tinggi juga terdapat dalam PediaSure. Kombinasi ini dapat bantu pertumbuhan tulang anak. Pediasure juga diperkaya dengan formulasi DHA dan AA, Omega 3 dan 6. Zat gizi yang dipercaya bantu dukung kemampuan berpikir anak.

Tak kalah penting, PediaSure juga mengandung prebiotik FOS dan probiotik Lacidophilus, 14 vitamin, dan 9 mineral. Ini dapat membantu fungsi saluran cerna dan daya tahan tubuh si Kecil. Jadi, selain memberi sayuran tinggi protein, Ibu juga bisa memberikan PediaSure 2-3 kali sehari, ya!

 

 

 

SOURCE: 

Why Is Protein Important for Kids' Growth? - Abbott Nutrition News. Retrieved February 13, 2023 from https://www.nutritionnews.abbott/pregnancy-childhood/kids-growth/why-is-protein-important-for-kids-growth/ 

Protein for Kids: Importance and Sources - FirstCry Parenting. Retrieved February 13, 2023 from https://parenting.firstcry.com/articles/protein-for-kids/ 

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia - Badan Pengawas Obat dan Makanan. Retrieved February 13, 2023 from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf 

Protein - MedlinePlus Genetics. Retrieved February 13, 2023 from https://medlineplus.gov/genetics/understanding/howgeneswork/protein/ 

Protein and Your Body - MedlinePlus Genetics. Retrieved February 13, 2023 from https://medlineplus.gov/genetics/understanding/howgeneswork/protein/ 

What Is Protein and Why Do We Need It? - Medical News Today. Retrieved February 13, 2023 from https://www.medicalnewstoday.com/articles/318600#summary 

High-Protein Vegetables: The Surprising Vegetable Sources of Protein - EatingWell. Retrieved February 13, 2023 from https://www.eatingwell.com/article/7827684/high-protein-vegetables/ 

Protein for Vegans and Vegetarians - Healthline. Retrieved February 13, 2023 from https://www.healthline.com/nutrition/protein-for-vegans-vegetarians#peas 

Vegetables High in Protein - My Food Data. Retrieved February 13, 2023 from https://www.myfooddata.com/articles/vegetables-high-in-protein.php 

Halaman