Solusi Tepat Anak Susah Makan, Cek 5 Asupan Ini!

Solusi Tepat Anak Susah Makan, Cek 5 Asupan Ini!

4 bulan yang lalu
Dibaca 882

Terkadang anak dapat mengalami penurunan nafsu makan yang membuat orang tua pusing bukan kepayang.

Penurunan nafsu makan memang dapat dialami oleh anak-anak. Tapi jika dibiarkan secara terus menerus, kondisi ini bisa mengakibatkan si Kecil defisiensi atau kekurangan gizi.

Saat anak mengalami penurunan nafsu makan, sebagai orang tua pasti terus mencari-cari solusi anak susah makan, salah satunya dengan memberikan makanan penambah nafsu makan.

Perlu diketahui, menurunnya nafsu makan anak, akan berkaitan erat dengan berat badan dan kondisi tubuhnya. Apa saja dampak buruk anak susah makan?

Dampak Buruk Anak Susah Makan

Masa pertumbuhan anak menjadi satu periode yang menuntut orang tua harus benar-benar memperhatikan asupan gizi yang diterima si Kecil. Makanan dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika anak selalu susah setiap kali makan dan terjadi dalam waktu lama, orang tua harus berhati-hati.

Efek yang muncul bisa berpengaruh pada tumbuh kembang anak, tergantung dari jenis dan jumlah zat gizi yang kurang. Anak yang tidak menyukai buah atau sayur akan kekurangan berbagai vitamin, sedangkan yang hanya mau minum susu saja bisa mengalami kondisi kurang darah karena kekurangan zat besi.

Apabila anak makan dalam jumlah yang terlalu sedikit, lama-kelamaan akan terjadi kekurangan energi protein. Dalam jangka lebih lama, susah makan akan membuat status gizi anak menurun dan tubuhnya menjadi kurus secara tiba-tiba.

Orang tua sangat berperan untuk memastikan kecukupan gizi anak terpenuhi. Anda dapat memberikan sejumlah asupan penting yang bisa menjadi penambah nafsu makan si Kecil.

Baca Juga: Ingin Cari Solusi Anak Susah Makan? Hindari Hal - Hal Berikut!

Asupan Penting Solusi Anak Susah Makan

Memilih makanan penambah nafsu makan bayi 1 tahun ke atas memang bukan perkara mudah. Sebab, selain mempertimbangkan makanan favorit anak, faktor kandungan nutrisinya juga perlu dipikirkan.

Untuk tetap memenuhi gizi anak susah makan, orang tua dapat memasukkan jenis-jenis makanan tertentu yang mempunyai manfaat kesehatan seperti kacang-kacangan, kentang, alpukat, atau yogurt. Berikut ini daftar sumber pangan yang menarik minat anak sekaligus kaya nutrisi:

1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung beragam nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, lemak sehat, protein, dan serat, yang membantu anak-anak tumbuh, berkembang dan kemampuan belajar.

Terdapat beberapa jenis kacang yang bisa diberikan kepada si Kecil, seperti almond, mete, chestnut, hazelnut, kacang pinus, pistachio, dan kenari.

Mengonsumsi kacang secara teratur sebagai bagian dari diet sehat keseluruhan, dapat membantu mengurangi kolesterol, mengatur tekanan darah, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, menjaga pergerakan usus, serta mendukung kesehatan tulang.

Kacang menjadi sumber vitamin yang baik karena mengandung vitamin B, vitamin E, niacin, folat, protein dan mangan, serta dikemas dengan banyak mineral penting seperti tembaga, mangan, kalium, kalsium, besi, magnesium, seng, dan selenium.

Beberapa kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan lainnya mengandung jumlah lemak omega-3 yang baik, dianggap sangat sehat untuk perkembangan otak anak-anak.

Kelebihannya, kacang dapat dimakan dalam berbagai bentuk seperti selai, minyak kacang, tepung kacang, hingga kacang panggang kering.

2. Kentang

Kentang dapat menjadi salah satu pengganti nasi, dikarenakan nilai karbohidrat dan kalorinya yang cukup tinggi. Selain itu, terkandung lemak, protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral yang mendukung pertumbuhan.

Kentang kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk, dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, saat mencapai usus besar akan menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sering mendapat julukan superfood karena kaya akan kandungan vitamin C, E, K, dan B6, serta riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, magnesium, kalium, lutein, beta karoten, dan asam lemak omega-3.

Kandungan lemak sehat dapat membantu merasa lebih kenyang, dikarenakan memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Alpukat mengandung beta sitosterol dan sterol yang jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat yang penting untuk kesehatan jantung.

Lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang hadir dalam jaringan mata, memberikan perlindungan antioksidan yang membantu meminimalkan kerusakan dari sinar ultraviolet.

Serat tinggi yang terkandung dalam buah alpukat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Apabila anak kurang menyukai buah, Anda dapat menyajikannya dalam bentuk yang berbeda seperti memodifikasinya menjadi jus, sup buah, puding, dan lainnya.

4. Yogurt

Yogurt dapat dimasukkan dalam diet anak susah makan. Salah satu produk susu yang dibuat melalui fermentasi ini kaya akan kalsium, vitamin B12, dan riboflavin.

Yoghurt yang mengandung probiotik dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinan tertular agen penyebab penyakit jika dikonsumsi secara teratur.

Selain melancarkan pencernaan, yogurt bisa digunakan untuk merangsang nafsu makan, dikarenakan mengandung kalori dan gizi yang tinggi. Kandungan kalsium dan protein dalam yogurt juga mempengaruhi nafsu makan dan asupan energi.

5. Makanan Berempah

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempahnya. Tak hanya menambah cita rasa, beberapa bumbu memberikan manfaat kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan rempah-rempah mengandung antioksidan tinggi, bahan kimia yang bertindak melawan dan memperlambat proses dalam tubuh yang merusak sel-sel.

Salah satunya jahe, yang mengandung lebih dari 100 senyawa aktif seperti gingerol, shogaol, dan zingiberene. Senyawa-senyawa ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

Tapi, penggunaan rempah-rempah harus dalam batas normal karena terlalu berlebihan akan mengubah makanan menjadi tidak sehat.

Sumber Tambahan Nutrisi Anak Susah Makan

Selain menambahkan beberapa asupan penting di atas sebagai solusi anak susah makan, orang tua dapat memberikan susu yang mendukung tumbuh kembang si Kecil semakin optimal.

Menjadi produk yang beredar dan dikenal sejak lama, PediaSure merupakan pilihan Anda. Kandungannya mendukung pertumbuhan dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak.

Terlebih, produk susu yang mengandung beragam protein, vitamin, mineral, dan kalsium ini mempunyai beberapa varian rasa, vanilla, cokelat, dan madu, yang dapat disesuaikan dengan kesukaan anak.

Selain itu, kandungan Omega 3 dan 6, AA dan DHA membantu daya berpikir anak berkembang dengan baik. PediaSure juga mendukung pertumbuhan buah hati sejak usia 1 tahun dari tiga sumber protein seperti kasien, soya, dan whey, yang dikenal sebagai triple protein.

Berbagai pilihan sumber pangan di atas bisa diolah sesuai kreasi Anda. Usahakan anak terlibat saat memilih atau mengolah sumber pangan tersebut.

Cara ini bisa menjadi salah solusi anak susah makan. Karena anak merasa terlibat dan memiliki olahan makanan yang akan ia santap. Di sisi lain, salah satu olahan masakan disukai dan jadi makanan penambah nafsu makan anak.

 

 

 

SUMBER:

The 'picky eater': The toddler or preschooler who does not eat - PMC. Retrieved on June 19, 2022 from  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3474391/ 

Stunting in a nutshell - WHO  Retrieved on June 19, 2022 from https://www.who.int/news/item/19-11-2015-stunting-in-a-nutshell

Mengatasi anak susah makan - Program Studi Ilmu Gizi. Retrieved on June 19, 2022 from https://www.who.int/news/item/19-11-2015-stunting-in-a-nutshell

Nuts and seeds - Better Health Channel . Retrieved on June 19, 2022 from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/nuts-and-seeds

Why You Should Include Nuts In Your Childs Diet, Side Effects, And How To Do It - NDTV Food. Retrieved on June 19, 2022 from https://food.ndtv.com/food-drinks/why-should-you-include-nuts-in-your-childs-diet-side-effects-and-how-to-do-it-2155311

Baked Potato Vs. Rice Nutrition - livestrong. Retrieved on June 19, 2022 from https://www.livestrong.com/article/134806-baked-potato-vs-rice-nutrition/

7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes - Healthline . Retrieved on June 19, 2022 from  https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes#TOC_TITLE_HDR_5

Superfood of the month: Avocado - DAHLC . Retrieved on June 19, 2022 from  https://dahlc.mayoclinic.org/2019/04/26/superfood-of-the-month-avocado/

Lutein and Zeaxanthin in the eye From protection to performance | Research Gate. Retrieved on June 19, 2022 from https://www.researchgate.net/publication/285478115_Lutein_and_Zeaxanthin_in_the_eye_From_protection_to_performance